Ekonomi

TunaiKita Bawa Misi Melek Fintech di Manado

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 08 August 2018 23:17   495 kali
Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandou saat membuka Pameran Fintech Days 2018 di Four Point Hotel Manado, (foto : acha)
MANADO (BK) : PT. Digital Tunai Kita atau TunaiKita, membaca adanya potensi besar untuk tumbuh pada sektor UMKM di Sulawesi Utara (Sulut). Hal ini dikatakan COO TunaiKita, Andry Huzain pada pameran Fintech Days 2018 di Four Point Hotel Manado, Rabu (8/8/2018).
 
 
“Potensi besar untuk tumbuh itu ada pada bantuan pinjaman mikro,” ujar Andry.
 
 
Menurutnya, sesuai dengan misi TunaiKita untuk membuat masyarakat di berbagai kota lebih melek finansial teknologi (fintech). Untuk itu, pameran yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dengan dukungan Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) dan sejumlah perusahaan fintech, harus mendapat dukungan penuh.
 
 
Saat ini katanya, ada lebih dari 76 ribu UMKM di Sulut, yang menampung lebih dari 183 ribu pekerja. Potensi UMKM di Manado tentunya bisa lebih maju lagi jika para pelakunya bisa mengakses kredit dengan mudah secara online.
 
 
“Salah satu keuntungan utama yang ditawarkan fintech adalah kemampuannya mengembangkan potensi UMKM. Teknologi TunaiKita memungkinkan para pelaku UMKM untuk membuka akses kredit bagi mereka yang umumnya sulit mendapatkan kredit dari lembaga keuangan konvensional, karena aplikasi kita sudah teruji bisa melakukan itu dalam waktu nyata (real-time),” jelas Andry.
 
 
VP Corporate Affairs TunaiKita, Anggie Ariningsih menyebut TunaiKita bangga bisa ikut memperbaiki inklusi keuangan dan berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di Indonesia, dan Sulut, khususnya. “Bahkan dalam waktu dekat ini aplikasi TunaiKita sudah bisa digunakan di Bitung, Minahasa dan Minahasa Utara, sehingga kebutuhan kredit buat keperluan konsumtif dan produktif bisa dimanfaatkan secara lebih luas di Sulawesi Utara,” terang Anggie.
 
 
Adapun alasan TunaiKita ikut bergabung dengan OJK pada pameran yang berlangsung selama 2 hari ini adalah untuk memberi edukasi bagi masyarakat Manado tentang berbagai manfaat dan kemudahan yang ditawarkan fintech. Juga bagaimana belajar tentang cara mengembangkan usaha start-up, dan juga mencari peluang berkarir di perusahaan fintech.
 
 
“Kendalanya memang ada karena kesadaran masyarakat Sulawesi Utara terhadap teknologi finansial masih terbilang rendah. Juga karena kondisi geografis Indonesia yang berupa negara kepulauan menjadi kendala tersendiri, baik dalam peningkatan literasi masyarakat, maupun pengembangan perusahaan fintech di daerah,” papar Anggie.
 
 
TunaiKita sendiri menawarkan pinjaman hemat biaya untuk masyarakat dengan dimulai dari proses aplikasi pinjaman hingga perlindungan penipuan online yang bersifat real-time. TunaiKita juga memberi penjaminan, pelayanan dan hadiah bagi konsumen serta proses penagihan hutang yang baik.
 
 
Manfaat teknologi TunaiKita kini diterima baik oleh para konsumen di paruh pertama 2018, dimana jumlah pinjaman yang dicairkan naik 400 persen lebih. Jumlah nasabah yang memilih untuk meminjam lagi dengan TunaiKita naik 60 persen, sementara angka kredit macet untuk bulan Juni turun 175 persen dibanding Januari.
 
 
PT. Digital Tunai Kita yang didirikan pada Januari 2017, adalah perusahaan patungan antara WeCash Southeast Asia, JAS Kapital dan Kresna Usaha Kreatif. TunaiKita menggabungkan platform teknologi terbaik dari WeCash dan pengalaman teruji di sektor finansial oleh JAS Kapital dan Kresna.
 
 
TunaiKita beroperasi di Indonesia dibawah kerangka perundang-undangan POJK/77 tentang peer-to-peer lending. TunaiKita sendiri didirikan oleh Andry Huzain dan James Chan.
 
 
TunaiKita adalah perusahaan Indonesia pertama yang membangun “lending robot” bagi penyandang dana (funding sources) untuk mengevaluasi kelayakan kredit konsumen, mencegah fraud, dan menyetujui pengajuan pinjaman.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Ekonomi
Ekonomi
07 Dec 2018 / dibaca 342 kali
KALAWAT (BK) : Hujan lebat yang mengguyur, tak menyurutkan langkah peresmian Bank Sampah di Desa Watutumou II, Kecamatan Kalawat, Kabupaten...
Ekonomi
06 Dec 2018 / dibaca 362 kali
BITUNG (BK) : PT Pegadaian (Persero) kembali meluncurkan The Gade Coffee & Gold di Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut). Outlet ini...
Ekonomi
29 Nov 2018 / dibaca 268 kali
MANADO (BK) : Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Aksi Perempuan Indonesia (API) yang...
Ekonomi
17 Nov 2018 / dibaca 500 kali
MANADO (BK): Warga Manado jangan sampai ketinggalan kegiatan First Anniversary Transmart Kawanua, satu-satunya perusahaan retail yang...
Ekonomi
16 Nov 2018 / dibaca 402 kali
MANADO (BK) : Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) terus berupaya mengembangkan dan mengoptimalkan berbagai sektor produktif...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.