Hukum

Kumtua Ini Dilaporkan Selewengkan Dana Desa, Ini Bantahannya

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 25 June 2019 16:04   315 kali
(Ilustrasi)
 
 
 
 
MANADO (BK) : Hukum Tua (Kumtua) Desa Ponto, Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Woody Pangkey, dilaporkan perangkat desanya atas dugaan penyelewengan pengelolaan Anggaran Dana Desa (ADD) sebesar Rp244.976.443.
 
 
Dalam laporan di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polresta Manado, 4 Juni 2019 lalu, disebutkan ada beberapa kegiatan pekerjaan yang belum terealisasi di tahun 2018.
 
 
Kasus ini dilaporkan perwakilan Badan Permusyawaratan Desa Ponto, Adrince Kunia. Adrince juga menyertakan dokumen-dokumen dari item kegiatan serta jumlah anggarannya.
 
 
Tuduhan itu kemudian dibantah oleh terlapor. Menurutnya, tidak ada indikasi dugaan penyimpangan dana desa seperti yang dilaporkan.
 
 
“Itu tidak benar, pengelolaan dana desa di tahun 2018 sudah direalisasikan ke proyek desa,” bantah Woody Pangkey.
 
 
Menurutnya, laporan dari pelapor yang juga Wakil Ketua BPD Desa Ponto itu, hanya mengada-ada. “Saya rasa statementnya hanya didengar dari orang per orang saja dan tidak mempunyai bukti,” tukas Pangkey.
 
 
Pangkey menambahkan, dana ratusan juta itu telah terserap dan direalisasikan ke beberapa item program desa. Salah satu program yang menyerap anggaran besar adalah proyek pembangunan fasilitas publik seperti jalan paving. Tapi, pekerjaan yang telah selesai itu, malah dilaporkan tidak dilaksanakan.
 
 
Pangkey mengatakan, sangat memiriskan jika dana ratusan juta tidak dikerjakan oleh pihaknya. Karena, anggaran dana desa memang diperuntukan untuk kegiatan yang bersentuhan langsung dengan publik.
 
 
Menurutnya, jika nantinya ada kesalahan dalam pekerjaan, itu nantinya dihitung oleh pihak-pihak yang berkepentingan sebagai kerugian negara. Untuk itu dia menambahkan, yang dilaporkan bawahannya itu 100 persen tidak benar.
 
 
“Hal ini sudah mencemarkan nama baik saya. Karena itu saya akan melaporkan balik,” tutup Pangkey.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Hukum
Hukum
22 Sep 2019 / dibaca 197 kali
MANADO (BK) : Bea Cukai Manado menuai sorotan. Instansi kepabeanan itu diduga melakukan tebang pilih penanganan kasus pita cukai palsu...
Hukum
19 Sep 2019 / dibaca 616 kali
MANADO (BK) : Sulawesi Utara (Sulut) bakal ketambahan 6 Kepolisian Resor (Polres) tipe Polres. 4 diantaranya berada di wilayah Bolaang...
Hukum
19 Sep 2019 / dibaca 97 kali
JAKARTA (BK): Menpora Imam Nahrawi menjadi tersangka kasus suap dana hibah KONI. Imam baru saja mengundurkan diri dari posisinya....
Hukum
18 Sep 2019 / dibaca 85 kali
JAKARTA (BK):  KPK menetapkan Menpora Imam Nahrawi sebagai tersangka kasus suap terkait dana hibah KONI. Selain terkait dana hibah KONI,...
Hukum
18 Sep 2019 / dibaca 138 kali
MANADO (BK) : Kasus penyerobotan tanah di Kotamobagu yang dilaporkan oleh Ing Mokoginta dan Sientje Mokoginta ke Polda Sulut, menuai...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.