Hukum

Kajati Sulut Roskanedi Resmikan Posbindu IAD Sulut

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 05 March 2019 15:17   226 kali
Kajati Sulut M Roskanedi memberikan sambutan pada peresmian Posbindu IAD Perwakilan Sulut. (foto : Penkum Kejati Sulut)
MANADO (BK) : Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara (Kejati Sulut), M Roskanedi meresmikan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Wilayah Sulut. Peresmian dilaksanakan di Aula Kejati Sulut, Selasa (5/3/2019).
 
 
Dalam sambutannya, Roskanedi mengatakan Posbindu IAD bukan hanya melayani warga Adhyaksa, tetapi juga kepada masyarakat pada umumnya. “Kita budayakan hidup bersih dan sehat, juga dapat bermanfaat untuk kemajuan organisasi ini,” katanya.
 
 
Posbindu IAD Sulut, lanjut Roskanedi, merupakan salah satu program kesehatan dalam bentuk layanan screening faktor resiko penyakit tidak menular yang berbasis masyarakat atau lebih sering disebut Usaha Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM).
 
 
Biasanya Posbindu hanya dibentuk dalam tatanan desa/kelurahan, lingkungan atau RT dan RW. Tetapi kini dikembangkan sampai ke tatanan kelompok masyarakat bahkan sekarang ini diperluas hingga ke instansi dan perusahaan swasta, termasuk diantaranya Kejati Sulut.
 
 
“Jadi, selaku pengawas, saya berharap program yang dilaksanakan ini dapat meningkatkan kemampuan diri anggota IAD Wilayah Sulut dalam menumbuhkan keakraban dan saling menghormati antar anggota,” pungkas mantan Kajati Kalimantan Tengah (Kalteng) ini.
 
 
Sementara itu, Ketua IAD Wilayah Sulut, Soraya Djamin Roskanedi yang menggagas peresmian kegiatan ini mengatakan, Posbindu merupakan program IAD Pusat, khususnya bidang Sosial Budaya. Dia berharap kehadiran Posbindu dapat menjadi sarana kegiatan kemanusiaan untuk membantu keluarga Adhyaksa khususnya, dan masyarakat pada umumnya.
 
 
“Nantinya kami akan menggandeng Dinas Kesehatan dan para dokter untuk melakukan sosialisasi sekaligus melaksanakan pendeteksian dini terhadap penyakit tertentu agar dapat menekan timbulnya penyakit yang bisa berujung adanya korban jiwa,” terang istri Kajati Sulut ini.
 
 
Dapat Dukungan Pemerintah
 
 
 
 
Ketua IAD Wilayah Sulut, Soraya Djamin Roskanedi bersama Kepala Dinas Kesehatan dr. Debie KR Kalalo. (foto : Penkum Kejati Sulut)
 
 
Peresmian Posbindu IAD Wilayah Sulut oleh Kajati Sulut, ternyata mendapat respon positif dan dukungan dari Pemerintah Provinsi Sulut dan jajaran terkait.
 
 
Kepala Dinas Kesehatan dr. Debie KR Kalalo mengatakan, Posbindu bisa menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam meningkatkan upaya pencegahan terjadinya penyakit tidak menular. Apalagi dengan melibatkan peran serta masyarakat secara aktif.
 
 
“Keberadaan Posbindu menjadi teramat penting karena angka kejadian kasus penyakit ini, semakin hari semakin meningkat di Indonesia, seperti kasus stroke, gagal ginjal kronis, diabetes melitus, dan hipertensi atau tekanan darah tinggi,” jelasnya.
 
 
Kalalo juga menitipkan slogan CERDIK, yang artinya : (C)ek kesehatan secara berkala, (E)nyahkan asap rokok, (R)ajin aktifitas fisik, (D)iet sehat dan kalori seimbang, (I)stirahat cukup dan (K)elola stres, sebagai pesan pentingnya perubahan perilaku sehat dalam pengendalian penyakit tidak menular.
 
 
Peresmian Posbindu IAD Perwakilan Sulut ini turut dihadiri Wakil Kejati Sulut Andi M Iqbal Arief, Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) M Rawi serta Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Yoni E Mallaka serta seluruh Pengurus Wilayah, Anggota Luar Biasa, Anggota Biasa dan Anggota Kehormatan IAD Wilayah Sulut.
 
 
Sementara Pemerintah Provinsi Sulut dihadiri jajaran Dinas Kesehatan, Kepala Bidang P2P dr. Steaven Dandel, dr. John Walandouw, dr. Elvie Mamahit, dr. Gysje Pontororing, serta Staf Dinas Kesehatan Provinsi Sulut.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Hukum
Hukum
08 Apr 2019 / dibaca 119 kali
MANADO (BK) : HW alias Hardy (19), dibuat tak berkutik oleh Polsek Wanea. Pemuda pengangguran itu tak bisa mengelak karena kedapatan membawa...
Hukum
06 Apr 2019 / dibaca 129 kali
MANADO (BK) : Peristiwa kebakaran terjadi di Desa Lotta Jaga IV, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa. Kali ini si jago merah beraksi di...
Hukum
03 Apr 2019 / dibaca 1312 kali
MANADO (BK) : HK alias Hendrik (48), pelaku pembunuhan karyawati Spa, Dewi Yuwaningsih Gedoan alias Eca (25), telah ditetapkan sebagai...
Hukum
03 Apr 2019 / dibaca 165 kali
MANADO (BK) : Dewi Yuwaningsih Gedoan alias Eca (25), ditemukan tewas di dalam kamar mandi kost-kostan di Kelurahan Tingkulu, Lingkungan II,...
Hukum
31 Mar 2019 / dibaca 184 kali
JAKARTA (BK) : Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara (Kejati Sulut) Yoni E Mallaka, ternyata berbakat...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.