Hukum

Kejati se-Suluttenggo dan BRI MoU Penggunaan Aplikasi Digital-RPL

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 23 March 2019 23:17   110 kali
Kajati Sulut, M Roskanedi saat memberikan sambutan pada kegiatan penandatanganan perjanjian penggunaan Aplikasi Digital RPL dengan BRI. (foto : Penkum
MANADO (BK) : 3 Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) bersepakat dengan PT. BRI (Persero) Tbk, untuk penggunaan Aplikasi Digital Rekening Pemerintah Lainnya (RPL). Penandatanganan perjanjian kerjasama dilaksanakan di Lantai 7, BRI Kantor Wilayah (Kanwil) Manado, Kamis (21/3/2019).
 
 
3 Kajati itu adalah Kajati Sulawesi Utara (Sulut) M Roskanedi, Kajati Gorontalo Firdaus Dewilmar dan Kejati Sulawesi Tengah (Sulteng), M Rum. Sedangkan PT. BRI (Persero) Tbk oleh Pemimpin Wilayah BRI Manado, Agung Sulistijo.
 
 
Aplikasi Digital RPL adalah layanan pengelolaan uang titipan barang bukti dan transaksi keuangan secara elektronik di seluruh Satuan Kerja Kejaksaan Tinggi (Kejati).
 
 
Dalam sambutannya, M Roskanedi yang mewakili Kejati Sulut, Sulteng dan Gorontalo, mengatakan kerjasama ini jangan hanya sampai sebatas penandatanganan perjanjian. Tapi perlu direalisasikan dalam pelaksanaannya.
 
 
“Karena sifatnya elektronik dan menggunakan aplikasi, perlu dilakukan pelatihan-pelatihan dengan mengikutsertakan petugas kejaksaan,” ujar Roskanedi.
 
 
 
 
Kajati Sulut, M Roskanedi serta Pimpinan Wilayah BRI Manado, Agung Sulistijo menandatangani perjanjian penggunaan Aplikasi Digital RPL. (foto : Penkum Kejati Sulut)
 
 
Hal ini, lanjutnya, agar dalam pelaksanaan tugas, mereka tidak mengalami kendala dalam melaksanakan pengelolaan barang bukti, barang rampasan  berupa uang dan transaksi keuangan lainnya.
 
 
Sementara Pimpinan Wilayah BRI Manado, Agung Sulistijo mengatakan Aplikasi Digital-RPL dikembangkan untuk meningkatkan kerjasama yang telah terjalin antara Kejaksaan dan Bank BRI.
 
 
“Aplikasi ini berbasis web untuk meningkatkan pelayanan terhadap seluruh satuan kerja Kejaksaan RI,” ungkap Sulistijo.
 
 
 
 
Foto bersama usai penandatanganan perjanjian kerjasama. (foto : Penkum Kejati Sulut)
 
 
Adapun terdapat 5 tujuan penggunaan aplikasi itu yaitu : 
 
 
1. Pengelolaan uang titipan perkara (Pidum, Pidsus dan Datun).
 
2. Pengelolaan administrasi proses penitipan dan pengembalian uang titipan perkara dan penyetoran ke kas negara.
 
3. Report mutasi rekening koran secara otomatis. 
 
4. Report rincian mutasi RPL otomatis.
 
5. Fitur adjustment atas transaksi yang telah lampau.
 
 
Selain pucuk pimpinan Kejati Sulut, Gorontalo, Sulteng dan Pemimpin Wilayah BRI Manado, penandatanganan kerjasama itu juga dihadiri Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara (Asdatun) Kejati Sulut Jurist Precisely, Asisten Inteligen dan Asdatun Kejati Gorontalo, serta Kepala Bagian dan Pemimpin Cabang BRI se-Kanwil Manado. (Sumber : Kasi Penkum Kejati Sulut, Yoni E Mallaka)
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Hukum
Hukum
23 Mar 2019 / dibaca 55 kali
JAKARTA (BK): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Direktur PT Krakatau Steel. Saat ini identitas...
Hukum
21 Mar 2019 / dibaca 228 kali
MANADO (BK): Kapolda Sulawesi Utara (Sulut), Irjen Pol R Sigid Tri Hardjanto didampingi Wakapolda, Brigjen Pol Karyoto serta para pejabat...
Hukum
20 Mar 2019 / dibaca 569 kali
MANADO (BK) : Seorang pria nekat melompat dari Jembatan Soekarno Manado, Rabu (20/3/2019) pagi. Pria itu akhirnya tewas meski sempat...
Hukum
16 Mar 2019 / dibaca 142 kali
JAKARTA (BK): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Ketua Umum (Ketum) Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muhammad...
Hukum
16 Mar 2019 / dibaca 100 kali
JAKARTA (BK): KPK mengamankan Ketua Umum PPP Romahurmuziy alias Rommy dalam sebuah operasi tangkap tangan (OTT) di Jawa Timur. Ada duit...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.