Hukum

Simanjuntak akan Lapor Bank Sulut ke Gubernur BI dan Menkeu

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 05 January 2018 19:49   560 kali

MANADO (BK): A. Simanjuntak akan melaporkan Bank Sulut-Gorontalo kepada Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan (Menkeu) di Jakarta, OJK Jakarta dan Manado, Gubernur Sulut, dan Gorontalo sehubungan dengan kinerja tidak professional sehingga merugikan nasabah.

 

Hal tersebut dikatakan Simanjuntak kepada beritakawanua.com melalui handphone, pada Jumat (5/1/2018) malam.

 

“Semestinya permintaan maaf dilakukan secara berturut-turut selama tujuh hari di Koran yang sudah ditentukan. Akan tetapi, hal itu tidak dilakukan sepenuhnya. Kan, sudah ada kesepakatan dalam anmaning  di hadapan Ketua Pengadialan akan memuat permohonan maaf sesuai putusan. Bank Sulut akan memberikan lapoiran dan bukti Koran yang memuat permintaan maaf tersebut kepada Ketua Pengadilan dan tembusan kepada pemohon eksekusi,” jelas Simanjuntak yang juga pengacara.

 

Ceritanya kasus tersebut bermula, A Simanjuntak dan istrinya, Sjultje Raturandang merupakan nasabah Bank Mandiri.

 

Selain itu, sebagai PNS, Sjultje juga nasabah Bank Sulut karena gajinya disalurkan lewat Bank Sulut.

 

Keduanya mengajukan KPR ke Bank Mandiri pada 25 September 2006 dan permohonan kredit lancar sehingga rumah tersebut ditempati keduanya.

 

Masalah mulai timbul saat A Simanjuntak akan merenovasi rumah tersebut pada Maret 2010. Sebab saat mengajukan penambahan kredit (top up) ke Bank Mandiri, permohonannya ditolak Bank Mandiri. Dalam pemberitahuannya, Bank Mandiri menolak atas informasi dari BI jika dirinya masuk daftar hitam.

 

A Simanjuntak pun kaget. Lantas ditelusurilah mengapa dia mendapat black list tersebut. Selidik punya selidik, Bank Sulut melakukan kesalahan yaitu pembayaran angsuran pertama pada September 2008 belum dipotong dari gaji Sjultje. Padahal setelah angsuran pertama, pemotongan gaji berjalan mulus.

 

Atas hal itu, A Simanjuntak tidak terima dan meminta Bank Sulut memutihkan lagi namanya. Tapi karena cara kekeluargaan menemui jalan buntu, A Simanjuntak pun mengajukan gugatan ke pengadilan.

 


Dalam gugutannya, A Simanjuntak menggugat Bank Sulut sebesar Rp 150 juta dan permohonan maaf di media massa. Gayung bersambut. Pengadilan Negeri (PN) Manado mengabulkan permohonan dengan amar menghukum tergugat (Bank) Sulut untuk memuat permohonan maaf kepada penggugat selama 7 hari berturut-turut atau pengganti kerugian immateril Rp 1 miliar. Media tersebut yaitu Harian Manado Post, Harian Komentar, Harian Media Sulut, Harian Tribun Manado dan Harian Posko.

 

Selain itu, Bank Sulut juga diwajibkan memulihkan nama baik A Simanjuntak di Bank Indonesia. Putusan itu lalu dikuatkan oleh Pengadilan Tinggi (PT) Manado pada 20 April 2012.

 

Atas vonis itu, baik Bank Sulut mengajukan kasasi. Apa kata MA?

 

"Menolak permohonan kasasi dari PT Bank Sulut Pusat, cq PT Bank Sulut Utama, cq PT Bank Sulut Cabang Calaca," putus majelis hakim kasasi seperti dilansir website MA, Rabu (20/8/2014).

 

Duduk sebagai ketua majelis Dr Abdurrahman dengan anggota Syamsul Maarif dan Dr Habibburahman. Ketiganya menilai tindakan Bank Sulut yang tidak memotong gaji Sjultje untuk membayar cicilan atas utang Sjultje ke Bank Sulut--sedangkan Sjultje telah memberikan kuasa untuk melakukan pemotongan gaji Sjultje--adalah merupakan perbutan melawan hukum.

 

"Karena akibat kelalaian tergugat menimbulkan kerugian bagi penggugat yaitu tercatatnya Penggugat di Bank Indonesia sebagai debitur Tergugat yang gagal bayar sehingga permohonan fasilitas kredit yang diajukan oleh Penggugat kepada Turut Tergugat (Bank Mandiri) ditolak," ujar majelis secara bulat pada 31 Juli 2013 lalu.
 

(dtc/bk-1)

 

Komentar ()
Berita Hukum
Hukum
09 Jan 2018 / dibaca 211 kali
JAKARTA (BK): Tim Satuan Tugas (Satgas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membantu jajaran Polri menangkap mantan Kadis Tata Kota Pemkot...
Hukum
09 Jan 2018 / dibaca 306 kali
MANADO (BK) : Tim Paniki Polresta Manado meringkus pelaku pengeroyokan anggota polisi bernama Aiptu Katijo di Karpet Biru Mapanget. Ketiga...
Hukum
09 Jan 2018 / dibaca 173 kali
MANADO (BK) : Residivis kasus pencurian, KT  alias Kiki (29), terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas karena berupaya kabur pada...
Hukum
09 Jan 2018 / dibaca 138 kali
JAKARTA (BK): Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey memenuhi panggilan KPK sebagai saksi kasus korupsi proyek e-KTP. Olly Dondokambey akan...
Hukum
08 Jan 2018 / dibaca 67 kali
MANADO (BK) : Ali Sangkilang (52), warga Desa Tiwoho Jaga III Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara, ditemukan tak bernyawa di perkebunan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.