Ekonomi

Prohibited Item Sitaan Bandara Sam Ratulangi Manado Dimusnahkan

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 01 March 2019 22:02   344 kali
Pemusnahan ratusan prohibited item hasil sitaan Bandara Sam Ratulangi Manado. (foto : humas MDC)
MANADO (BK) : Bandara Sam Ratulangi Manado memusnahkan ratusan prohibited item, atau barang terlarang dalam penerbangan. Pemusnahan dilaksanakan di Lapangan Kantor PT Angkasa Pura (AP 1), Jumat (1/3/2019).
 
 
Adapun prohibited item yang dimusnahkan adalah, 20 liter minuman keras jenis cap tikus (flammable liquid), 5 dus korek api, 2 dus benda tajam, 841 buah power bank dan 20 buah aerosol. Pemusnahan dilakukan dengan cara digilas menggunakan alat berat, sedangkan powerbank dimusnahkan dengan cara dimasukkan ke dalam tong yang berisi air, sebelum diserahkan kepada Airport Terminal Landside and Environment Section
 
 
Pemusnahan ditandai dengan penandatanganan berita pemusnahan oleh Airport Security and Safety Department Head, R Bambang Triyono, yang disaksikan General Manager Bandara Sam Ratulangi, Minggus ET Gandeguai, perwakilan Brimob Manado dan para pegawai Bandara Sam Ratulangi.
 
 
 
 
General Manager Bandara Sam Ratulangi, Minggus ET Gandeguai menuangkan minuman keras jenis cap tikus ke dalam tong untuk dimusnahkan. (foto : humas MDC)
 
 
Minggus Gandeguai, saat memberikan sambutan, mengapresiasi semua pihak yang telah membantu mensosialisasikan barang-barang terlarang untuk dibawa dalam penerbangan. Alasannya, jumlah barang yang dimusnahkan menurun lebih dari 50 persen dari periode sebelumnya.
 
 
Ini menandakan sosialisasi berjalan dengan baik sehingga ada kesadaran dari calon penumpang untuk tidak membawa barang terlarang,” ujar Minggus.
 
 
Dia mengatakan, pemusnahan berdasarkan Undang-Undang No. 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan; PM 80 Tahun 2017 Tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional; Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor : Skep 2765/XII/ 2010 tentang Tata Cara Pemeriksaan Keamanan Penumpang, Personel Pesawat Udara dan Orang Perseorangan yang Diangkut dengan Pesawat Udara.
 
 
Juga berdasarkan serta Surat Edaran Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Nomor : SE. 015 Tahun 2018 Tentang Ketentuan Membawa Pengisi Baterai Portable (Power Bank) dan Baterai Lithium Cadangan pada Pesawat Udara.
 
 
 
 
Prohibited Item hasil sitaan Bandara Sam Ratulangi Manado sebelum dimusnahkan. (foto : humas MDC)
 
 
Dijelaskannya, prohibited items yang dimusnahkan merupakan barang yang sudah tidak diambil kembali oleh para pemiliknya pada periode September - November 2018. Barang tersebut tidak diizinkan untuk diberangkatkan dengan alasan keamanan, baik di kabin maupun bagasi.
 
 
“Ada waktu selama 3 bulan untuk mengambil kembali barangnya, tapi tidak ada yang datang, terpaksa harus dimusnahkan,” pungkas Minggus.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Ekonomi
Ekonomi
13 Dec 2018 / dibaca 256 kali
MANADO (BK): Memasuki bulan Desember kesibukan warga Kawanua semakin meningkat. Bulan ini memiliki prestisius bagi warga  Kawanua...
Ekonomi
07 Dec 2018 / dibaca 856 kali
KALAWAT (BK) : PT Pegadaian (Persero) mempelopori berdirinya Bank Sampah di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) melalui Program Kemitraan dan...
Ekonomi
07 Dec 2018 / dibaca 457 kali
KALAWAT (BK) : Hujan lebat yang mengguyur, tak menyurutkan langkah peresmian Bank Sampah di Desa Watutumou II, Kecamatan Kalawat, Kabupaten...
Ekonomi
06 Dec 2018 / dibaca 452 kali
BITUNG (BK) : PT Pegadaian (Persero) kembali meluncurkan The Gade Coffee & Gold di Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut). Outlet ini...
Ekonomi
29 Nov 2018 / dibaca 305 kali
MANADO (BK) : Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Aksi Perempuan Indonesia (API) yang...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.