Ekonomi

Oktober, Wamendag Jerry Sambuaga Bakal Hadiri Kegiatan IKM-UMKM di Sulut

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 30 September 2020 22:53   236 kali
MANADO (BK) : Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI, DR Jerry Sambuaga direncanakan akan kembali mengunjungi Kota Manado. Kunjungan yang kesekian kali ini menjadi bentuk kepedulian terhadap perkembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM), Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).
 
 
“Iya, Wamendag akan ke Manado pada 3 Oktober 2020 untuk melihat perkembangan IKM-UMKM,” ujar Santje Ponto, Ketua IKM-UMKM Kota Manado kepada beritakawanua.com, Rabu (30/9/2020).
 
 
Dia mengatakan, untuk menyambut kedatangan Wamendag RI, IKM-UMKM Kota Manado akan membuat demo abon cakalang dan juga kue basah seperti kue khas Manado yaitu Cucur dan Panada. “Kami ingin Wamendag bisa mencicipi makanan dan kue yang menjadi produk khas Kota Manado,” kata Santje.
 
 
Saat ini, lanjutnya, mereka juga sementara melakukan pertemuan-pertemuan sesama pengurus untuk menyambut acara kedatangan Wamendag. “Saat ini kami sedang mematangkan persiapan untuk menyambut kedatangan beliau,” terang Santje.
 
 
Dijelaskannya pula, IKM-UMKM Kota Manado ini sudah berjalan sekitar satu tahun dan sudah diikuti sekira 150 orang. Meskipun masih ada juga yang belum bisa bergabung karena masih sementara berproduksi, seperti misalnya kue dan abon.
 
 
“Kami binaan dari Disperindag Kota Manado, dan sudah pernah mengikuti beberapa pameran seperti di Jakarta dan Semarang untuk mempromosikan juga IKM-UMKM Kota Manado,” tambahnya.
 
 
Santje mengatakan, pada masa pandemi Covid-19 sangat berdampak terhadap pelaku usaha. Mulai dari berkurangnya order dari konsumen yang berujung menurunnya omset pendapatan.
 
 
“Meskipun begitu, kami tetap berterima kasih kepada Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Pemerintah Kota Manado karena menyalurkan bantuan berupa BLT dan beras,” tandasnya.
 
 
Tapi baginya meskipun beberapa bulan di awal pandemi Covid-19, tidak banyak adanya pemesanan produk mereka. Tapi saat ini pemesanan sudah mulai meningkat lagi meski baru sekitar 25 persen.
 
 
“Harapan kami agar pemerintah terus memperhatikan IKM-UMKM agar semakin jaya dan naik kelas,” harapnya.
 
 
(acha/bk-8)
 
Komentar ()
Berita Ekonomi
Ekonomi
11 Oct 2020 / dibaca 152 kali
MANADO (BK) : Pandemi Covid-19 telah membuat banyak pelaku usaha dekorasi ulang tahun dan sound sistem harus rela tutup sementara dan bahkan...
Ekonomi
30 Sep 2020 / dibaca 237 kali
MANADO (BK) : Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI, DR Jerry Sambuaga direncanakan akan kembali mengunjungi Kota Manado. Kunjungan yang...
Ekonomi
27 Sep 2020 / dibaca 213 kali
Salah satu merek produk daging ayam olahan. (foto: ist)         MANADO (BK) : Volume daging ayam...
Ekonomi
25 Sep 2020 / dibaca 580 kali
MANADO (BK) : PT Sinar Terang Mandiri (STM) terus menggenjot pembangunan jalan tol Manado-Bitung pada zona STA 33+500 hingga STA 36+650....
Ekonomi
24 Sep 2020 / dibaca 237 kali
MANADO (BK) : Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) - KKP, melaunching ekspor perdana penerbangan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.