Hukum

Tangkap WNA Asal Finlandia, Polresta Manado Sita 152 Gram Ganja

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 25 June 2021 12:59   385 kali
MANADO (BK) : Satuan Reserse Narkoba Polresta Manado menangkap seorang warga negara asing (WNA) asal Finlandia berinisial JPA (49), di sebuah penginapan di Kelurahan Bunaken Kepulauan, Lingkungan I, Kecamatan Bunaken, Selasa (22/6/2021).
 
 
"Ditangkap karena menyimpan narkotika jenis ganja," ujar Kapolresta Manado Kombes Pol Elvianus Laoli pada konferensi pers di halaman belakang Mapolresta Manado, Jumat (25/6/2021).
 
 
Kapolresta yang didampingi Kasatresnarkoba AKP Sugeng Wahyudi Santoso dan Kasubag Humas Iptu Yusak Parinding mengatakan pengungkapan ini merupakan kerjasama dengan Polsek Bunaken Kepulauan dan pemerintah setempat. Ini setelah adanya informasi masyarakat yang curiga WNA ini selalu melinting daun kering yang diduga ganja.
 
 
 
 
 
Anggota Satresnarkoba kemudian menuju homestay tempat menginap WNA ini dan mendapatinya sedang berada di dalam kamar. "Saat dilakukan penggeledahan berhasil menemukan satu paket plastik besar bening yang diduga berisikan narkotika jenis ganja yang disimpan di dalam sebuah tas kain warna cokelat," terang Laoli.
 
 
Untuk membuktikan paket tersebut adalah ganja, WNA dibawa ke Mapolresta Manado bersama sejumlah barang bukti berupa tas kain warna cokelat, tas kain Holand Bakery, dua celana pendek, kaos oblong putih, satu bungkus kertas dan tembakau merek Manna.
 
 
"Setelah diperiksa, isi satu paket plastik besar itu ternyata ganja seberat 152,06 gram," papar Kapolresta.
 
 
 
 
 
Kapolresta melanjutkan, WNA yang telah 20 tahun tinggal di pulau Bunaken, akan dikenakan Pasal 111 Ayat (1) UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, yaitu setiap orang yang tanpa hak atau melawan hukum menanam, memelihara, memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan Narkotika Golongan 1 dalam bentuk tanaman.
 
 
"Ancaman hukumannya maksimal 12 tahun penjara dan minimal 4 tahun penjara," tandas Laoli.
 
 
"Kami juga sementara menyelidiki dari mana yang bersangkutan mendapatkan ganja tersebut," pungkas Kapolresta Manado.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Hukum
Hukum
01 Sep 2021 / dibaca 238 kali
MANADO (BK) : Korem 131/Santiago menyalurkan 15 ton beras bantuan sosial (bansos) dari Presiden RI kepada masyarakat di Provinsi Sulawesi...
Hukum
30 Aug 2021 / dibaca 178 kali
MANADO (BK) : Tim Patroli Rayon Singkil Polresta Manado secara tidak sengaja berhasil mengamankan seorang pria berinisial JP alias Kipli (32)...
Hukum
29 Aug 2021 / dibaca 205 kali
MANADO (BK) : Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana meminta mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado agar mau divaksin. Menurutnya,...
Hukum
12 Jul 2021 / dibaca 262 kali
Barang bukti pil koplo yang diamankan Satresnarkoba Polresta Manado. (foto: istimewa)       MANADO (BK) :...
Hukum
12 Jul 2021 / dibaca 1152 kali
MANADO (BK) :  Timsus Maleo Polda Sulawesi Utara berhasil mengamankan seorang youtuber yang di duga telah melakukan pelecehan seksual...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.