Ekonomi

Wali Kota Hadiri Rakor Akuntansi dan Pelaporan Keuangan

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 14 September 2017 21:08   185 kali

JAKARTA (BK): Wali Kota Tomohon Jimmy F. Eman, SE. Ak menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2017, di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Kamis (14/9/2017).

 

Kegiatan yang mengambil tema Rakernas Tahun 2017, Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Negara untuk Indonesia Sejahtera, dibuka Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani. Tema itu bertujuan dalam rangka upaya meningkatkan kualitas manajemen keuangan negara untuk mendukung pembangunan menuju Indonesia Sejahtera.

 

Pada kesempatan itu, Wali Kota Tomohon, Jimmy F. Eman, SE. Ak mengatakan, Pemerintah Kota akan semakin berupaya melalui kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas untuk mewujudkan harapan Pemerintah Pusat.

 

"WTP itu bukan tujuan akhir, tapi merupakan salah satu alat untuk menuju peningkatan kesejahteraan masyarakat, " ujar Jimmy Eman.

 

Yang dinilai sebagai keberhasilan dalam WTP, sambung dia, bukan hanya pada programnya, tetapi output dan outcomenya bagi kesejahteraan masyarakat.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut, para pimpinan kementerian/lembaga, Gubernur, Walikota/Bupati seluruh Indonesia yang meraih predikat WTP dalam pengelolaan keuangan negara secara berturut-turut sejak Tahun 2012 sampai Tahun 2016. Kota Tomohon sampai dengan Tahun 2016 telah meraih predikat WTP 4 kali secara berturut-turut.

 

Turut mendampingi Walikota pada acara Rakernas, Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Tomohon Drs. Gerardus Mogi dan Kabag Humas dan Protokol Christo Kalumata, SSTP.

 

Menteri Sri Mulyani mengatakan, predikat WTP harus diwujudnyatakan dalam kehidupan masyarakat yang semakin sejahtera.

 

Ia menambahkan, memang masih ada 3 hal yang menjadi permasalahan dalam pengelolaan keuangan negara saat ini, yaitu: Penatausahaan Barang Milik Negara, Pengelolaan Penerimaan Negara bukan Pajak, serta Penganggaran, pelaksanaan dan pertanggungjawaban Belanja Modal dan Belanja Sosial.

 

Ia berharap, output kegiatan Rakernas ini supaya semua pihak baik pemerintah pusat maupun daerah dapat bekerjasama dan bersinergi untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. "Mampu menumbuhkan cultur pengelolaan keuangan dan pelaporan yang baik dan mengikuti standar-standar yang berlaku," tutup Sri Mulyani.

 

(karlie/bk-1)

Komentar ()
Berita Ekonomi
Ekonomi
28 Jul 2017 / dibaca 208 kali
JAKARTA (BK): Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE dan Wakil Bupati (Wabup) Franky Donny Wongkar SH, serta...
Ekonomi
27 Jul 2017 / dibaca 195 kali
JAKARTA (BK):   Wali Kota Tomohon, Jimmy Eman mengatakan, Pemkot selalu berupaya merealisasikan permintaan Presiden. "Untuk dukung...
Ekonomi
19 Jun 2017 / dibaca 312 kali
JAKARTA (BK) : PT PLN (Persero) menggelontorkan dana santunan sebesar Rp 10 miliar untuk menyantuni anak Yatim Piatu dan kaum Dhuafa yang...
Ekonomi
15 Jun 2017 / dibaca 357 kali
MANADO (BK) : Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menerapkan kebijakan khusus terkait prosedur pelayanan bagi peserta JKN-KIS...
Ekonomi
01 Jun 2017 / dibaca 301 kali
MANADO (BK) : Prediksi kebutuhan uang menghadapi Ramadan dan Idul Fitri 1438 Hijriyah atau tahun 2017 di Sulawesi Utara (Sulut) diperkirakan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2017 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.