Hukum

Institut Lembang Sembilan Sulut Sorot Penghentian Aktifitas PT BDL

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 05 October 2021 17:14   100 kali
MANADO (BK) : Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menutup aktifitas PT Bulawan Daya Lestari (BDL) melalui surat bernomor: B-4314/MB.07/DBT/2021, tertanggal 4 Oktober 2021 tentang penghentian kegiatan pertambangan.
 
Penutupan aktifitas pertambangan perusahaan yang beroperasi di wilayah Bolaang Mongondow (Bolmong) itu menyusul banyaknya permasalahan di perusahaan tersebut, diantaranya konflik horisontal yang diduga diciptakan oleh pemilik PT BDL yang berujung tewasnya anak adat A Damopolii.
 
Penghentian aktifitas PT BDL ini kemudian mendapat sorotan Institut Lembang Sembilan (IL9) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Juru bicara IL9, Harianto menyebut, banyak kewajiban perusahaan yang tidak tuntas.
 
“Kami memang menyoroti terkait dihentikannya operasional perusahaan PT BDL ini,” ujar Harianto melalui pesan WhatsApp, Senin (4/10/2021).
 
Harianto kemudian membeberkan isi surat pernyataan dari Direktur Utama PT BDL Denny Ramon Karwur, yang dikeluarkan pada tanggal 20 April 2020.
 
Dalam surat bermeterai tersebut PT BDL akan memenuhi semua kewajiban kepada Negara, baik PBNP berupa PSDH DR dan kewajiban lainnya berupa Rehabilitasi DAS 110 Ha pada Kawasan Hutan Lindung Tuodan dan CSR/bantuan masyarakat secara bertahap selambat-lambatnya pada tanggal 31 Juni 2020.
 
Jika sampai batas waktu tersebut PT BDL belum melaksanakan kewajibannya, akan diproses sesuai hukum dan ketentuan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, baik secara pidana maupun perdata.
 
Harianto mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi langkah Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta pemerintah terkait untuk menghentikan aktifitas perusahaan tersebut.
 
“Tapi ingat! Dalam hal ini adanya kelalaian PT BDL yang belum menyelesaikan kewajibannya sesuai surat pernyataan dari direktur utamanya, dan ini berpotensi merugikan Negara. Harusnya ini dibawa ke jalur hukum,” tegasnya.
 
Ia berharap pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati Sulut) segera mengusut masalah ini. Ini dimaksudkannya agar di kemudian hari tidak terjadi hal yang serupa.
 
“Dan IL-9 sebagai bagian yang selalu memberikan masukan dalam mewujudkan program Bapak Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Amin Ma’ruf akan memberikan perhatian, khususnya yang berpotensi merugikan negara,” tegasnya lagi.
 
(tim bk)
Komentar ()
Berita Hukum
Hukum
01 Sep 2021 / dibaca 238 kali
MANADO (BK) : Korem 131/Santiago menyalurkan 15 ton beras bantuan sosial (bansos) dari Presiden RI kepada masyarakat di Provinsi Sulawesi...
Hukum
30 Aug 2021 / dibaca 178 kali
MANADO (BK) : Tim Patroli Rayon Singkil Polresta Manado secara tidak sengaja berhasil mengamankan seorang pria berinisial JP alias Kipli (32)...
Hukum
29 Aug 2021 / dibaca 205 kali
MANADO (BK) : Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana meminta mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado agar mau divaksin. Menurutnya,...
Hukum
12 Jul 2021 / dibaca 262 kali
Barang bukti pil koplo yang diamankan Satresnarkoba Polresta Manado. (foto: istimewa)       MANADO (BK) :...
Hukum
12 Jul 2021 / dibaca 1152 kali
MANADO (BK) :  Timsus Maleo Polda Sulawesi Utara berhasil mengamankan seorang youtuber yang di duga telah melakukan pelecehan seksual...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.