Hukum

Tak Kapok Mencuri, Spesialis Curanik ini Ditembak

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 18 January 2018 00:12   559 kali
JL alias Joy, Residivis Curanik. (foto : ist)
MANADO (BK) : Residivis kasus pencurian, JL alias Joy (49) kembali tertangkap. Tim Resmob Polresta Manado meringkusnya di rumah istrinya, Desa Kokole Dua Jaga II Kecamatan Likupang Kabupaten Minahasa Utara, Selasa (16/1/2018) sore kemarin.
 
 
Joy memang sudah tidak asing lagi di mata polisi. Spesialis pencurian rumah kos ini sudah berkali-kali meringkuk  dalam tahanan Polresta Manado.
 
 
Pada penangkapan kali ini, dia kena batunya. Polisi menembak kaki kirinya setelah berusaha melarikan diri karena takut tertangkap.
 
 
Kasubag Humas Polresta Manado, AKP Roly Sahelangi saat dikonfirmasi mengatakan, ada sejumlah laporan polisi tentang pencurian di berbagai rumah kos di Manado. Penyelidikan dilakukan karena beberapa korban sempat melihat aksinya.
 
 
"Anggota mempelajari ciri-ciri pelaku dan melakukan pengembangan di lapangan," ujarnya, Rabu (17/1/2018).
 
 
Barang bukti yang diamankan. (foto : ist)
 
 
Lanjutnya, penyelidikan mulai mengarah ke pelaku karena salah satu aksinya sempat terekam CCTV. Pengejaran pun dilakukan hingga pelaku tertangkap di kampungnya sendiri.
 
 
"Tapi saat pencarian barang bukti pelaku berusaha kabur. Anggota terpaksa melumpuhkannya," terang Sahelangi.
 
 
Modus operandi residivis ini adalah mengincar kamar kos dengan mengambil kesempatan saat penghuni kos sedang mandi atau lupa menutup pintu saat tertidur. Tak jarang pula dia merusak gembok pintu kamar disaat penghuni kos sedang kuliah dan tidak ada di dalam kamar.
 
 
Tercatat berdasarkan hasil interogasi pihak kepolisian, sejak menghirup udara bebas pertengahan tahun 2017 lalu, sudah 20 kali pelaku membobol rumah kos. "Rata-rata TKP-nya di kos-kosan Unsrat dan Politeknik. Ada juga kos-kosan di bagian Karombasan serta di rumah makan ikan bakar," jelas Sahelangi.
 
 
"Sedangkan barang yang diincarnya untuk diambil adalah handphone, laptop, TV serta uang," tambah mantan Kepala SPKT Polresta Manado ini.
 
 
Joy kini telah ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik. Dia pun terancam tindak pidana pencurian pada Pasal 362 dan 363 KUHP dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Hukum
Hukum
18 Jan 2019 / dibaca 150 kali
JAKARTA (BK): Presiden Jokowi berhasil mengambil langkah penting dalam memberantas korupsi. Yakni, membangun system pendukung seperti e...
Hukum
17 Jan 2019 / dibaca 158 kali
MANADO (BK) : Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara (Kejati Sulut) siap memberikan bantuan hukum kepada Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof. dr. RD...
Hukum
14 Jan 2019 / dibaca 983 kali
MANADO (BK) : Niat baik Ridwan Thalib (23), warga Kelurahan Sindulang Satu, Kecamatan Tuminting, malah membawa petaka. Nyawanya nyaris...
Hukum
14 Jan 2019 / dibaca 469 kali
MANADO (BK) : EK alias Erwin (23), terpaksa diamankan oleh Tim Paniki Polresta Manado. Gara-garanya, warga Kelurahan Pinaesaan, Kecamatan...
Hukum
14 Jan 2019 / dibaca 232 kali
MANADO (BK) : Pencurian di SD Negeri 46 Manado, Kelurahan Tumumpa Dua, Lingkungan II, Kecamatan Tuminting, akhirnya terungkap. Aparat...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.