Hukum

Setelah Kadis Diperiksa, KPK Panggil Bupati Minsel

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 26 June 2019 13:54   2411 kali
Christiany Eugenia Paruntu

JAKARTA (BK): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu terkait kasus dugaan suap anggota DPR Bowo Sidik Pangarso. Dia dipanggil sebagai saksi untuk tersangka Indung.

 

"Dipanggil sebagai saksi untuk tersangka IND (Indung)," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, Rabu (26/6/2019).

 

KPK belum menjelaskan apa yang akan didalami dari Christiany. Ini pertama kalinya Christiany dipanggil sebagai saksi di kasus Bowo.

 

Sebelum memanggil Christiany, KPK telah memeriksa Kepala Dinas (Kadis) Perdagangan Minahasa Selatan Adrian Sumuweng sebagai saksi untuk Indung pada Selasa (25/6/2019). Adrian dicecar soal duit yang diduga dikumpulkan Bowo Sidik.

 

Bowo Sidik ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi. Bowo diduga menerima duit dari Marketing Manager PT Humpuss Transportasi Kimia (HTK) Asty Winasti, yang juga telah jadi tersangka, lewat Indung.

 

KPK menduga Bowo menerima suap sekitar Rp 1,6 miliar dari Asty. Uang itu diduga diberikan agar Bowo membantu PT HTK mendapat perjanjian penggunaan kapal-kapalnya untuk distribusi pupuk dari PT Pupuk Indonesia Logistik.
 

Selain dugaan suap, Bowo diduga menerima gratifikasi sekitar Rp 6,5 miliar. Terkait dugaan gratifikasi ini KPK juga pernah menggeledah ruang kerja Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan menyita sejumlah dokumen dari sana, termasuk dokumen terkait Permendag tentang gula rafinasi.

 

(dtc/bk-1)

 

Komentar ()
Berita Hukum
Hukum
04 Dec 2019 / dibaca 175 kali
CIANJUR (BK) : Jaksa Agung RI, ST Burhanuddin mengingatkan agar arah kebijakan Kejaksaan harus searah dan selaras dengan visi-misi...
Hukum
04 Dec 2019 / dibaca 117 kali
CIANJUR (BK): Polres Cianjur menetapkan GT, pengelola tambang pasir galian C milik PT Triadi, sebagai tersangka yang mengakibatkan seorang...
Hukum
03 Dec 2019 / dibaca 315 kali
Truk tangki yang diamankan Polresta Manado karena diduga melakukan penimbunan solar bersubsidi. (foto: ist)      ...
Hukum
03 Dec 2019 / dibaca 101 kali
Wadanlantamal VIII, Kolonel Laut (P) Johanes Djanarko Wibowo mendampingi Kapus BMN Baranahan Kementerian Pertahanan Brigjen TNI Marrahmat pada...
Hukum
01 Dec 2019 / dibaca 300 kali
MANADO (BK) : Tim Anti Bandit Polsek Tikala berhasil mengamankan pria berinisial CK alias Calvin (25), pelaku pembunuhan karyawan SPBU Paal...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.