Hukum

KPPS Minsel Akui Salah Hitung Suara

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 30 May 2019 04:23   2658 kali
Ketua Majelis Sidang Ratna Dewi Pettalolo didampingi Anggota Majelis Sidang Fritz Edward Siregar dan Rahmat Bagja.

JAKARTA (BK): KPU Minahasa Selatan (Minsel) mengakui adanya kesalahan dalam proses penghitungan suara di pemilihan umum (pemilu) 2019.

 

Hal tersebut terungkap dari kesaksian anggota KPPS pada sidang lanjutan di Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Jalan Thamrin Jakarta, Rabu (29/5/2019).

 

Sidang dipimpin Ketua Majelis Hakim, Ratna Dewi Pettalolo didampingi Rahmat Badja, dan Fritz Edward Siregar.

 

Akibat kesalahan yang dilakukan KPPS Minsel membuat adanya perbedaan antara formulir C1, DA1 dan DAA1 berbeda jumlahnya. Oleh karena itulah, kata kuasa hukum pelapor, Oktavianus Rasubala, kesalahan proses tersebut menyebabkan dugaan pengelembungan suara pada calon anggota dewan tertentu.

 

Pada sidang pemeriksaan saksi itu, pihak pelapor menghadirkan saksi ahli bernama Margarito Kamis. Sidang lanjutan akan dilaksanakan pada Jumat pekan ini untuk mendengar kesimpulan majelis hakim.

 

Menanggapi kesalahan dari pihak KPPS, Sultan Zulkarnaen selaku Pengurus DPD Partai Golkar Provinsi Sulut, menilai perlu diadakannya penghitungan ulang suara di Minsel. "KPU Minsel sudah mengakui adanya kesalahan, sehingga seharusnya diadakan penghitungan ulang dengan membuka kotak suara dan menghitung C1 Plano diseluruh TPS yg ada di Minsel," ujarnya.

 

Politisi asal Bolaang Mongondow Selatan, itu juga menambahkan masih ada kemungkinan terjadinya kecurangan yang terstruktur, sistematis, dan masif. "Apabila ada human error di anggota KPPS dalam proses input, seharusnya terjadi di beberapa TPS saja. Namun ini terjadi hampir di seluruh TPS dan merugikan satu pihak saja," ungkap Sultan Zulkarnaen.

 

(jerman/bk-1)

 

Komentar ()
Berita Hukum
Hukum
12 Jul 2019 / dibaca 177 kali
MANADO (BK) : 3 orang nelayan dilaporkan hilang di perairan Belang, Kabupaten Minahasa Tenggara.     Ketiga nelayan...
Hukum
11 Jul 2019 / dibaca 164 kali
MANADO (BK) : Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto melepas 160 personil Polri di Polda Sulut yang memasuki masa purna...
Hukum
11 Jul 2019 / dibaca 120 kali
MANADO (BK) : Polda Sulawesi Utara memberikan penghargaan kepada 4 warga atas kontribusinya membantu tugas-tugas kepolisian. Pemberian...
Hukum
11 Jul 2019 / dibaca 114 kali
MANADO (BK) : Upacara peringatan Hari Bhayangkara ke 73 di Polda Sulawesi Utara (Sulut) berlangsung dengan khidmat dan lancar. Seluruh...
Hukum
11 Jul 2019 / dibaca 110 kali
MANADO (BK) : Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey memberikan penghargaan atas kerja keras, pengabdian, pengorbanan dan perjuangan tanpa...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.