Hukum

Jago Merah Lahap Rumah Kos di Bahu Malalayang

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 02 August 2018 18:48   416 kali
Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Manado, menyemprotkan air untuk memadamkan api. (foto : acha)

MANADO (BK): Si jago merah mengamuk di Kelurahan Bahu, Lingkungan III, Kecamatan Malalayang, Kamis (2/8/2018) sekitar pukul 14.00 WITA. Satu unit rumah kos ludes terbakar.

 

Babinsa Kelurahan Bahu, Serda MF Kaseger di lokasi kejadian mengatakan, api diduga dipicu korsleting listrik dari rumah milik Keluarga Yacobus-Mandey yang dijadikan tempat kos. Api kemudian membesar dan melahap rumah permanen tersebut.

 

"Ada dugaan api dari salah satu kamar anak kos," ujar Kaseger.

 

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Manado, Sonny AR mengatakan, langsung menurunkan 3 armada mobil damkar yang selalu stand by. Setelah itu diterjunkan lagi 4 damkar susulan ke lokasi kejadian, dan 1 damkar lagi untuk proses pendinginan TKP.

 

Menurutnya, banyak kendala untuk sampai ke lokasi kejadian. Dimulai dari kemacetan hingga jalan yang sempit ketika memasuki lokasi kejadian.

 

"Juga banyaknya warga yang menghalangi jalan karena menonton, serta kendaraan seperti motor yang makin mempersempit jalan hingga akses masuk mobil damkar terhambat," jelas Sonny.

 

Kendala lain yang dihadapi adalah aliran listrik yang belum padam. Beberapa petugas damkar dan warga yang mencoba merangsek masuk untuk memadamkan api, sempat merasakan sengatan listrik.

 

"Petugas kami terpaksa menyemprot air dari luar menunggu listrik dipadamkan. Tapi berkat kerjasama tim, api berhasil dipadamkan dalam waktu 30 menit," katanya.

 

Sementara itu, Kapolsek Malalayang Kompol Ellia Maramis menyebut ada dua rumah yang terbakar pada kejadian itu. Satu rumah lainnya adalah milik Keluarga Tarega-Binalay.

 

"Tapi rumah yang kedua hanya terbakar pada bagian dapur dan dinding," ucapnya.

 

Maramis juga menyebut satu warga menjadi korban ketika berusaha menyelamatkan dokumen-dokumen. Korban bernama Diana Sualang (50-an), mengalami luka bakar di kedua tangannya karena tertimpa reruntuhan kayu loteng yang terbakar.

 

"Tapi dari keterangan dokter di Puskesmas Bahu, luka bakar yang dialami korban tidak terlalu parah," terang mantan Kepala Satresnarkoba Polresta Manado ini.

 

Maramis juga belum bisa menyebut penyebab pasti terjadinya kebakaran itu, serta kerugian yang dialami pemilik rumah. "Kami masih akan melakukan penyelidikan lagi, tapi kerugian bisa ditaksir mencapai ratusan juta rupiah," pungkas Maramis.

 

(acha/bk-8)

Komentar ()
Berita Hukum
Hukum
18 Jan 2019 / dibaca 150 kali
JAKARTA (BK): Presiden Jokowi berhasil mengambil langkah penting dalam memberantas korupsi. Yakni, membangun system pendukung seperti e...
Hukum
17 Jan 2019 / dibaca 160 kali
MANADO (BK) : Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara (Kejati Sulut) siap memberikan bantuan hukum kepada Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof. dr. RD...
Hukum
14 Jan 2019 / dibaca 983 kali
MANADO (BK) : Niat baik Ridwan Thalib (23), warga Kelurahan Sindulang Satu, Kecamatan Tuminting, malah membawa petaka. Nyawanya nyaris...
Hukum
14 Jan 2019 / dibaca 470 kali
MANADO (BK) : EK alias Erwin (23), terpaksa diamankan oleh Tim Paniki Polresta Manado. Gara-garanya, warga Kelurahan Pinaesaan, Kecamatan...
Hukum
14 Jan 2019 / dibaca 232 kali
MANADO (BK) : Pencurian di SD Negeri 46 Manado, Kelurahan Tumumpa Dua, Lingkungan II, Kecamatan Tuminting, akhirnya terungkap. Aparat...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.