Ekonomi

Job Matching, Pameran Kesempatan Kerja di SMKN 1 Manado

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 04 November 2019 23:15   288 kali
Kepala Disnakertrans Provinsi Sulut, Erni Tumundo memukul tetengkoren tanda pameran kesempatan kerja "Job Matching 2019" yang berlangsung di SMK Negeri 1 Manado, dibuka.
 
 
 
MANADO (BK) : Pameran Kesempatan Kerja bertema “Job Matching 2019” digelar di SMK Negeri 1 Manado, Senin (4/11/2019). Pameran tersebut diikuti 22 perusahaan yang ada di Sulawesi Utara (Sulut).
 
 
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulut, Ir Erni Tumundo MSi, seperti sambutan Gubernur yang dibacakannya sebelum pameran dibuka mengatakan dengan adanya bursa kerja khusus di SMK, merupakan komponen yang sangat penting dalam mengukur keberhasilan di SMK.
 
 
“Job Matching dapat berperan secara optimal untuk penyaluran tamatan-tamatan SMK, dan juga sebagai sumber informasi untuk pencari kerja serta pemberdayaan bursa kerja khusus SMK,” ujar Tumundo.
 
 
Kadis juga mengapresiasi SMK Negeri 1 serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikda) Provinsi Sulut, sehingga kegiatan bisa terlaksana dengan baik. Dia berharap Job Matching 2019 bisa menyerap banyak tenaga kerja yang handal, khususnya lulusan SMK.
 
 
“Terima kasih untuk kerjasamanya yang boleh terbangun sampai saat ini, terlebih kepada Kepala Sekolah Moodie Lumintang MPd,” kata Tumundo.
 
 
 
Proses penandatanganan kerjasama perusahaan yang mengikuti Job Matching 2019, yang disaksikan oleh Kadis Nakertrans Provinsi Sulut, Erni Tumundo.
 
 
Kadis mengatakan, saat ini adalah era bonus demografi yang diperkirakan tahun 2020 sampai dengan 2025. Kesempatan ini, lanjutnya, kesempatan ini sebenarnya menjadi jembatan atau menjadi jendela untuk memanfaatkannya dengan meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang ada.
 
 
“Kami berharap lewat berbagai program kegiatan yang terkait langsung pemerintah, terutama dunia usaha dan dunia industri, agar terus bergandengan tangan dalam membangun daerah Sulawesi Utara yang kita cintai demi terwujudnya Sulawesi Utara Berdikari dalam ekonomi berdaulat dalam pemerintahan dan politik serta kepribadian dalam budaya,” terang Tumundo.
 
 
Dalam data Badan Pusat Statistik (BPS) periode Februari 2019, jumlah angkatan kerja Indonesia sebanyak 136,18 juta. Dari data ini, jumlah pengangguran sebanyak 6,82 juta orang, dengan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) 5.01 persen.
 
 
Di Provinsi Sulut, data BPS mencatat jumlah penganggur periode Februari 2019 tercatat sekitar 64.100 orang dengan TPT sebesar 5,37 persen atau sedikit di atas rata-rata secara nasional. Satu hal lagi yang penting, dalam tingkat pengangguran terbuka, persentase tertinggi angka pengangguran merupakan lulusan SMK, yaitu sekitar 8.63 persen.
 
 
“Melihat dari angka ini masih ada sekitar 60.000 tenaga kerja kita yang benar-benar menganggur, padahal kita masih ada yang dikategorikan sebagai setengah penganggur, dan juga ada yang bekerja paruh waktu,” jelas Tumundo.
 
 
Tumundo juga menambahkan, hal tersebut merupakan tantangan Pemprov Sulut untuk terus menyiapkan tenaga kerja yang memiliki kompetensi dari sisi pengetahuan, kompetensi dari sisi skill, keterampilan, etika dan karakter.
 
 
“Dengan adanya Job Matching ini sebagai wadah mempertemukan secara langsung antara pencari kerja dengan pemberi tenaga kerja atau perusahaan. Harapannya adalah pencari kerja dapat memperoleh pekerjaan sesuai dengan bakat, minat dan kompetensi, sedangkan perusahaan dapat memperoleh tenaga kerja yang sesuai dengan kualifikasi pekerjaan yang dibutuhkan,” pungkas Tumundo.
 
 
Dari pantauan beritakawanua.com, hari pertama Job Matching telah dibanjiri sejumlah pencari kerja yang umumnya berasal dari kaum milenial. Pameran kesempatan kerja ini direncanakan akan berlangsung hingga Selasa (5/11/2019) esok sore.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Ekonomi
Ekonomi
23 Jan 2019 / dibaca 1110 kali
MANADO (BK) : Inovasi secara konsisten terus dilakukan Enesis Group. Hadirnya 3 produk baru yaitu Tesona, Scrubber dan Plossa Press and...
Ekonomi
10 Jan 2019 / dibaca 624 kali
MANADO (BK) : Aliran listrik di Kota Manado padam lagi, Kamis (10/1/2019). Listrik padam sekitar pukul 17.55 WITA. Bukan hanya di Manado,...
Ekonomi
09 Jan 2019 / dibaca 492 kali
MANADO (BK): Resiko terjadinya kecelakaan bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Untuk itu, setiap pelanggan perlu mengasuransikan...
Ekonomi
20 Dec 2018 / dibaca 559 kali
MANADO (BK) : Sebanyak 85 personil gabungan dilibatkan dalam Posko Terpadu Angkutan Udara Natal dan Tahun Baru (NATARU) 2018/2019. Posko yang...
Ekonomi
19 Dec 2018 / dibaca 396 kali
MANADO (BK) : Tunggakan iuran peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Manado, mencapai lebih dari Rp 23 miliar di tahun...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.