Hukum

Lantamal VIII Manado Gelar Apel Kesiapan Pasukan Pengamanan Pemilu

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 04 February 2019 20:05   317 kali
Wadanlantamal VIII Manado, Kolonel Marinir Edy Juardi memimpin apel kesiapan latihan Pengamanan Pemilu. (foto : acha)
MANADO (BK) : Apel gelar kesiapan latihan pengamanan Pemilihan Umum Legislatif dan Presiden di Wilayah Sulawesi Utara (Sulut), digelar di halaman Mako Lantamal VIII Manado, Senin (4/2/2019) pagi.
 
 
Wadanlantamal VIII Manado, Kolonel Marinir Edy Juardi memimpin apel yang dilaksanakan secara serentak di bawah Komando Armada (Koarmada) II Surabaya. Sedangkan Mayor Laut (P) Lexy Dumais bertindak sebagai komandan upacara.
 
 
Edy Juardi yang membacakan amanat Danlantamal VIII, Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta mengatakan apel gelar kesiapan ini dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana dan prasarana Lantamal VIII bersama unsur terkait dalam rangka menyukseskan Pemilu.
 
 
“Diharapkan semua perencanaan yang telah dipersiapkan dapat berjalan optimal, mengingat arti penting dan strategisnya Pemilu bagi keberlangsungan kepemimpinan nasional, pemerintah dan pembangunan dalam mencapai tujuan negara, ” ujar Juardi.
 
 
“Pada konteks inilah peran TNI dalam perbantuan kepada Polri, bertanggung jawab untuk mengawal, menjaga dan mengamankan penyelenggaraan pemilu 2019,” ungkapnya.
 
 
 
 
Pasukan TNI AL Lantamal VIII Manado. (foto : acha)
 
 
Juardi mengatakan, dengan adanya manajemen pengamanan yang terpadu dan komprehensif, mengerahkan sumber daya yang ada, serta memperkokoh kerjasama sinergis dengan penyelenggara pemilu, masyarakat dan mitra keamanan lainnya, bisa didapatkan pesta demokrasi yang berjalan aman, jujur, adil dan demokratis. 
 
 
Pada pelaksanaan pemilu, lanjut Juardi, terdapat berbagai potensi kerawanan, yang memerlukan perhatian serius untuk diantisipasi sejak dini dengan dukungan data dan kegiatan intelijen, sehingga perlu mengedepankan kegiatan dan tindakan preventif. Ini dimaksudkan agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata yang dapat mengganggu dan menghambat penyelenggaraan pemilu 2019.
 
 
“Untuk itu saya memerintahkan kepada seluruh prajurit Lantamal VIII beserta jajaran agar terus meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan satuannya untuk mengawal dan mengamankan setiap tahapan pemilu, serta berupaya mewujudkan terciptanya situasi yang kondusif agar dapat memberikan rasa aman serta menjamin masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya sesuai hati nuraninya,” jelas Juardi lagi.
 
 
Mantan Asisten Operasi Komandan Korps Marinir (Asops Dankormar) ini juga menyampaikan beberapa arahan kepada para prajurit dalam menjalankan tugas pelaksanaan pengamanan pemilu, diantaranya adalah :
 
 
- Siapkan fisik dan mental dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi serta tetap menjaga netralitas dengan tidak memihak kelompok tertentu.
 
 
-   Tingkatkan kewaspadaan terhadap potensi ancaman demo anarkis dan kerusuhan sosial serta laksanakan deteksi dini dengan mengoptimalkan fungsi intelijen untuk mengetahui dinamika dan fenomena yang berkembang di masyarakat.
 
 
- Siapkan rencana pengamanan serta latih kemampuan personel sehingga mampu menghadapi eskalasi ancaman serta lakukan pengawasan dan pengendalian secara melekat terhadap pelaksanaan kegiatan untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan di lapangan.
 
 
Apel gelar kesiapan latihan pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden ini ditutup dengan simulasi.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Hukum
Hukum
24 Jan 2019 / dibaca 376 kali
MANADO (BK) : 2 rumah di Kelurahan Wanea Lingkungan V Kecamatan Wanea, Kota Manado, terbakar Kamis (24/1/2019) siang, sekitar pukul 12.40...
Hukum
24 Jan 2019 / dibaca 1330 kali
MANADO (BK) : Pencurian meteran air di gudang PT Air Manado, akhirnya terungkap. Tim Buser Polsek Tikala menangkap 3 karyawan di perusahaan...
Hukum
24 Jan 2019 / dibaca 165 kali
JAKARTA (BK): Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di ambang menghirup udara kebebasan, Kamis (24/1/2019). Setelah hampir dua tahun...
Hukum
22 Jan 2019 / dibaca 130 kali
MANADO (BK) : Rian Poli (25), warga Kelurahan Pineleng Satu, Kecamatan  Pineleng, Kabupaten Minahasa, mengaku terintimidasi. Selama 1...
Hukum
22 Jan 2019 / dibaca 2431 kali
MANADO (BK) : Aldi Toladja (23), lagi bernasib sial. Pengendara ojek online ini menjadi korban pencurian di depan Cafe Bluetooth, Kelurahan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.