Bolsel

Proyek Pencetakan Sawah Baru di Onggunoi Diduga Bermasalah

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 17 January 2013 22:03   2426 kali

BOLSEL (BK): Tak kurang Rp 600 juta, untuk pekerjaan proyek pencetakan sawah baru di Desa Onggunoi, Kecamatan Pinolosian Timur Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), seluas 600 hektar, dinilai sejumlah warga setempat, syarat penyimpangan.

Seperti dikatakan satu di antara warga setempat, Risal Paputungan. Pada intinya keberadaan proyek yang dibuat oleh pemerintah, tak lain untuk membantu peningkatan perekonomian, dalam rangka menunjang swasembada beras.

Pasalnya, berdasarkan proposal yang diajukan warga, ke Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kabupaten Bolsel seluas 600 hektar, lokasinya berada kawasan Osion.

Namun anehnya, justru di kawasan Monggaran, yang memang sudah ada areal persawahan.

“Sudah tentu proyek tersebut tidak tepat sasaran. Kan intinya, membuat percetakan sawah baru, namun kenyataannya tak demikian. Jadi proyek tersebut terkesan syarat penyimpangan,” ujar Risal Paputungan, Kamis (17/01/13).

Olehnya, Risal mendesak aparat hukum dalam hal ini Kepolisian dan Kejaksaan, agar dapat mengusut tuntas terkait penyimpangan dalam pekerjaan proyek percetakan sawah baru di Desa Onggunoi, tahun anggaran 2012.

Sementara itu, Kadistanak Bolsel, Max Limbat, ketika dikonfirmasi, mengatakan proyek tersebut, dikerjakan secara swakelola oleh Gapoktan.

Di satu sisi, Kepala Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Dumoga, Lahaja SH, mengatakan pihaknya sedang melakukan pengumpulan data terkait proyek percetakan sawah baru.

“Kami sedang mengumpulkan sejumlah data pendukung terkait proyek ini. Jika di dalam pelaksanaan terdapat penyimpangan, dan ditemukan adanya kerugian negara, maka disitulah kami akan bertindak dan memproses hukum,” tegas Lahaja.

 

(matox/bk-1)

 

 

Komentar ()
Berita Bolsel
tidak ditemukan
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.