Ekonomi

Rebutan Tantiem BSG Berujung Masalah Hukum

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 25 October 2017 08:14   139 kali
Kantor BSG di Jalan Samratulangi Manado.

MANADO (BK): Bank Sulut-Gorontalo (BSG) yang berkantor di Jalan Samratulangi Manado, beberapa waktu lalu dihebohkan dengan masalah keuntungan perusahaan yang dihadiahkan kepada karyawan (tantiem).

 

Pasalnya, usai dilantik pengurus baru (baca komisaris dan direksi) Bank Sulut-Go oleh Gubernur Olly Dondokambey, dana tantiem ditengarai disapu bersih pengurus baru yang dikomandai Komisaris Utama, Sanny Parengkuan.

 

Tantiem diduga disikat pengurus baru senilai Rp13,5 miliar. “Semestinya yang berhak terima bukan pengurus baru. Tapi harus pengurus lama. Sebab hal itu bagian dari kinerja mereka hampir setahun,” kata pengacara asal Manado yang kini berkiprah di Jakarta, Yuman Budiman kepada beritakawanua.com, beberapa waktu lalu.

 

Malahan Budiman menuding RUPS yang melanggar hukum dan merugikan keuangan negara adalah tindak pidana. Oknum yang merekayasa putusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tersebut untuk menguntungkan diri sendiri wajib disidik oleh penegak hukum.  

 

"Bagaimana mungkin pengurus baru mendapatkan tantiem yang bukan haknya," katanya.  Dijelaskannya, pengurus baru BSG, harusnya memberikan hak dari pengurus lama. Mereka ketika itu masih menjalankan tugas sejak Januari hingga September 2016 dan kemudian pengurus baru mulai berkerja pada Bulan September.

 

"Karena dia mulai kerja September sampai Oktober terima tantiem tahunan Januari hingga September yang dia belum kerja ada kerugian negara di dalamnya," tegas Yuman. Ia mengatakan, menggunakan lembaga RUPS untuk alasan melahirkan keputusan yang salah tentunya melanggar hukum.

 

"Jangan gunakan lembaga RUPS sebagai alasan melahirkan keputusan. Tetapi perlu ditelusuri juga bagaiman keputusan tersebut lahir. Karena setahu kami ada keputusan RUPS september 2016 yang mewajibkan pengurus baru menyelesaikan hak pengurus lama," terangnya.

 

Artinya, lanjutnya, antara lain hak pengurus lama itu adalah hak mereka sampai dengan kejadian keputusan yaitu januari sampai september 2016 dan ini perlu di kaji secara hukum oleh penegak hukum, mengapa keputusan tersebut tidak di cabut namun sudah ada keputusan yang lain pada RUPS selanjutnya," papar dia.

 

Lantas apa kata Komisaris Utama BSG, Sanny Parengkuan. Ia menegaskan, dana tantiem sebesar Rp 13,5 miliar tersebut merupakan keputusan RUPS. "Dewan Komisaris dan Dewan Direksi hanya melaksanakan keputusan tersebut," tegasnya,

 

"Semua sudah diklarifikasi ke OJK no Problem," ungkap mantan Asisten II Setdaprov Sulut itu.

 

Pada kesempatan terpisah, kuasa hukum pengurus lama BSG,  Franklin Montolalu, SH menekankan, tantim itu hak pengurus lama. Karena selama mereka bekerja, Bank SulutGo mendapat laba bersih positif.

 

Berdasarkan laba bersih positif itu, sambung dia, di triwulan 3 tahun 2016, Bank SulutGo wajib memberikan tantiem di akhir tahun.

 

“Pemberian tantiem itu diberikan berdasarkan kinerja pengurus Bank SulutGo ketika itu sekalipun dalam tahun buku tersebut terjadi pergantian pengurus,” papar dia.

 

Menurut Montotalu, masalah tersebut telah dibawa ke rana hukum. Baik hal itu dilakukan pribadi pengurus lama maupun secara kolektif. “Kita tunggu saja. Kejaksaan Tinggi sedang proses,” ungkapnya.

 

(mp/bk-1)

 

 

Komentar ()
Berita Ekonomi
Ekonomi
19 Jun 2017 / dibaca 286 kali
JAKARTA (BK) : PT PLN (Persero) menggelontorkan dana santunan sebesar Rp 10 miliar untuk menyantuni anak Yatim Piatu dan kaum Dhuafa yang...
Ekonomi
15 Jun 2017 / dibaca 331 kali
MANADO (BK) : Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menerapkan kebijakan khusus terkait prosedur pelayanan bagi peserta JKN-KIS...
Ekonomi
01 Jun 2017 / dibaca 282 kali
MANADO (BK) : Prediksi kebutuhan uang menghadapi Ramadan dan Idul Fitri 1438 Hijriyah atau tahun 2017 di Sulawesi Utara (Sulut) diperkirakan...
Ekonomi
22 May 2017 / dibaca 274 kali
JAKARTA (BK): Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar, Jerry Sambuaga mengatakan, ada tiga hal yang harus dimiliki sebelum ekonomi kreatif...
Ekonomi
20 May 2017 / dibaca 363 kali
MANADO (BK) : Pemadaman listrik kini kerap terjadi di Kota Manado dan sekitarnya. Hampir setiap hari listrik alami ‘byar-pet’...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2017 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.