Ekonomi

25 Jurnalis Ikut Banking Journalist Workshop di Makassar

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 06 October 2017 06:42   444 kali
Pantai Losari, tempat objek wisata yang wajib dikunjungi di Makassar
MAKASSAR (BK): Sebanyak 25 jurnalis dari seluruh wilayah Indonesia, mulai hari ini Jumat hingga Sabtu 6-7 Oktober 2017 akan mengikuti Banking Journalist Workshop (BJW) di Makassar, Sulawesi Selatan.
 
Acara yang akan berangsung di Kantor Permata Bank Makassar ini bertujuan untuk meningkatkan literasi media tentang isu perbankan di Indonesia.
 
Kegiatan yang diselenggarakan oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia dan Kota Makassar, bekerjasama dengan Permata Bank dan Kedutaan Besar Australia di Indonesia ini, merupakan yang pertama kali dilakukan di luar Pulau Jawa. 
 
BJW merupakan pengembangan yang dilakukan AJI dari Banking Journalist Academy (BJA). Program yang menjadi wadah menyalurkan beasiswa kepada jurnalis terpilih. Semua jenis media bisa ikut serta dalam BJA, dimana pada muaranya AJI akan memberikan biaya kursus dan biaya operasional liputan yang merupakan bagian akhir dari program.
 
Ketua AJI Makassar Qodriansyah Agam Sofyan mengatakan, sangat mengapresiasi dipilihanya Makassar sebagai tuan rumah, setelah tahun sebelumnya dilaksanakan di Surabaya. 
 
"BJW ini penting dan sangat bermanfaat bagi jurnalis yang ingin mengembangkan pengetahuan di bidang keuangan," katanya, Kamis 5 Oktober 2017. 
 
Agam berharap, semua peserta yang hadir bisa mengambil manfaat dan semua proses kegiatan diikuti dengan baik. Dari 25 orang yang ikut BJW di Makassar tahun ini, 15 diantaranya berasal dari luar Sulawesi Selatan, sisanya merupakan jurnalis lokal. 
 
Peserta yang ikut dalam BJW ini sendiri akan mendapatkan materi mengenai perbankan dan jurnalisme dengan lebih spesifik, dimana akan dimentori langsung oleh jurnalis senior Hasudungan Sirait. 
 
Peserta workshop juga akan mendapat beberapa materi yang langsung dipaparkan oleh pakarnya, terutama dari pihak Bank Permata. 
 
Materi jurnalistik yang disampaikan dalam BJW meliputi teknik membuat liputan perbankan yang mendalam, dari kalangan praktisi ekonomi dan perbankan.
 
 Selama kursus berlangsung, peserta akan didampingi oleh mentor, baik dalam proses belajar maupun konsultasi di luar kelas.
 
Defri Hamid, peserta asal Gorontalo mengaku sangat beruntung mendapatkan kesempatan ikut BJW. Menurutnya, isu perekonomian, perbankan dan keuangan masih sangat minim di garap di wilayahnya, sehingga ini bisa dijadikannya sebagai pembelajaran awal untuk menggarap isu tersebut.
 
"Dan tentunya sangat senang karena dari jadwal yang diterima, kami akan dimentori oleh seluruh pakar dalam bidangnya. Sebagai wartawan baru, tentu saya merasa sangat beruntung," kata Defri.
 
(jusuf kalalo)
Komentar ()
Berita Ekonomi
Ekonomi
08 Aug 2018 / dibaca 304 kali
MANADO (BK) : Managemen Holland Village Manado memberikan kesempatan kepada konsumen dan calon pembeli untuk melihat dan meninjau lokasi...
Ekonomi
08 Jul 2018 / dibaca 569 kali
MANADO (BK): NOBU National Bank merupakan salah satu bagian dari bisnis Lippo Group yang sudah berkiprah di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Utara,...
Ekonomi
07 Jul 2018 / dibaca 659 kali
JAKARTA (BK): Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Christiany Eugenia Paruntu SE, diundang Presiden Republik Indonesia (RI), Joko...
Ekonomi
03 Jul 2018 / dibaca 383 kali
JAKARTA (BK) : Pemerintah dan DPR akan melakukan pembahasan revisi terhadap Undang-undang (UU) Nomor 5/1999 tentang Larangan Praktik Monopoli...
Ekonomi
03 Jul 2018 / dibaca 400 kali
JAKARTA (BK) : Pemerintah dan DPR pekan ini akan memulai pembahasan terhadap Revisi Undang-Undang (UU) Nomor 5/1999 tentang Larangan Praktek...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.