Hukum

Teluk Manado Mencekam, Kapal MT Pancalima Dibajak Teroris

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 19 July 2018 23:51   520 kali
MANADO (BK) : Suara rentetan tembakan memecah keheningan pagi di Teluk Manado, Kamis (19/7/2018). Tembakan silih berganti itu ternyata berasal dari atas Kapal MT Pancalima.
 
 
Tembakan-tembakan itu kemudian diketahui berasal dari kelompok teroris. Aksi itu terindikasi sebagai tindaklanjut dari serangkaian teroris di laut yang dilakukan sebelumnya.
 
 
Hanya berselang beberapa menit, KRI Badik-623, KRI Diponegoro-365 dan KRI SNU-373 serta Kal Patola-1827 dan Kal Tedung Naga-1825, langsung mengepung Kapal MT Pancalima untuk melakukan penindakan dan penyelamatan Anak Buah Kapal (ABK) MT Pancalima. Tak ketinggalan 2 Sea Reader Kopaska Koarmada II, 1 Helly TNI AL (HS-4204) dan Pesud TNI AL (U-6216) ikut membantu dalam proses evakuasi.
 
 
Operasi itu akhirnya berhasil menumpas kelompok teroris dan berhasil mengambil-alih MT Pancalima. Turn VBSS Sat Kopaska Koarmada II berhasil melaksanakan evakuasi korban ke dermaga, dan kemudian membawanya ke RS. Angkatan Darat Robert Wolter Monginsidi. Sementara para tersangka teroris yang berhasil dilumpuhkan, kemudian diserahkan ke Polres untuk proses lanjut.
 
 
Rupanya, ini merupakan simulasi dari Latihan Kesiapsiagaan Operasional Koarmada II Tahun Anggaran 2018 yang dipusatkan di Teluk Manado, Kawasan Megamas, Sulawesi Utara. Kali ini, latihan rutin yang dilaksanakan setiap tahun, melibatkan 4 unsur KRI, 2 Kal, 2 Sea Reader, 1 Helly TNI AL dan Pesud TNI AL. Kapal MT Pancalima yang dijadikan target teroris diwakilkan oleh KRI Multatuli-561.
 
 
Lantamal VIII Manado yang turut menyukseskan simulasi itu melalui Pomal Lantamal VIII, pada proses pengevakuasian tersangka teroris dari Kapal MT Pancalima untuk diserahkan kepada pihak kepolisian.
 
 
Danlantamal VIII Manado, Laksamana Pertama TNI Ahmadi Heri Purwono mengatakan, latihan ini merupakan mengasah kesiap-siagaan Koarmada II dalam menghadapi ancaman sesungguhnya dari pihak lawan. Tujuannya, Koarmada II mampu mengatasi setiap ancaman yang datang dari laut di wilayah NKRI.
 
 
Hadir dalam kegiatan ini, tersebut, Dirdok Kodiklat TNI Laksma TNI Iwan Isnurwanto, Kabinda Sulut Laksma TNI Heri Jamhari, ST, Danguspurla Koarmada II Laksma TNI Erwin S Aldedharma, Wadan Lantamal VIII Kolonel Mar Budi Purnama SPi, M Agt, Dansatrol Lantamal VIII Manado Kolonel Laut (P) Joko Prijatin, Kabid Ops Bakamla Sulut Letkol Laut (E) Heriwansah, Kasi KPLP Manado Yusak Duyoh serta Pasiops Yonmarhanlan Mayor Marinir Benny.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Hukum
Hukum
23 Mar 2019 / dibaca 58 kali
JAKARTA (BK): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Direktur PT Krakatau Steel. Saat ini identitas...
Hukum
21 Mar 2019 / dibaca 239 kali
MANADO (BK): Kapolda Sulawesi Utara (Sulut), Irjen Pol R Sigid Tri Hardjanto didampingi Wakapolda, Brigjen Pol Karyoto serta para pejabat...
Hukum
20 Mar 2019 / dibaca 575 kali
MANADO (BK) : Seorang pria nekat melompat dari Jembatan Soekarno Manado, Rabu (20/3/2019) pagi. Pria itu akhirnya tewas meski sempat...
Hukum
16 Mar 2019 / dibaca 156 kali
JAKARTA (BK): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Ketua Umum (Ketum) Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muhammad...
Hukum
16 Mar 2019 / dibaca 103 kali
JAKARTA (BK): KPK mengamankan Ketua Umum PPP Romahurmuziy alias Rommy dalam sebuah operasi tangkap tangan (OTT) di Jawa Timur. Ada duit...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.