Ekonomi

Pertama di Sulawesi, Anjungan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) di Palu

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 01 February 2017 02:43   362 kali
Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) di Anjungan Talise Kota Palu, Sulawesi Tengah yang dilaunching sekaligus diresmikan penggunaannya. (foto : ist)

MANADO (BK): PLN Wilayah Suluttenggo dan PLN Area Palu melaunching dan meresmikan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) di Anjungan Talise Kota Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (31/1/2017).

 

Ada 4 anjungan SPLU yang dilaunching di 4 titik keramaian Kota Palu, diantaranya: Anjungan Pantai Jl. Rajamoili, Taman GOR Jl. Moh Hatta, Kawasan Taman Ria depan Palu Grand Mall dan Kompleks Palu Plaza. Layanan SPLU ini terbuka untuk masyarakat umum.

 

Asisten Satu Bidang Pemerintahan dan Kesra, M Ridwan Karim yang mewakili Walikota Palu, mengapresiasi langkah PLN dalam mengadakan SPLU ini. SPLU ini dinilainya banyak manfaat dan menghindarkan pengambilan pasokan listrik ilegal dan tidak aman.

 

"Sangat berterima kasih, karena dari pengalaman kami, pernah ada kejadian seorang pedagang meninggal karena mengambil pasokan ilegal dari PJU. Harapan kami dapat ditambah lagi SPLU di tempat-tempat strategis lainnya," kata Ridwan.

 

General Manager PLN Wilayah Suluttenggo Baringin Nababan menjelaskan,? sebelumnya selama ini PLN hanya melayani pelanggan-pelanggan tetap di bangunan-bangunan yang sudah permanen. Demi menjangkau tempat-tempat umum yang belum mendapatkan arus listrik, PLN berkomitmen untuk memberikan arus listrik resmi lewat SPLU.

 

"Banyak tempat-tempat umum membutuhkan listrik tapi tidak didapatkan layanan PLN, maka SPLU ini yang akan menjawab kebutuhan listrik resmi di tempat-tempat umum," ujar Baringin.

 

Diharapkan, SPLU ini dapat meningkatkan UKM yang ada di kota Palu, khususnya para pedagang yang membutuhkan sambungan listrik di tempat umum. SPLU ini juga merupakan bentuk dukungan PLN terhadap Pemda Kota Palu dalam membangun perekonomian kota Palu.

 

"Rencana ke depannya melalui PLN Area Palu akan ditambah 4 SPLU lagi di pusat-pusat keramaian," tandasnya.

 

Adapun mekanisme penggunaan SPLU ini ternyata sama seperti layanan listrik prabayar. Konsumen membeli token listrik (stroom) prabayar di Payment Point Online Bank (PPOB), ATM, Kantor Pos, maupun loket pembayaran lainnya, lalu nomor token yang telah dibeli, dapat diisi pada SPLU yang terpasang.

 

Sementara itu, menurut Manajer PLN Area Palu, Emir Muhaemin menerangkan SPLU sangat berkaitan dengan perkembangan teknologi dan berbagai permasalahan listrik di masa depan. Dia pun yakin kehadiran SPLU mampu menjawab tantangan tersebut.

 

"Kalau bahan bakar mobil sudah menggunakan listrik, ini menjadi masalah tersendiri. Karena itu PLN berpikir bagaimana bisa menyediakan kebutuhan masyakat di tempat umum sehingga memberikan banyak manfaat bagi warga," pungkas Emir.

 

Peresmian SPLU ini turut disaksikan Direktur Bisnis Regional Sulawesi dan Nusa Tenggara (SNT) Machnizon Masri.

 

(acha/rilis pln/bk-8)

Komentar ()
Berita Ekonomi
Ekonomi
19 Jun 2017 / dibaca 282 kali
JAKARTA (BK) : PT PLN (Persero) menggelontorkan dana santunan sebesar Rp 10 miliar untuk menyantuni anak Yatim Piatu dan kaum Dhuafa yang...
Ekonomi
15 Jun 2017 / dibaca 326 kali
MANADO (BK) : Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menerapkan kebijakan khusus terkait prosedur pelayanan bagi peserta JKN-KIS...
Ekonomi
01 Jun 2017 / dibaca 279 kali
MANADO (BK) : Prediksi kebutuhan uang menghadapi Ramadan dan Idul Fitri 1438 Hijriyah atau tahun 2017 di Sulawesi Utara (Sulut) diperkirakan...
Ekonomi
22 May 2017 / dibaca 269 kali
JAKARTA (BK): Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar, Jerry Sambuaga mengatakan, ada tiga hal yang harus dimiliki sebelum ekonomi kreatif...
Ekonomi
20 May 2017 / dibaca 359 kali
MANADO (BK) : Pemadaman listrik kini kerap terjadi di Kota Manado dan sekitarnya. Hampir setiap hari listrik alami ‘byar-pet’...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2017 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.