Hukum

Banding Ditolak, PT Manado Vonis Oknum Jurnalis 8 Bulan Penjara

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 29 July 2019 22:52   441 kali
Penasehat Hukum Adv E.K Tindangen SH bersama kliennya Muliadi Paputungan menunjukkan relas putusan Pengadilan Tinggi Manado. (foto : istimewa)
 
 
 
MANADO (BK) : Majelis Hakim Pengadilan Tinggi (PT) Manado telah memvonis terdakwa Supriyadi Dadu, jurnalis klikbmr.com dengan hukuman 8 bulan penjara. Uphink dijerat pidana karena telah melakukan pencemaran nama baik Anggota DPRD Kotamobagu Muliadi Paputungan dan istrinya Ririn M.
 
 
Seperti dalam relaas bernomor : 41/PID/2019/PT.MND tertanggal 11 Juli 2019, yang ditunjukkan oleh Adv E.K Tindangen SH, Penasehat Hukum (PH) Muliadi Paputungan, vonis itu sekaligus memperkuat putusan Pengadilan Negeri (PN) Kotamobagu yang memvonis terdakwa dengan hukuman yang sama.
 
 
Dengan diterimanya relas putusan tersebut, Tindangen meminta Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kotamobagu untuk menjalankan putusan tersebut dan segera melakukan penahanan terhadap terdakwa.
 
 
“Klien saya menginginkan putusan itu segera ditegakkan dan dijalankan oleh jaksa (JPU),” ujarnya di Manado, Senin (29/7/2019).
 
 
Tindangen yang didampingi kliennya, Muliadi Paputungan juga berharap terdakwa mentaati putusan tersebut. Jika memang perlu, lanjutnya, terdakwa bisa melapor sekaligus menyerahkan diri untuk menjalani putusan itu.
 
 
“Kami memang berharap seperti itu, niat baiklah untuk menjalaninya. Jangan sampai nanti dijemput paksa untuk dilakukan penahanan,” tegasnya lagi.
 
 
Ketua DPD IKADIN Sulut ini mengatakan, dengan putusan ini seharusnya menjadi contoh bagi pewarta bisa terjerat hukum jika tidak mematuhi kode etik jurnalis seperti yang dikeluarkan oleh Dewan Pers.
 
 
Dia juga mengingatkan terdakwa untuk tidak melakukan upaya hukum lanjutan, karena dirinya yakin upaya tersebut tidak akan dikabulkan. Alasannya, putusan PN Kotamobagu dan PT Manado berpegang pada penegakan keadilan.
 
 
“Ya seperti itulah, karena ini sudah memenuhi unsur keadilan seperti yang diharapkan oleh klien saya. Keadilan memang harus ditegakkan, keadilan akan tetap menang,” tandasnya lagi.
 
 
Kasus ini bermula saat terdakwa Supriyadi Dadu dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.
 
 
Tindak pidana itu dilakukan dengan cara mengupload informasi melalui media elektronik Klikbmr.com mengenai foto anggota DPRD Kotamobagu Muliadi Paputungan melalui akun Facebook (FB) istrinya Ririn M, tanpa pemberitahuan atau ijin dari pemilik FB dengan judul berita “Istri Anggota DPRD Kotamobagu ini Posting Foto tak Senonoh”, pada Kamis 01 Juni 2017 sekitar pukul 23.00 WITA.
 
 
Akibat pemberitaan itu, Muliadi melalui Tim Kuasa Hukumnya melayangkan laporan yang diterima di Mapolda Sulut dengan laporan bernomor : STTLP/414.a/VI/2016/SPKT, tertanggal 7 Juni 2017. Dalam laporan tersebut, dugaan pidana yang dilakukan adalah pelanggaran undang-undang nomor 11 tahun 2008 pasal 27 tentang Informasi Transaksi Elektronik (ITE).
 
 
Setelah melalui proses panjang, kasus ini kemudian mendapat titik terang setelah Kejari Kotamobagu melimpahkan berkas ke PN Kotamobagu. Proses persidangan terdakwa diwarnai sejumlah aksi solidaritas dari sesama jurnalis di wilayah Bolmong Raya.
 
 
PN Kotamobagu kemudian memvonis 8 bulan penjara kepada terdakwa dengan putusan bernomor : 214/Pid.Sus/2019/PN.Ktg, tanggal 9 Mei 2019. Terdakwa kemudian melakukan banding ke PT Manado karena tidak menerima putusan itu.
 
 
Tapi upaya tersebut ditolak Majelis Hakim PT Manado yang diketuai Poltak Pardede SH, dengan anggota Edi Hasmi SH MHum, Kisworo SH MH serta Panitera Pengganti Edison Sumenda SH.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Hukum
Hukum
29 Jun 2019 / dibaca 666 kali
MANADO (BK): Seorang pria ditemukan tergeletak tak bernyawa di depan Tempat Hiburan Malam (THM) Altitude, kawasan Megamas Manado, Sabtu...
Hukum
26 Jun 2019 / dibaca 2341 kali
JAKARTA (BK): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu terkait kasus dugaan...
Hukum
25 Jun 2019 / dibaca 304 kali
(Ilustrasi)         MANADO (BK) : Hukum Tua (Kumtua) Desa Ponto, Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa...
Hukum
24 Jun 2019 / dibaca 1532 kali
MANADO (BK) : Seorang pria di Kelurahan Sario Kotabaru, Kecamatan Sario, Kota Manado, menjadi korban penikaman dan harus dirawat di rumah...
Hukum
23 Jun 2019 / dibaca 183 kali
(Ilustrasi)         MANADO (BK) : Sempat mendapat perawatan di rumah sakit, Stenly Manis (18),...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.