Hukum

Polresta Manado Amankan Truk Tangki Bermuatan Solar Diduga Ilegal

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 03 December 2019 23:57   761 kali
Truk tangki yang diamankan Polresta Manado karena diduga melakukan penimbunan solar bersubsidi. (foto: ist)
 
 
 
 
MANADO (BK) : Polresta Manado mengamankan sebuah mobil truk tangki di Jalan Ringroad, Kelurahan Winangun I, Kecamatan Malalayang Kota Manado. Penangkapan ini menindaklanjuti maraknya kabar penimbunan BBM bersubsidi jenis solar.
 
 
“Benar ada truk tangki yang diamankan oleh Tim Resmob, Sabtu dinihari kemarin,” ujar Kasat Reskrim Polresta Manado AKP Thommy Aruan saat dikonfirmasi media, Selasa (3/12/2019).
 
 
Aruan mengatakan, dalam beberapa waktu belakangan ini memang sering terjadi kelangkaan solar. Masyarakat selalu mendapati SPBU yang kehabisan stok BBM bersubsidi itu.
 
 
Berdasarkan pengeluhan masyarakat ini kemudian ditindaklanjuti. Kasat Reskrim mensinyalir adanya mafia BBM yang bermain di setiap SPBU. “Kami meningkatkan pengawasan dengan melakukan patroli di setiap SPBU,” terang Aruan.
 
 
Upaya itu, lanjutnya membuahkan hasil. Saat anggotanya (Tim Resmob) akan melakukan pengawasan ke salah satu SPBU di Jalan Ringroad, berpapasan dengan sebuah mobil truk tangki berwarna hijau bernopol DB 8550 AS, yang diduga kuat menampung solar bersubsidi.
 
 
Truk yang disopiri oleh pria berinisial RCT alias Rafly (32), warga Desa Kaima, Jaga I, Kecamatan Romboken, Kabupaten Minahasa itu langsung diberhentikan untuk digeledah. Hasilnya, di dalam tangki berisi solar berjumlah 2700 liter.
 
 
“Karena sopirnya tidak bisa menunjukkan surat-surat dan ijin pengangkutan BBM, terpaksa truk itu diamankan ke Mapolresta Manado,” tandas Aruan lagi.
 
 
Sekadar diketahui, solar di SPBU memang sering menjadi sasaran mafia BBM karena harga jual di bawah karena bersubsidi. Solar tersebut kemudian dijual lagi dengan harga industri.
 
 
Sementara untuk menimbun solar bersubsidi tersebut dilakukan dengan berbagai macam cara. Seperti pada penangkapan sebelumnya, penimbunan solar dilakukan dengan menggunakan berbagai macam mobil.
 
 
Ada yang memperbesar tangki penampungan atau menambah tangki berkapasitas besar di dalam mobil. Ada juga yang bolak-balik melakukan pengisian di sejumlah SPBU.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Hukum
Hukum
01 Sep 2021 / dibaca 239 kali
MANADO (BK) : Korem 131/Santiago menyalurkan 15 ton beras bantuan sosial (bansos) dari Presiden RI kepada masyarakat di Provinsi Sulawesi...
Hukum
30 Aug 2021 / dibaca 179 kali
MANADO (BK) : Tim Patroli Rayon Singkil Polresta Manado secara tidak sengaja berhasil mengamankan seorang pria berinisial JP alias Kipli (32)...
Hukum
29 Aug 2021 / dibaca 206 kali
MANADO (BK) : Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana meminta mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado agar mau divaksin. Menurutnya,...
Hukum
12 Jul 2021 / dibaca 263 kali
Barang bukti pil koplo yang diamankan Satresnarkoba Polresta Manado. (foto: istimewa)       MANADO (BK) :...
Hukum
12 Jul 2021 / dibaca 1153 kali
MANADO (BK) :  Timsus Maleo Polda Sulawesi Utara berhasil mengamankan seorang youtuber yang di duga telah melakukan pelecehan seksual...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.