Ekonomi

Stok Pupuk Subsidi Sulut Aman

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 06 April 2017 23:47   437 kali
Sosialisasi Product Knowledge dan Media Tour Wilayah Sulut PT Pupuk Kaltim. (foto : acha)
MANADO (BK) : Stok pupuk urea untuk wilayah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) masih berjumlah 4.395 ton. Dengan kebutuhan pupuk 1.300 ton perbulan, stok ini cukup untuk sampai tiga bulan kedepan.
 
 
"Stok urea di Sulut sangat aman untuk tiga bulan kedepan," ujar Superintendent Publikasi dan Dokumentasi Departemen Humas PT Pupuk Kaltim, Sugeng Suedi pada Sosialisasi Product Knowledge dan Media Tour Wilayah Sulut di Hotel Aryaduta Manado, Kamis (6/4/2017).
 
 
Sugeng mengatakan, untuk wilayah Sulut sampai bulan Maret 2017 telah terealisasi 1.466 ton dari alokasi yang ditetapkan sebesar 1.830 ton atau mencapai 80%. Sedangkan realisasi sejak 1 Januari hingga 30 Maret sebesar 5.864 ton dari alokasi sebesar 16.859 ton untuk tahun 2017.
 
 
"Dalam tiga bulan sudah terealisasi 28% untuk kebutuhan satu tahun," terangnya.
 
 
Secara umum, pencapaian produksi urea PT Pupuk Kaltim terus meningkat seiring dengan beroperasinya lima pabrik setelah dilakukan perbaikan tahunan. Terkait kesiapan menghadapi musim tanam, Pupuk Kaltim telah menyediakan stok urea subsidi sebanyak 286.508 ton, sedangkan untuk stok NPK Subsidi sebanyak 25.610 ton sampai dengan 30 Maret 2017.
 
 
Realisasinya Pupuk Kaltim telah menjual 352.648 ton Urea Subsidi ke wilayah distribusi Pupuk Kaltim, yang meliputi pulau Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua dan sebagian Kalimantan. Sedangkan untuk NPK subsidi, Pupuk Kaltim telah menjual sebanyak 66.865 ton.
 
 
Penjualan pupuk bersubsidi dilakukan Pupuk Kaltim untuk memenuhi kebutuhan petani/kelompok tani sepanjang tahun, khususnya selama masa musim tanam yang saat ini masih berlangsung.
 
 
Untuk menjaga kebutuhan pupuk di daerah, pengadaan pupuk urea bersubsidi selain dari Bontang, Kalimantan Timur juga akan dipasok dari beberapa Distribution Center (DC) yang tersebar di Surabaya, Banyuwangi, Semarang dan Makassar. Hal ini untuk terus menjaga stok aman yang telah ditentukan oleh SK Menteri Pertanian (Mentan). Pada musim tanam saat ini, Pupuk Kaltim telah meningkatkan stok di daerah melebihi dari ketentuan yang berlaku.
 
 
Hal-hal antisipatif lainnya juga terus dilakukan Pupuk Kaltim dalam menghadapi musim tanam, seperti meningkatkan sistem monitoring stok dengan penggunaan aplikasi Distribution Planning Control System (DPCS) dan penjualan serta penambahaan kapasitas produksi melalui pengoperasian kelima pabrik Pupuk Kaltim, dengan rate maksimal.
 
 
Sedangkan langkah–langkah pengamanan distribusi pupuk bersubsidi, secara kontinyu juga dilakukan melalui koordinasi dengan Distributor, PPL, KP3, Dinas terkait, Pemerintah Daerah setempat serta membentuk Tim Posko Pengamanan Musim Tanam yang siap sedia 1 x 24 jam selama 7 hari dalam seminggu.
 
 
Selain itu, Pupuk Kaltim juga meyediakan jaringan bebas pulsa untuk para petani, kios resmi dan distributor yang ingin menyampaikan keluhan dan saran guna meminimalisir adanya permasalahan yang timbul terkait pengadaan pupuk bersubsidi.
 
 
Realisasi tindak lanjut dari kesiapan Pupuk Kaltim dalam menghadapi musim tanam, maka penting bagi Perusahaan untuk mengadakan sosialisasi product knowledge, proses distribusi pupuk serta hal-hal yang terkait di dalam proses tersebut kepada insan media dan distributor pupuk yang ada di daerah wilayah pemasaran Pupuk Kaltim.
 
 
Sosialisasi ini akan terus dilakukan di seluruh wilayah distribusi PT Pupuk Kaltim, dan juga melakukan tour ke beberapa gudang guna meninjau langsung stok pupuk di wilayah tersebut. Kegiatan ini sebelumnya telah dilakukan di Balikpapan dan Kalimantan Selatan tanggal 22 dan 24 Maret lalu, Sulsel tanggal 4 April dan akan berlanjut ke Maluku yang nantinya akan menjadi agenda rutin Pupuk Kaltim setiap tahunnya ke wilayah lain.
 
 
Sosialisasi di Manado, dihadiri sejumlah awak media, distributor pupuk serta manajemen Pupuk Kaltim wilayah pemasaran Sulawesi Utara. Presentasi tentang Produk Knowledge disampaikan oleh Staf Departemen Pelayanan dan Komunikasi Produk, Bambang Setyo, dan Proses Distribusi Pupuk yang dijelaskan Pemasaran PSO 2, Yohannes Arief Harianto AE. 
 
 
Terkait proyeksi kinerja tahun 2017, Pupuk Kaltim menargetkan produksi Urea sebesar 3.4 juta ton lebih besar dibandingkan tahun 2016 sebesar 3.3 juta ton. Hal ini dilakukan untuk memenuhi ketentuan SK Mentan tahun 2017 di wilayah penyaluran Pupuk Kaltim sebesar 1,464 juta ton.
 
 
(acha/bk-8)
 
 
 
Komentar ()
Berita Ekonomi
Ekonomi
29 Jul 2017 / dibaca 336 kali
MANADO (BK) : Alih-alih membayar biaya pemasangan meter agar jaringan listrik cepat dipasang, rumah milik Benny Rantung, warga Kelurahan...
Ekonomi
28 Jul 2017 / dibaca 209 kali
JAKARTA (BK): Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE dan Wakil Bupati (Wabup) Franky Donny Wongkar SH, serta...
Ekonomi
27 Jul 2017 / dibaca 195 kali
JAKARTA (BK):   Wali Kota Tomohon, Jimmy Eman mengatakan, Pemkot selalu berupaya merealisasikan permintaan Presiden. "Untuk dukung...
Ekonomi
19 Jun 2017 / dibaca 314 kali
JAKARTA (BK) : PT PLN (Persero) menggelontorkan dana santunan sebesar Rp 10 miliar untuk menyantuni anak Yatim Piatu dan kaum Dhuafa yang...
Ekonomi
15 Jun 2017 / dibaca 357 kali
MANADO (BK) : Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menerapkan kebijakan khusus terkait prosedur pelayanan bagi peserta JKN-KIS...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2017 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.