Ekonomi

BI Sulut Siapkan Rp 2 Triliun untuk Lebaran

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 01 June 2017 17:26   239 kali
foto (tempo.co)
MANADO (BK) : Prediksi kebutuhan uang menghadapi Ramadan dan Idul Fitri 1438 Hijriyah atau tahun 2017 di Sulawesi Utara (Sulut) diperkirakan mencapai Rp 1,46 triliun. Namun, Bank Indonesia (BI) telah menyiapkan uang kartal hingga Rp 2 triliun.
 
 
"Kebutuhan Sulut sebesar Rp 1,46 triliun, sisanya untuk Gorontalo sebesar Rp 500 milliar," ujar Kepala BI Perwakilan Sulut, Soekorwardojo di Manado, baru-baru ini.
 
 
Soekorwardojo menjelaskan, prediksi itu berdasarkan hitung-hitungan BI pada data historis kebutuhan uang kartal selama beberapa tahun terakhir.
 
 
Untuk tahun lalu misalnya, kebutuhan masyarakat di Sulut mencapai Rp 1,45 triliun, dengan Gorontalo mendekati Rp 500 miliar. Dari perhitungan itu BI menyimpulkan Ramadan dan Idul Fitri tahun ini di Sulut dan Gorontalo akan membutuhkan dana hingga Rp 1,97 triliun.
 
 
"Terjadi peningkatan sebesar 35 persen," katanya.
 
 
Beberapa faktor yang mempengaruhi kebutuhan uang kartal masyarakat adalah pembayaran gaji ke-13 untuk aparatur sipil negara (ASN). Juga libur hari raya yang bertepatan masa liburan sekolah sehingga hari libur lebih panjang dari tahun sebelumnya. 
 
"Selain itu juga karena tingginya minat masyarakat terhadap uang tahun emisi 2016,” jelas Soekorwardojo.
 
 
Sementara nominal kebutuhan uang kartal, BI memproyeksi pecahan besar di atas Rp 20 ribu akan mendominasi hingga 93 persen. Sementara uang pecahan kecil sisanya 7 persen. 
 
 
Lanjut Soekorwardojo,  untuk skema pendistribusian pecahan uang tunai sudah disiapkan, mengingat kebutuhan yang terus meningkat. Alur distribusinya dilakukan lewat layanan penyediaan uang tunai di kantor BI dan juga lewat kas titipan di wilayah Kotamobagu, Kepulauan Sangihe, Kota Gorontalo dan Kabupaten Pohuwato.
 
 
"BI juga melakukan penukaran uang tunai kepada masyarakat melalui kas keliling yang beroperasi dalam dan luar kota Manado, Kotamobagu, Pohuwato dan Gorontalo," terangnya.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Ekonomi
Ekonomi
06 Apr 2017 / dibaca 372 kali
MANADO (BK) : Stok pupuk urea untuk wilayah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) masih berjumlah 4.395 ton. Dengan kebutuhan pupuk 1.300 ton...
Ekonomi
04 Apr 2017 / dibaca 338 kali
MANADO (BK) : Bentuk dukungan agar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), PLN menyediakan genset sebagai cadangan listrik guna...
Ekonomi
21 Mar 2017 / dibaca 263 kali
MANADO (BK) : Sembilan bulan Amnesti Pajak berjalan, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Suluttenggo dan Malut berhasil mengumpulkan uang tebusan...
Ekonomi
01 Mar 2017 / dibaca 443 kali
JAKARTA (BK): Bupati Kabupaten Minahasa Selatan, Christiany E. Paruntu, SE menemui Direktur Utama (Dirut) PT. Pelni Elfien Goentoro, di...
Ekonomi
25 Feb 2017 / dibaca 391 kali
MANADO (BK): Kapal pembangkit listrik asal Turki Karpowership yang kini membantu kelistrikan di wilayah kerja PLN Suluttenggo dan berkedudukan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2017 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.