Hukum

Gugatan Kepada PT BML Terkait Mata Air Kolongan Desa Sea Dinilai Keliru

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 19 June 2022 08:15   751 kali
MINAHASA (BK) : Permasalahan sengketa terkait pembangunan Perumahan Griya Lestari 5 oleh PT Bangun Minanga Lestari (BML) di Desa Sea, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa.
 
Pengadilan Negeri (PN) Manado yang menangani kasus ini melaksanakan sidang lokasi pada, Jumat (17/06/2022) yang bertempat di kawasan Perumahan Grya Lestari 5 Desa Sea.
 
Sidang lokasi tersebut dipimpin langsung oleh Hakim Ketua PN Muhammad Alfri Sahrin Usup, SH., MH., juga dihadiri oleh Kuasa Hukum penggugat, dan Kuasa Hukum tergugat, serta beberapa masyarakat setempat yang menyaksikan sidang lokasi tersebut.
 
Menurut Kuasa Hukum tergugat Steiven B. Zeekeon, SH yang mengatakan kepada wartawan bahwa, pada saat sidang lokasi berlangsung Hakim sempat mempertanyakan posisi lokasi mata air, dan hasilnya bahwa lokasi mata air tersebut berada jauh dari objek gugatan sengketa. 
 
"Posisi mata air kolongan yang digugat itu jauh dari objek yang menjadi sengketa, dan mata air tersebut tidak berpengaruh dengan adanya pembangunan perumahan. Dapat dikatakan batas-batas gugatan ini keliru," ujar Steiven.
 
Dijelaskan pula bahwa, setelah dilaksanakannya sidang lokasi batasnya tidak sesuai dengan gugatan yang ada. Menurut Steiven, batas batas objek yang digugat ini keliru.
 
"Dinas Kehutanan Provinsi Sulut juga telah mengeluarkan surat yang menerangkan bahwa lokasi pembangunan perumahan tersebut tidak dalam kawasan hutan," jelasnya.
 
Disisi lain, beberapa masyarakat setempat juga masih terus menolak pembangunan perumahan tersebut dikarenakan menurut mereka bahwa perumahan telah memotong pohon demi memperluas akses jalan perumahan, masyarakat menolak karena pohon-pohon tersebut adalah sumber oksigen mereka.
 
"Pihak perumahan sudah potong beberapa pohon disekitar situ, sedangkan itu adalah oksigen kami," ungkap sekelompok kecil masyarakat Desa Sea.
 
Hingga berita ini ditayangkan, kejelasan mengenai kasus ini masih dalam proses penanganan oleh Pengadian Negeri Manado.
 
(**/bk-8)
Komentar ()
Berita Hukum
Hukum
27 Oct 2022 / dibaca 408 kali
MANADO (BK) : Sebuah video beredar di media sosial yang memperlihatkan seorang pria menikam pria lainnya di jalan raya. Pria yang menjadi...
Hukum
27 Oct 2022 / dibaca 253 kali
MANADO (BK) : Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto mengajak seluruh personel Polri yang ada di Polda Sulut dan jajaran agar terus berbenah...
Hukum
26 Oct 2022 / dibaca 249 kali
JAKARTA (BK) : Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melakukan inspeksi mendadak (sidak di Satpas SIM Polda Metro Jaya yang ada di...
Hukum
26 Oct 2022 / dibaca 214 kali
MANADO (BK) : Irjen Pol Mulyatno menyampaikan sangat senang dan terkesan selama melaksanakan tugas di Sulawesi Utara. Hal tersebut...
Hukum
13 Oct 2022 / dibaca 431 kali
MANADO (BK) : Penyidik Subdit Tipidkor Dit Reskrimsus Polda Sulawesi Utara (Sulut) menetapkan empat tersangka dugaan perkara tindak pidana...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2023 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.