Ekonomi

BI Sulut Siapkan Rp 2 Triliun untuk Lebaran

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 01 June 2017 17:26   303 kali
foto (tempo.co)
MANADO (BK) : Prediksi kebutuhan uang menghadapi Ramadan dan Idul Fitri 1438 Hijriyah atau tahun 2017 di Sulawesi Utara (Sulut) diperkirakan mencapai Rp 1,46 triliun. Namun, Bank Indonesia (BI) telah menyiapkan uang kartal hingga Rp 2 triliun.
 
 
"Kebutuhan Sulut sebesar Rp 1,46 triliun, sisanya untuk Gorontalo sebesar Rp 500 milliar," ujar Kepala BI Perwakilan Sulut, Soekorwardojo di Manado, baru-baru ini.
 
 
Soekorwardojo menjelaskan, prediksi itu berdasarkan hitung-hitungan BI pada data historis kebutuhan uang kartal selama beberapa tahun terakhir.
 
 
Untuk tahun lalu misalnya, kebutuhan masyarakat di Sulut mencapai Rp 1,45 triliun, dengan Gorontalo mendekati Rp 500 miliar. Dari perhitungan itu BI menyimpulkan Ramadan dan Idul Fitri tahun ini di Sulut dan Gorontalo akan membutuhkan dana hingga Rp 1,97 triliun.
 
 
"Terjadi peningkatan sebesar 35 persen," katanya.
 
 
Beberapa faktor yang mempengaruhi kebutuhan uang kartal masyarakat adalah pembayaran gaji ke-13 untuk aparatur sipil negara (ASN). Juga libur hari raya yang bertepatan masa liburan sekolah sehingga hari libur lebih panjang dari tahun sebelumnya. 
 
"Selain itu juga karena tingginya minat masyarakat terhadap uang tahun emisi 2016,” jelas Soekorwardojo.
 
 
Sementara nominal kebutuhan uang kartal, BI memproyeksi pecahan besar di atas Rp 20 ribu akan mendominasi hingga 93 persen. Sementara uang pecahan kecil sisanya 7 persen. 
 
 
Lanjut Soekorwardojo,  untuk skema pendistribusian pecahan uang tunai sudah disiapkan, mengingat kebutuhan yang terus meningkat. Alur distribusinya dilakukan lewat layanan penyediaan uang tunai di kantor BI dan juga lewat kas titipan di wilayah Kotamobagu, Kepulauan Sangihe, Kota Gorontalo dan Kabupaten Pohuwato.
 
 
"BI juga melakukan penukaran uang tunai kepada masyarakat melalui kas keliling yang beroperasi dalam dan luar kota Manado, Kotamobagu, Pohuwato dan Gorontalo," terangnya.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Ekonomi
Ekonomi
29 Jul 2017 / dibaca 338 kali
MANADO (BK) : Alih-alih membayar biaya pemasangan meter agar jaringan listrik cepat dipasang, rumah milik Benny Rantung, warga Kelurahan...
Ekonomi
28 Jul 2017 / dibaca 211 kali
JAKARTA (BK): Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE dan Wakil Bupati (Wabup) Franky Donny Wongkar SH, serta...
Ekonomi
27 Jul 2017 / dibaca 196 kali
JAKARTA (BK):   Wali Kota Tomohon, Jimmy Eman mengatakan, Pemkot selalu berupaya merealisasikan permintaan Presiden. "Untuk dukung...
Ekonomi
19 Jun 2017 / dibaca 317 kali
JAKARTA (BK) : PT PLN (Persero) menggelontorkan dana santunan sebesar Rp 10 miliar untuk menyantuni anak Yatim Piatu dan kaum Dhuafa yang...
Ekonomi
15 Jun 2017 / dibaca 359 kali
MANADO (BK) : Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menerapkan kebijakan khusus terkait prosedur pelayanan bagi peserta JKN-KIS...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2017 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.