Ekonomi

PLN Suluttenggo Siapkan Genset untuk Sukseskan UNBK, Ini Kenyataannya

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 04 April 2017 19:16   392 kali
Pertemuan Jajaran PLN Suluttenggo dengan wartawan di Rumah Kopi Heine Tanjung Batu. (foto : ist)
MANADO (BK) : Bentuk dukungan agar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), PLN menyediakan genset sebagai cadangan listrik guna mengantisipasi terjadinya pemadaman listrik. Hal ini dikatakan Deputy Manager Hukum dan Humas PLN Suluttenggo, Jantje Rau melalui rilis yang diterima beritakawanua.com, Selasa (4/4/2017).
 
 
"Kami (PLN) berupaya memberikan perhatian khusus terhadap UNBK, semata demi menjaga konsentrasi siswa dalam mengerjakan ujian agar lebih tenang dan nyaman," ujar Jantje.
 
 
Dia juga memohon agar pihak sekolah maupun masyarakat berhati-hati atas adanya oknum atau pihak tertentu yang mengatasnamakan PLN dan meminta sejumlah uang terkait penyediaan genset ini. "Back up genset gratis, kalau ada yang minta bayaran laporkan kantor PLN terdekat atau hubungi contact center PLN 123," pungkasnya.
 
 
Sebelumnya, sempat beredar di media sosial Whatsapp (WA), adanya Kepala Sekolah di bilangan Mapanget yang mengeluhkan petugas PLN yang menawarkan genset untuk disewa dengan harga Rp4 juta perhari, untuk mengantisipasi bila terjadi listrik padam. Keluhan itu menyusul surat yang dilayangkanke PLN untuk meminta jangan ada pemadaman listrik selama UNBK berlangsung.
 
 
PLN Hanya Punya 5 Genset
 
 
Sementara itu, pada pertemuan PLN dengan wartawan di salah satu rumah kopi di Jalan Sam Ratulangi Tanjung Batu, siang tadi, terungkap jika ketersediaan genset yang dimiliki PLN Suluttenggo ternyata terbatas.
 
 
"PLN punya genset, tapi genset mobilenya terbatas lima saja dan hanya dipakai untuk acara-acara penting," kata Manager Area PLN Manado, Paultje Mangundap.
 
 
Lanjut Paultje, PLN telah melakukan pertemuan dengan dinas terkait di Kabupaten/kota yang melaksanakan UNBK, dengan membuat Memorandum of Understanding (MoU), dimana sekolah harus siapkan genset dan Uninterruptible Power Supply (UPS) sendiri. Di Sulut terdapat 57 sekolah (SMK) yang melaksanakan UNBK.
 
 
"Meski demikian kita jauh-jauh hari sudah melakukan persiapan dengan memastikan jaringan bersih agar tidak terjadi pemadaman yang tidak diinginkan," tandasnya.
 
 
Manager Transmisi dan Distribusi PLN Suluttenggo, Andi Imran Karim menambahkan, mengenai UNBK, kewajiban PLN menyiapkan listrik hanya sampai pada titik meter saja dengan jaminan 100 persen. Tapi dia juga tidak berani menjamin 100 persen kelancaran suplai listrik jika ada gangguan alam seperti guntur.
 
 
"Jaminan itu karena pertanggal 2 (April) malamnya, kita ada surplus 110 megawatt (MW), atau bisa melayani kurang lebih 100 ribu pelanggan, tapi kalau ada gangguan alam, kami tidak bisa menjaminnya," jelasnya.
 
 
Disebutkannya, jumlah gangguan pada bulan Januari 2017 untuk Suluttenggo berjumlah 880 kali pemadaman. Dari jumlah itu, gangguan karena alam yang disebabkan pohon tersentuh dan tumbang ke jaringan sebanyak 690 kali.
 
 
Di Manado sendiri katanya, saat ini sedang dalam penataan dan pemeliharaan jaringan. Meski dalam pemeliharaan, pihaknya tetap berusaha meminimalisir terjadinya pemadaman, sekalipun dalam kondisi sedang hujan.
 
 
"Mudah-mudahan kedepan pemeliharaan ini akan meningkatkan kehandalan PLN dalam mendistribusikan aliran listrik kepada pelanggan," ungkapnya.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Ekonomi
Ekonomi
29 Jul 2017 / dibaca 336 kali
MANADO (BK) : Alih-alih membayar biaya pemasangan meter agar jaringan listrik cepat dipasang, rumah milik Benny Rantung, warga Kelurahan...
Ekonomi
28 Jul 2017 / dibaca 209 kali
JAKARTA (BK): Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE dan Wakil Bupati (Wabup) Franky Donny Wongkar SH, serta...
Ekonomi
27 Jul 2017 / dibaca 195 kali
JAKARTA (BK):   Wali Kota Tomohon, Jimmy Eman mengatakan, Pemkot selalu berupaya merealisasikan permintaan Presiden. "Untuk dukung...
Ekonomi
19 Jun 2017 / dibaca 315 kali
JAKARTA (BK) : PT PLN (Persero) menggelontorkan dana santunan sebesar Rp 10 miliar untuk menyantuni anak Yatim Piatu dan kaum Dhuafa yang...
Ekonomi
15 Jun 2017 / dibaca 357 kali
MANADO (BK) : Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menerapkan kebijakan khusus terkait prosedur pelayanan bagi peserta JKN-KIS...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2017 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.