Hukum

Ketambahan 2 Unit Speedboat, Sat Polair Polresta Manado Siap Amankan Perairan Manado

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 24 October 2017 17:27   265 kali
Kapolresta Manado saat meninjau 2 speedboat baru di Dermaga Satpolair Polresta Manado. (FOTO : Acha)

MANADO (BK): Satuan Polisi Perairan (Satpolair)Polresta Manado mendapat dua tambahan kapal speed boat baru dari Mabes Polri. Dua kapal bertipe C 3 ini telah berada di Dermaga Polair Kawasan Pelabuhan Manado.

 

Kapolresta Manado, Kombes Pol Hisar Siallagan merasa bangga dan bersyukur dengan tambahan dua unit kapal polisi yang benar-benar baru. "Saya berharap nantinya digunakan sesuai dengan tupoksi Polair dalam menjaga keamanan di perairan Kota Manado," ujarnya saat memberikan sambutan pelaksanaan uji coba kapal, Selasa (23/10/2017) sore.

 

Kapolresta juga berpesan agar kedua kapal dirawat dengan baik, karena prasarana pendukung kepolisian di perairan ini dibelanjakan cukup mahal dengan menggunakan uang rakyat. "Jadi selain dirawat, juga harus dimaksimalkan penggunaannya untuk rakyat dan dapat digunakan selama mungkin," tandas Siallagan.

 

Sebelumnya, Kasat Polair Polresta Manado AKP Fenty J Kawulur mengatakan kedua kapal ini nantinya akan digunakan untuk mendukung tugas Polri di perairan dan pesisir Kota Manado. Nantinya juga akan dimaksimalkan untuk menjaga kamtibmas dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

 

"Kedepan nanti kedua speedboat ini bisa dipakai patroli karena menggunakan peralatan canggih, dan juga bisa memberi andil dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

 

Kapolresta Manado Kombes Pol Hisar Siallagan sendiri sempat melakukan peninjauan kedua kapal yang tertambat di Dermaga Polair. Beberapa pejabat seperti Direktur Tahanan dan Barang Bukti Polda Sulut AKBP Ruben Takaindengan, Wakapolresta AKBP Enggar Broto Seno, perwakilan Dinas Perhubungan Kota Manado, KPLP Yusak Duyoh, Pengurus dan mitra kerja Satpolair dan tokoh masyarakat Sindulang, ikut menemani.

 

Pelaksanaan uji coba speedboat ini dirangkai dengan pengucapan syukur yang diawali dengan doa syukur dan ditutup oleh Pdt. Marhany Johanis.

 

Mabes Polri menyalurkan dua unit speed boat type C 3 dengan spesifikasi panjang 6 meter, lebar 2 meter dan tinggi 3,79 meter. Kedua kapal ini menggunakan mesin penggerak 3 tak berkekuatan 85 HP (Horse Power).

 

Kapal ini juga dilengkapi dengan satu buah pelampung bulat (life body) + tali 25 meter, 5 buah baju pelampung (life jaket), 2 unit Parachute Signal, 2 buah Red Hard Flag, 2 unit Smoke Signal, Kotak P3K berikut obat-obatan standar 1 unit serta 4 unit Dampra/Fender.

 

Sedangkan kelengkapan Peralatan Navigasi dan Komunikasi terdiri dari satu unit Magnetic Compass, satu unit Radio VHF/FM + antena, satu buah GPS, 2 buah Heavy Duty Wiper, satu unit Public Addressor, 2 buah Handy Talkie, satu unit Binggular dan Bendera Merah Putih.

 

Juga dilengkapi peralatan pemadam jenis portable 2,5 Kg sebanyak dua buah dan perlengkapan kepolisian seperti borgol, kantong mayat dan police line.

 

(acha/bk-8)

Komentar ()
Berita Hukum
Hukum
17 Nov 2017 / dibaca 54 kali
MANADO (BK) : Gara-gara ditinggalkan suami, Susana Yosamsu (26), warga Kelurahan Mahawu Lingkungan VII Kecamatan Tuminting, melapor ke Sentra...
Hukum
17 Nov 2017 / dibaca 81 kali
MANADO (BK) : Warga sekitar Terminal Karombasan, Kelurahan Karombasan Utara Lingkungan III Kecamatan Wanea mendadak heboh. Pasalnya, ditemukan...
Hukum
16 Nov 2017 / dibaca 547 kali
MANADO (BK) : Mahasiswi salah satu perguruan tinggi swasta di Manado, sebut saja Gujun (23), mengaku diperkosa oknum dosen, SM alias Sten...
Hukum
14 Nov 2017 / dibaca 49 kali
MANADO (BK) : Pencurian terjadi di Kelurahan Taas Lingkungan III Kecamatan Tikala Kota Manado. Laptop milik Erika Loupatty (18), dibawa kabur...
Hukum
14 Nov 2017 / dibaca 45 kali
MANADO (BK) : Tim Paniki Rimbas 2 Polresta Manado menangkap dua pelaku yang melakukan penganiayaan di Desa Koha Selatan Kecamatan Mandolang...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2017 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.