Hukum

Kurir Bawa 40 Paket Sabu Tertangkap Satres Narkoba Polresta Manado

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 09 November 2021 15:05   403 kali
MANADO (BK) : Satuan Reserse Narkoba Polresta Manado menggagalkan peredaran 40 paket narkoba jenis sabu di wilayah Manado dengan menangkap seorang kurir.
 
Kurir tersebut berinisial CGL (21), warga di salah satu kelurahan di Kecamatan Wanea, Kota Manado. Ia ditangkap di Jalan Tololiu Supit, Kelurahan Teling Atas, Kecamatan Wanea, Jumat (5/11/2021) sekira pukul 03.40 WITA.
 
Sejumlah barang bukti berhasil diamankan berupa 40 paket kecil dugaan narkotika golongan I jenis sabu, 2 buah tas selempang warna hitam, tas kecil warna merah muda dan biru, 1 buah dos alat timbangan merek CAMRY.
 
Kemudian 1 buah pembungkus rokok Surya, 13 sedotan kecil plastik bening, 3 buah sedotan plastik warna putih, 1 buah penutup botol plastik warna biru, 4 buah korek api gas, 1 buah pipet kaca, 27 saset plastik kecil bening kosong, dan handphone android.
 
"Ditangkap berdasarkan informasi masyarakat," ujar Kapolresta Manado Kombes Pol Elvianus Laoli pada Jumpa Pers di halaman belakang Mapolresta Manado, Selasa (9/11/2021).
 
Kapolresta yang didampingi Kasatres Narkoba AKP Sugeng Wahyudi Santoso mengatakan dari informasi tersebut, anggotanya melakukan penyelidikan sejak Kamis sore. Namun penyelidikan baru membuahkan hasil menjelang Jumat dinihari.
 
Seorang lelaki dengan gerak-gerik mencurigakan berdiri di parkiran salah satu minimarket di Jalan Tololiu Supit. Saat digeledah ditemukan 5 paket kecil sabu yang terbungkus dalam plastik bening yang dilapis dengan lakban warna hitam.
 
"Paket sabu itu disimpannya dalam pembungkus rokok Surya," kata Laoli.
 
Pengembangan pun dilanjutkan ke rumah lelaki yang diketahui berinisial CGL tersebut di salah satu perumahan di Desa Sawangan, Kecamatan Tombulu, Minahasa dan berhasil mendapatkan 35 paket lagi yang di dalam di tas gendong yang disimpan dalam lemari pakaian.
 
Dari keterangannya diperoleh lima paket yang dibawanya adalah pesanan temannya berinisial S. "Temannya ini sudah kami masukkan dalam daftar pencarian orang (DPO)," lanjut Kapolresta.
 
Kapolresta Manado menambahkan CGL yang kini telah ditetapkan sebagai tersangka bertindak sebagai kurir. Dia mendapatkan paketan sabu tersebut dari seseorang yang berinisial F alias K.
 
"K ini juga sudah kami tetapkan dalam daftar pencarian orang," ujarnya.
 
Kapolresta kemudian menyebut tersangka akan dikenakan Pasal 114 Ayat (1) UU RI No. 35 Thn 2009 Tentang Narkotika. "Ancaman hukumannya pidana penjara seumur hidup atau paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun dan pidana denda paling sedikit Rp1 milliar dan paling banyak Rp10 miliar," terangnya.
 
Sedangkan Kasatres Narkoba, AKP Sugeng Wahyudi Santoso mengingatkan kepada masyarakat terutama anak muda untuk tidak terjerat dan menjauhi narkoba.
 
"Apabila ada informasi tentang adanya tindak pidana narkoba supaya bisa menghubungi pihak kepolisian untuk bisa segera ditindaklanjuti," ungkapnya.
 
Sementara CGL dalam keterangannya mengaku menjadi kurir sabu karena tergiur keuntungan yang besar. "Apalagi saat ini saya tidak punya pekerjaan," tuturnya.
 
Editor: Asrar Yusuf
Komentar ()
Berita Hukum
Hukum
05 Nov 2022 / dibaca 366 kali
MANADO (BK) : Burhan Sahrup (34), dilaporkan hilang di perairan Laut Sulawesi. Nelayan asal Kelurahan Taas, Kecamatan Tikala Kota Manado ini...
Hukum
03 Nov 2022 / dibaca 342 kali
MANADO (BK) : Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polresta Manado terus menunjukkan konsistensinya dalam upaya memberantas peredaran narkoba di...
Hukum
28 Oct 2022 / dibaca 370 kali
MANADO (BK) : Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Setyo Budiyanto melakukan pengecekan di Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM...
Hukum
28 Oct 2022 / dibaca 335 kali
MANADO (BK) : Polda Sulawesi Utara (Sulut) menggelar upacara bendera memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022, pada Jumat (28/10)...
Hukum
27 Oct 2022 / dibaca 423 kali
MANADO (BK) : Sebuah video beredar di media sosial yang memperlihatkan seorang pria menikam pria lainnya di jalan raya. Pria yang menjadi...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2023 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.