Hukum

Awalnya "Ditentang", Ini Alasan Polresta Manado Beri Ijin Drag Race di Ringroad GPI

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 26 July 2022 22:04   273 kali
MANADO (BK) : Rencana pelaksanaan drag race di ruas jalan Ring Road-GPI, Kecamatan Mapanget, Kota Manado, awalnya ditentang banyak pihak. Tak tanggung-tanggung, penentangan bukan dari warga, melainkan juga dari pihak berwajib.
 
Dikutip dari dari Tribratanews Polresta Manado, polisi berhak membubarkan kegiatan yang tidak mengantongi izin penyelenggaraan.
 
“Tidak memberikan izin. Alasannya karena pertama, bahwa kegiatan tersebut akan menutup akses masyarakat pengguna jalan selama 5 hari dan setiap hari penutupan 8-9 jam. Jadi ada kepentingan masyarakat banyak yang kita korbankan jika kegiatan ini dilaksanakan,” kata Kapolresta Manado Kombes Pol Julianto P Sirait.
 
Alasan lain yang diungkap Kapolresta Manado adalah terkait ijin pengalihan fungsi jalan, dimana dari awal panitia tidak berkoordinasi sehingga Polresta Manado tidak dapat memastikan apakah kegiatan lomba tersebut memenuhi persyaratan teknis keselamatan dan keamanan terkait pengalihan fungsi jalan dari jalan umum digunakan untuk balapan.
 
“Dengan melihat analisa itu maka kami pihak kepolisian Polresta Manado tidak memberikan izin,” tandas Sirait.
 
Perwira berpangkat tiga melati ini juga menegaskan akan melakukan pembubaran jika kegiatan itu tetap dilaksanakan.
 
 
 
Jalan ringroad GPI lokasi pelaksanaan drag race telah dipasang pagar pembatas dari bambu (foto: istimewa)
 
 
Namun belakangan ini kabar yang diterima awak media, pelaksanaan Drag Race yang awalnya digelar 19-24 Juli 2022, tetap dilaksanakan tapi waktunya diundur 27-31 Juli 2022 sesuai pamflet yang beredar di media sosial.
 
Tanda-tanda kegiatan tersebut akan dilaksanakan dari terlihatnya jalan raya yang akan digunakan telah ditutup dan mulai dipagari dengan bambu.
 
Kapolresta Manado Kombes Pol Julianto Sirait yang coba dimintai konfirmasi melalui pesan WhatsApp (WA) terkait ijin pelaksanaan kegiatan drag race tersebut, tidak meresponnya. Meski begitu, konfirmasi diberikan oleh Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Kompol Thommy Aruan.
 
Menurut Aruan, kegiatan tersebut sudah mengantongi ijin pelaksanaan dari Dinas Perhubungan Kota Manado terkait pemanfaatan jalan umum untuk tempat kegiatan. Kemudian ijin dari Gugus Tugas Covid-19 Manàdo terkait dengan pencegahan penyebaran Covid-19.
 
"Juga ada ijin dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) Manado untuk teknis kegiatannya," jelasnya, Selasa (26/7/2022).
 
Mantan Kasat Reskrim Polresta Manado ini melanjutkan, berdasarkan ijin dari berbagai pihak tersebut, pihaknya lalu memberikan rekomendasi ijin keramaian untuk pelaksanaan kegiatan yang seharusnya dilaksanakan pada 20-24 Juli 2022.
 
"Saat itu pihak panitia belum melengkapi beberapa persyaratan teknis sehingga Polresta Manado tidak memberikan rekomendasi ijin pelaksanaan kegiatan," terangnya.
 
Mengenai kenyamanan masyarakat sekitar yang terganggu, Aruan mengatakan kepolisian hanya meminta pengertian masyarakat sambil bersabar. "Masyarakat bisa menggunakan jalur alternatif selama kegiatan berlangsung," ungkapnya.
 
Pelaksanaan olahraga otomotif ini rencananya akan digulirkan esok hari, Rabu, 27 Juli 2022. Kegiatan yang berlangsung lima hari hingga 31 Juli 2022, dan akan dilakukan penutupan jalan dari pukul 09.00 WITA hingga pukul 17.30 WITA.
 
Editor: Asrar Yusuf
 
 
Komentar ()
Berita Hukum
Hukum
05 Jul 2022 / dibaca 402 kali
MANADO (BK) : Polda Sulut menggelar Syukuran Hari Bhayangkara ke-76, di aula Catur Prasetya Polda Sulut, Selasa (5/7/2022), yang dihadiri...
Hukum
05 Jul 2022 / dibaca 557 kali
MANADO (BK) : Aplikasi e-RNM atau Elektronik Rehabilitasi Narkoba Kota Manado, resmi diluncurkan. Peluncuran ditandai dengan menekan tombol...
Hukum
01 Jul 2022 / dibaca 402 kali
MANADO (BK) : Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno mendapat kejutan spesial dari Lantamal VIII Manado, tepat di momen spesial Hari Bhayangkara...
Hukum
01 Jul 2022 / dibaca 342 kali
MANADO (BK) : Polresta Manado memusnahkan barang bukti minuman beralkohol, knalpot racing dan senjata tajam (sajam), tepat di momen...
Hukum
30 Jun 2022 / dibaca 366 kali
MANADO (BK) : Sebanyak 138 personel di lingkungan Satker Polda Sulut mendapatkan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi menjelang peringatan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2022 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.