Hukum

Serahkan Pataka Sarwa Bhrata Eka, Wakapolri Kukuhkan Polda Sulut Tipe A

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 22 August 2016 17:44   795 kali
Pataka Sarwa Bhrata Eka (Bintang Dua) diserahkan Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan kepada Kapolda Sulut Irjen Pol Wilmar Marpaung. (foto:humaspoldasul
MANADO (BK): Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Pol Budi Gunawan mengukuhkan Polda Sulut menjadi Tipe A. Pengukuhan ditandai dengan penyerahan Pataka Polda Sulut Sarwa Bhrata Eka (Bintang Dua) kepada Kapolda Sulut, Inspektur Jenderal Polisi Wilmar Marpaung, pada upacara di halaman Mapolda Sulut, Senin (22/8/2016).
 
Wakapolri menjelaskan, kenaikan tipe A Polda Sulut dilatarbelakangi perkembangan kondisi lingkungan strategis serta untuk memenuhi harapan dan keinginan masyarakat Sulut agar kinerja Polda Sulut dan jajaran semakin profesional, modern dan dipercaya masyarakat.
 
"Ada beberapa parameter peningkatan Polda Sulut ke tipe A yaitu berdasarkan aspek geografis, dimana Sulut terletak di ujung utara NKRI yang berperan sebagai pembatas antara Indonesia dan Pilipina, yang memiliki 11 pulau terluar," ujar Komjen Budi Gunawan.
 
Katanya, berdasarkan aspek demografi, laju pertambahan penduduk yang semakin tinggi, maka diperlukan penambahan personil Polri untuk memenuhi rasio perbandingan polisi dan masyarakat. Juga aspek perekonomian, dimana adanya kebijakan percepatan pembangunan infrastruktur perdagangan, transportasi dan telekomunikasi.
 
"Semuanya berdampak pada peningkatan terjadinya dimensi kejahatan di bidang ekonomi," kata dia.
 
Selain itu, aspek keamanan juga sangat berperan penting, dimana Sulut sangat rentan terjadi berbagai jenis kejahatan konvensional, transnasional, kejahatan yang merugikan kekayaan negara serta kejahatan yang berpotensi kontijensi. Aspek lain yang mendasar adalah aspek tata kelola pemerintahan, dimana terdapat pemekaran 4 kota dan 11 kabupaten.
 
“Dengan peningkatan tipe Polda Sulut, dituntut adanya peningkatan kinerja dan pelayanan Polda Sulut dan jajaran untuk menjadi lebih baik, lebih mudah dan lebih cepat untuk diakses oleh masyarakat,” tandas Wakapolri.
 
“Peningkatan tipe harus juga disertai dengan kesiapan seluruh jajaran Polda Sulut dalam menghadapi berbagai ancaman dan tantangan tugas kedepan yang semakin berat dan kompleks seperti meningkatnya tindak pidana perompakan, human traffiking, narkoba, terorisme, illegal fishing, penyelundupan orang dan kejahatan transnasional lainnya,” jelasnya.
 
Wakapolri berpesan, soliditas seluruh jajaran Polda Sulut harus ditingkatkan, dengan melaksanakan dan mengoptimalkan program prioritas Kapolri yaitu Promoter.
 
"Segera tuntaskan kasus-kasus yang menonjol yang menyita perhatian masyarakat, dukung dan kawal kebijakan-kebijakan ekonomi pemerintah, tingkatkan sinergitas polisionil yang baik antara Polri dan jajaran pamerintah daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama dan seluruh elemen masyarakat serta implementasikan program polisi sebagai penggerak revolusi mental dan tertib sosial di ruang publik," pungkasnya.
 
Upacara pengukuhan Polda Sulut menjadi tipe A ini diikuti oleh seluruh personil Mapolda Sulut serta dihadiri Gubernur Sulut Olly Dondokambey, jajaran Forkopimda Sulut dan Kabupaten/Kota, beberapa pejabat utama Mabes Polri, para pejabat utama Polda Sulut serta para tamu undangan.
 
(humaspoldasulut/bk-8)
Komentar ()
Berita Hukum
Hukum
11 Jan 2020 / dibaca 471 kali
MANADO (BK) : Tiga orang pemuda mengalami kecelakaan di ruas jalan Daan Mogot, Kelurahan Tikala Baru, Kecamatan Tikala, Kota Manado. Motor...
Hukum
10 Jan 2020 / dibaca 5947 kali
JAKARTA (BK) : Setelah menjalani kurun waktu 3 bulan persidangan, Rabu 8 Januari 2020 kemarin akhirnya Pengadilan Negeri Jakarta Pusat...
Hukum
09 Jan 2020 / dibaca 252 kali
Kapolsek Pineleng, Iptu Shirley Mangelep bersama Danramil 1309-04/Pineleng, Mayor Inf Alex Musak pada penanaman pohon di lingkungan Polsek...
Hukum
09 Jan 2020 / dibaca 155 kali
MANADO (BK) : Seorang pekerja bangunan ditemukan tewas dalam kamar kostnya di Kelurahan Paniki Bawah, Lingkungan I, Kecamatan Mapanget Kota...
Hukum
08 Jan 2020 / dibaca 207 kali
JAKARTA (BK): Salah satu Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) terjaring operasi tangkap tangan (OTT). OTT dikabarkan digelar di Bandara...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.