Ekonomi

MEDIA GATERING LPS: Masyarakat Jangan Takut Menabung di Bank Lokal

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 30 October 2017 22:34   435 kali
Media Gathering bersama LPS dengan tema 'Menumbuhkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Perbankan Lokal'
MANADO (BK): Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) bekerjasama dengan  Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) wilayah Sulawesi Utara dan Gorontalo, Senin 30 Oktober 2017 menggelar kegiatan media gathering dengan menghadirkan 40-an jurnalis yang berasal dari seluruh media di Kota Manado.
 
Dalam kegiatan media gathering yang dirangkaikan dengan diskusi yang mengambil tema 'Menumbuhkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Perbankan Lokal' dengan narasumber, Senior Executive Vice President LPS Suharno Eliandy dan Ketua DPD Perbarindo SulutGo Denny T Senduk.
 
Kegiatan diskusi yang dipandu moderator Fernando Lumowa, Redaktur Ekonomi Harian Tribun Manado, berlangsung dinamis dimana baik peserta maupun narasumber aktif memberikan pertanyaan dan penjelasan terkait tema perbankan lokal.
 
Sementara, Senior Executive Vice President LPS Suharno Eliandy menyampaikan jika masyarakat untuk tidak takut menabung uang di bank-bank yang telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
 
Pasalnya menurut Suharno, semua bank yang sudah dijamin oleh LPS, nasabahnya mendapatkan garansi tabungan hingga Rp2 milliar per tabungan, sehingga keamanan uang nasabah terjamin sekalipun bank mengalami krisis hingga proses likuidasi tak bisa dihindarkan.
 
"Jadi yang dijamin itu per nasabah per bank. Artinya, semua nasabah dijamin per rekeningnya. Misalnya dalam sekeluarga ada 3 orang yang menabung ya 3 orang itu dijamin. Lalu, misalnya ada 1 orang yang punya rekening di 3 bank berbeda, ya semua rekeningnya di 3 rekening bank tersebut dijamin," kata Suharno.
 
Suharno melanjutkan, untuk syarat bank yang mendapatkan jaminan dari LPS adalah bank dengan tingkat suku bunga untuk bank umum sebesar 6 persen dan BPR 8,5 persen.
 
Sementara, Ketua DPD Perbarindo SulutGo Denny T Senduk menyebutkan jika saat ini kepercayaan terhadap BPR mengalami peningkatan untuk di Sulawesi Utara.
 
"Untuk Kota Manado saja terdapat 18 BPR yang beroperasi dimana untuk kinerjanya bisa dilihat ada Rp1,8 triliun untuk aset BPR. Untuk Dana Pihak Ketiga ada Rp1,02 triliun dengan rincian deposito sebesar Rp833 milliar dan Tabungan Rp174 milliar," kata Senduk.
 
Pemilik BPR Citra Dumoga ini sendiri menyebutkan jika saat ini kinerja 18 BPR yang tersebar di seluruh Sulawesi Utara ini dalam kondisi sehat.
 
"Untuk saat ini semua BPR dalam kondisi yang sehat sehingga ini merupakan indikator jika kinerja kami baik, sehingga masyarakat sudah memberikan kepercayaan kepada kami," tutur pria asal Imandi, Bolaang Mongondow ini kembali.
 
(jusuf kalalo)
Komentar ()
Berita Ekonomi
Ekonomi
08 Jul 2018 / dibaca 565 kali
MANADO (BK): NOBU National Bank merupakan salah satu bagian dari bisnis Lippo Group yang sudah berkiprah di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Utara,...
Ekonomi
07 Jul 2018 / dibaca 656 kali
JAKARTA (BK): Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Christiany Eugenia Paruntu SE, diundang Presiden Republik Indonesia (RI), Joko...
Ekonomi
03 Jul 2018 / dibaca 380 kali
JAKARTA (BK) : Pemerintah dan DPR akan melakukan pembahasan revisi terhadap Undang-undang (UU) Nomor 5/1999 tentang Larangan Praktik Monopoli...
Ekonomi
03 Jul 2018 / dibaca 396 kali
JAKARTA (BK) : Pemerintah dan DPR pekan ini akan memulai pembahasan terhadap Revisi Undang-Undang (UU) Nomor 5/1999 tentang Larangan Praktek...
Ekonomi
03 Jul 2018 / dibaca 422 kali
MANADO (BK) : Managemen Holland Village Manado menyerahkan kompensasi unit rumah kepada sekitar 200 customer Holland Village. Kompensasi...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.