Ekonomi

Bermitra RSUD ODSK, Lion Air Umumkan Layanan RT-PCR dan RDT-Antigen Terjangkau

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 20 August 2021 14:35   181 kali
Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro. (Foto: istimewa)

MANADO (BK) : Lion Air Group mengumumkan menyediakan uji kesehatan Covid-19 yakni menambahkan layanan Reverse Transcription-Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) dan Rapid Diagnostic Test Antigen (RDT-Antigen) terjangkau.

 

"Untuk RT-PCR Rp335.000 dan RDT-Antigen Rp35.000. Layanan dimaksud akan mengakomodir kebutuhan setiap calon penumpang Lion Air Group,” kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro, dalam keterangan resminya, Kamis (19/8/2021).

 

Menurutnya, layanan ini berlaku untuk penerbangan Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), dan Batik Air (kode penerbangan ID).

 

Danang mengatakan Lion Air Group telah bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), dimulai layanan RDT-Antigen sejak 22 Juni 2021. Sedangkan RT-PCR efektif Jumat (20/8/2021).

 

"Calon penumpang Lion Air Group dapat melakukan uji kesehatan dengan voucher terjangkau," ucapnya.

 

Pengambilan sampel RT-PCR dan RDT-Antigen tetap dilakukan di UMKM Jendela Indonesia yang berlokasi di Jalan Piere Tendean No.19, Sario Tumpaan, Kecamatan Sario, Kota Manado oleh RSUD ODSK dengan waktu pelayanan setiap hari pukul 09.00–16.00 Wita, libur nasional tetap dibuka pelayanan.

 

Pelaksanaan uji kesehatan tetap berjalan menurut pedoman protokol kesehatan, sesuai apa yang telah dijalankan oleh Lion Air Group dan fasilitas kesehatan, masa berlaku menurut ketentuan yang telah diterbitkan dan diberlakukan. 

 

Hasil uji akan keluar (selesai) rata-rata 1x24 jam setelah sampel RT-PCR diterima oleh laboratorium. Hasil tes RT-PCR menggunakan metode thermal cycler (teknik amplifikasi DNA), pemeriksaan (pengujian) sampel terpusat di C319 Laboratorium Biomolekuler FK Unsrat, Laboratorium terafiliasi Kementerian Kesehatan.

 

"Lion Air Group bersama fasilitas kesehatan (faskes) berupaya mengakomodir kebutuhan calon penumpang dengan tingkat kecepatan penanganan uji kesehatan, akurat, praktis, mudah, hemat waktu dan efektif," ujar Danang.

 

Untuk persyaratan RDT-Antigen dan RT-PCR Lion Air Group bersama fasilitas kesehatan menurut Danang khusus calon penumpang yang mempunyai tiket pada penerbangan Lion Air Group. Voucher bisa dibeli bersamaan pada saat pembelian tiket (issued ticket).

 

"Bagi calon penumpang yang belum memiliki voucher, dapat melakukan uji kesehatan di jejaring fasilitas kesehatan dengan menunjukkan tiket valid dan identitas resmi. Pembayaran bisa dilakukan secara langsung kepada pihak fasilitas kesehatan," ucap Danang.

 

Lebih lanjut kata Danang, proses pengambilan sampel RT-PCR harap dilakukan 1x24 jam sebelum keberangkatan. Apabila pengambilan sampel mendekati jadwal keberangkatan (kurang dari 24 jam sebelum keberangkatan), maka voucher tidak berlaku.

 

"Apabila hasil uji dinyatakan positif Covid-19, maka calon penumpang mengajukan proses perubahan jadwal keberangkatan (reschedule) atau pengembalian dana tiket (refund) tanpa dikenakan biaya," pungkas Danang.

 

(acha/bk-8)

Komentar ()
Berita Ekonomi
Ekonomi
30 Nov 2020 / dibaca 757 kali
Manajemen Hotel Ibis Manado City Center Boulevard berfoto bersama awak media usai ibadah syukur dibukanya kembali hotel jaringan Accor ini....
Ekonomi
20 Nov 2020 / dibaca 534 kali
MANADO (BK) : Maskapai Batik Air membuka penerbangan domestik baru rute pergi pulang (PP) Manado-Makassar. Rute ini resmi beroperasi dengan...
Ekonomi
18 Nov 2020 / dibaca 451 kali
MANADO (BK) : Kelapa parut asal Sulawesi Utara (Sulut) kian diminati di mancanegara. Buktinya, Kementerian Pertanian melalui Karantina...
Ekonomi
14 Nov 2020 / dibaca 696 kali
Dua petugas bagian kasir Alfamart di kompleks Lapangan Sparta Tikala Manado selalu menggunakan masker ketika melayani pelanggan yang akan...
Ekonomi
13 Nov 2020 / dibaca 803 kali
Dua karyawan Informa Manado yang bertugas di bagian kasir, menggunakan masker dan face shield (pelindung wajah). (dokumen Informa Manado)...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.