Ekonomi

KSEI Sosialisasikan Akses di Manado

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 09 May 2018 09:07   646 kali
MANADO (BK): PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) melakukan sosialisasi Acuan Kepemilikan Sekuritas (Akses) di Manado, Selasa 8 Mei 2018.
 
Akses merupakan perlindungan investor karena bisa memantau langsung portofolio investasinya secara langsung.
 
"Para investor bisa langsung mengakses data investasi di sistem yang ada secara pribadi tak lagi hanya mendapatkan laporan dari broker," kata Fitriah, Kepala Unit Pengelolaan Efek PT KSEI.
 
Menurut Fitriah, menjadi keuntungan tersendiri untuk para investor yang menyerahkan aktivitas bursa efek kepada broker, dimana mereka bisa mengetahui dengan jelas, investasi yang ditanamkan benar-benar ada di lantai bursa efek.
 
"Data yang digunakan adalah atas nama investor bukan lagi broker. Jadi kami minta para investor untuk meminta id Akses mereka dan langsung aktifkan," kata Fitriah.
 
Berdasarkan data KSEI per akhir Maret 2018, saat ini Manado menempati urutan ke-15 jumlah investor terbanyak dari 34 provinsi di Indonesia, dengan jumlah investor sebanyak 7.038.
 
Dari jumlah tersebut tercatat sebanyak 3.267 investor yang berdomisili di kota Manado atau menempati urutan ke-1 yang terbesar di provinsi Sulawesi Utara.
 
Adapun jumlah investor di Pasar Modal Indonesia hingga akhir Maret 2018, telah mencapai 1.216.278 investor, yang mencakup investor pemilik Efek, Reksa Dana dan Surat Berharga yang diterbitkan Bank Indonesia.
 
Sebelumnya, Kepala Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Manado, Fonny The menjelaskan jika saat ini jumlah investor di Sulut yang menggunakan Akses untuk memantau sahamnya masih sedikit.
 
"Dari 7.380 investor, hanya 1.040 yang memantau. Padahal hal tersebut sangat bermanfaat. Kedepannya kami harapkan masyarakat semakin paham mengenai KSEI dan memanfaatkan fasilitas yang diberikannya," ungkap Fonny. 
 
(jusuf kalalo)
Komentar ()
Berita Ekonomi
Ekonomi
13 Dec 2018 / dibaca 253 kali
MANADO (BK): Memasuki bulan Desember kesibukan warga Kawanua semakin meningkat. Bulan ini memiliki prestisius bagi warga  Kawanua...
Ekonomi
07 Dec 2018 / dibaca 845 kali
KALAWAT (BK) : PT Pegadaian (Persero) mempelopori berdirinya Bank Sampah di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) melalui Program Kemitraan dan...
Ekonomi
07 Dec 2018 / dibaca 454 kali
KALAWAT (BK) : Hujan lebat yang mengguyur, tak menyurutkan langkah peresmian Bank Sampah di Desa Watutumou II, Kecamatan Kalawat, Kabupaten...
Ekonomi
06 Dec 2018 / dibaca 446 kali
BITUNG (BK) : PT Pegadaian (Persero) kembali meluncurkan The Gade Coffee & Gold di Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut). Outlet ini...
Ekonomi
29 Nov 2018 / dibaca 303 kali
MANADO (BK) : Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Aksi Perempuan Indonesia (API) yang...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.