Hukum

11 Hari, Polda Sulut Ungkap 5 Kasus Narkoba

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 24 November 2020 22:44   173 kali
MANADO (BK) : Prestasi besar dilakukan Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sulut. Dalam waktu 11 hari berhasil mengungkap lima kasus penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan obat terlarang.
 
 
Pada Jumpa Pers di Mapolda Sulut, Selasa (24/11/2020), Kabid Humas Polda Sulut, Kombes Pol Jules Abraham Abast mengatakan, pengungkapan lima kasus terjadi di wilayah Kota Manado dan berdasarkan enam laporan polisi.
 
 
“Lima kasus tersebut berupa empat kasus obat keras jenis Trihexyphenidyl, Seledryl, dan Tramadol, serta satu kasus lainnya adalah sabu-sabu,” ujarnya.
 
 
Pengungkapan pertama pada Sabtu, 7 November 2020 dengan diawali penangkapan dua tersangka berinisial AK dan JB di wilayah Kecamatan Tuminting. Pada penangkapan yang dilakukan sore hari, diperoleh barang bukti berupa 693 butir obat keras jenis trihexyphenidyl.
 
 
Sehari kemudian, tepatnya Minggu (8/11/2020) sekitar pukul 09.00 WITA, anggota Ditresnarkoba kembali mengamankan tiga tersangka pengedar trihexyphenidyl, masing-masing berinisial IDP, MR dan DK. Obat keras tersebut dikirim melalui jasa pengiriman barang.
 
 
“IDP sebagai penerima barang, MR penyedia dana dan DK sebagai pengedar. Barang bukti yang diamankan sebanyak 3000 butir trihexyphenidyl,” kata Kombes Pol Jules Abraham Abast yang didampingi Dirresnarkoba AKBP Indra Lutrianto Amstono.
 
 
Kasus ketiga diungkap Sabtu (14/11/2020) sekitar pukul 18.15 WITA. Anggota mengamankan tersangka berinisial RM bersama barang bukti 1.000 butir trihexyphenidyl dan 50 butir Tramadol dalam kotak paket kiriman. RM ditangkap sesaat setelah mengambil paket tersebut disalah satu jasa pengiriman barang di Kota Manado.
 
 
“Tersangka RM mengaku obat keras tersebut dibeli melalui salah satu toko online. Dan rencananya akan dijual kembali untuk mendapatkan keuntungan,” terang Kabid Humas.
 
 
 
 
 
Menariknya, kasus keempat yang diungkap pada Selasa (17/11/2020) sekitar pukul 15.15 WITA, anggota Ditresnarkoba Polda Sulut menggagalkan upaya memasukkan sabu-sabu ke dalam Rumah Tahanan (Rutan) Malendeng Manado oleh tersangka berinisial RN.
 
 
“Tersangka berupaya memasukkan sabu seberat 0,26 gram kepada dua penghuni Rutan Malendeng,” tutur Abast.
 
 
Sedangkan kasus kelima yang diungkap adalah dengan menangkap tersangka FFT karena memiliki obat keras jenis trihexyphenidyl, seledryl, dan tramadol. Penangkapannya dilakukan Rabu (18/11/2020) sekitar pukul 17.30 WITA di Jalan Siswa, Sario Manado.
 
 
“Kasus ini modusnya sama dengan kasus ketiga, yaitu membeli obat keras disalah satu toko online kemudian dikirim melalui jasa pengiriman barang,” ujarnya.
 
 
Sementara itu, total barang bukti yang diamankan dari delapan tersangka tersebut adalah 4.693 butir trihexyphenidyl, 50 butir tramadol, 1 paket sabu seberat 0,26 gram, 1 paket trihexyphenidyl, seledryl dan tramadol. Juga diamankan data elektronik milik para tersangka.
 
 
“Seluruh tersangka beserta barang bukti sudah diamankan di Mapolda Sulut untuk dimintai keterangan lebih mendalam. Kasus ini masih terus dikembangkan lebih lanjut untuk mengungkap kemungkinan adanya tersangka lain,” pungkas Kombes Pol Jules Abraham Abast.
 
 
(acha/bk-8)
 
Komentar ()
Berita Hukum
Hukum
27 Nov 2020 / dibaca 202 kali
Suasana Upacara Tabur Bunga dalam rangka HUT ke-70 Polairud Polri di atas kapal KP Prahasta, Baharkam Polri. (foto: Humas Polda Sulut)...
Hukum
27 Nov 2020 / dibaca 151 kali
MANADO (BK) : Sebagai bagian dari unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara (Kejati Sulut) masuk...
Hukum
26 Nov 2020 / dibaca 114 kali
Personil Polda Sulut yang akan digeser dalam Bawah Kendali Operasi (BKO) untuk pengamanan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020, sedang...
Hukum
24 Nov 2020 / dibaca 174 kali
MANADO (BK) : Prestasi besar dilakukan Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sulut. Dalam waktu 11 hari berhasil mengungkap lima...
Hukum
20 Nov 2020 / dibaca 134 kali
FOTO BERSAMA. Tim Komisi III DPR RI berfoto bersama dengan Kapolda dan Wakapolda Sulut, usai mengadakan rapat untuk membahas penanganan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.