Bolsel

Proyek Jalan Lingkar Toluaya Terkesan Asal Jadi

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 16 November 2012 20:19   1328 kali

BOLSEL (BK): Pekerjaan proyek fisik peningkatan jalan lingkar di Desa Toluaya, Kecamatan Bolaang Uki, terkesan asal jadi. Indikasi buruknya pekerjaan jalan aspal jenis hotmix ini dapat dilihat secara fisik yang amburadul.

Pantauan beritakawanua.com, lapisan aspal yang tipis serta lapisan material dasar kualitasnya sangat buruk, sehingga mudah rusak.

Pagu anggaran pada proyek yang dilelang oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kimpraswil  Bolsel ini, mencapai Rp 2,257 miliar lebih. Namun, pada tingkat realisasi pekerjaan di lapangan diduga kuat bahan yang dipakai tidak sesuai dengan spesifikasi dan bestek di dalam kontrak yang ada.

"Ada tahapan pengerjaan yang tidak dilakukan oleh kontraktor. Sehingga, kualitas jalan jadi buruk dan mudah rusak," ungkap sejumlah warga di Desa Toluaya.

Di sepanjang jalan lingkar Desa Toluaya tersebut, kondisinya sangat buruk karena jalannya bergelombang dan mudah hancur. Pori-pori lapisan permukaan aspal nampak terbuka lebar dan berpotensi mudah terbongkar dalam kurun waktu tidak lama.

Disisi lain, proyek peningkatan jalan lingkar yang ditangani oleh CV Bentara Prima dapat dikatakan aneh dan misterius karena merupakan proyek lanjutan dari sumber anggarannya yang juga tidak jelas.

Sementara, menurut warga setempat, jalan lingkar ini harus memiliki kualitas yang baik sesuai dengan besaran dana yang digunakan.

"Kalau hasilnya buruk, kami (warga) sendiri yang nantinya akan membongkar  jalan itu," ancam warga.

Sayangnya upaya konfirmasi kepada Kadis PU Bolsel, Sahril Gaib ST, belum berhasil, pun dihubungi melalui telpon gengam nomor0812442xxxx, meski aktif, namun yang bersangkutan tak mau mengangkatnya.

(jusuf kalalo/tox)

Komentar ()
Berita Bolsel
tidak ditemukan
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.