Hukum

Tradisi Dibalik Sertijab Aster Kasdam XIII/Mdk, Perwira harus Berjiwa Ksatria

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 29 May 2018 03:28   233 kali
Sertijab Aster Kasdam XIII/Mdk. (foto : ist)

MANADO (BK): Mencium Pataka atau panji militer adalah tradisi korps yang harus dilakukan perwira saat alih tugas dan jabatan di lingkungan TNI Angkatan Darat (AD). Di Kodam XIII/Merdeka, disimbolkan dengan mencium Pataka 'Jaya Sakti untuk menanamkan rasa cinta dan bangga sebagai prajurit.

 

Itulah yang disampaikan Panglima Kodam XIII/Merdeka, Mayjen TNI Madsuni pada Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Teritorial (Aster) Kasdam XIII/Merdeka, Kolonel Inf Theo Kawatu kepada Kolonel Kav Abdul Haris, di Aula Ghradika Jaya Sakti, Senin (28/5/2018).

 

"Tradisi Korps ini agar setiap perwira memiliki sifat kesatria, prajurit yang lahir dari rakyat dan digembleng untuk selalu bertindak adil, bijaksana, melindungi rakyat dan keselamatan NKRI, serta senantiasa berpegang teguh pada jiwa Sapta Marga," Mayjen TNI Madsuni dalam amanatnya.

 

Panglima mengatakan, alih tugas dan jabatan di setiap organisasi, termasuk di lingkungan TNI AD adalah hal yang biasa. Di samping untuk penyegaran, pergantian pejabat merupakan wujud regenerasi dan kebutuhan organisasi untuk mengoptimalkan kemampuan dalam mendukung tugas pokok satuan.

 

"Pergantian ini harus dimaknai sebagai kebutuhan dan tuntutan untuk mewujudkan suatu organisasi yang dinamis guna mengikuti perkembangan lingkungan, baik lokal maupun regional," kata Madsuni.

 

Tradisi Korps Perwira Kodam XIII/Merdeka pada hakikatnya merupakan wujud ketulusan hati kita untuk menerima dan melepas pejabat di lingkungan Kodam XIII Merdeka, serta ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas berkat yang telah diberikan kepada Perwira berupa promosi jabatan yang baru di lingkungan TNI AD.

 

Kolonel Inf Theo Kawatu yang mendapat tugas dan jabatan baru sebagai Kasrem 131/Santiago dan Kolonel Kav Abdul Haris yang menggantikannya, kemudian mengikuti prosesi mencium Pataka Jaya Sakti secara bergantian.

 

Hadir pada pelaksanaan Sertijab itu, Irdam XIII/Mdk, Danrem 132/Tadulako, Danrem 133/Nani Wartabone, Danrindam XIII/Mdk, para Staf Ahli, Asisten dan Kabalak Dam XIII/Mdk, LO Angkatan Udara dan Angkatan Laut. Kemudian para Komandan Satuan Jajaran Kodam XIII/ Mdk, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XIII/Mdk beserta pengurus dan para Prajurit dan staf PNS Kodam XIII/Mdk.

 

(acha/bk-8)

Komentar ()
Berita Hukum
Hukum
23 May 2018 / dibaca 377 kali
MANADO (BK) : Fano Pulu (17), warga Kelurahan Banjer Lingkungan IV Kecamatan Tikala Kota Manado, nyaris menjadi korban penusukan. Meski...
Hukum
22 May 2018 / dibaca 225 kali
MANADO (BK) : Banyak pasangan yang sudah menikah mendambakan buah hati dalam kehidupan berumah tangga. Mereka bahkan harus rela menunggu...
Hukum
16 May 2018 / dibaca 374 kali
MANADO (BK) : Aparat kepolisian bertindak cepat dengan penemuan tas koper berwarna hitam di jalan Pierre Tendean (Boulevard), tepatnya dekat...
Hukum
16 May 2018 / dibaca 124 kali
MANADO (BK) : Sebanyak 1.298 liter barang bukti miras jenis cap tikus dimusnahkan di halaman Mako Lantamal VIII Manado, Rabu (16/5/2018)....
Hukum
16 May 2018 / dibaca 1117 kali
MANADO (BK) : Warga Manado dihebohkan dengan sebuah tas koper di jalan Pierre Tendean (Boulevard), tepatnya dekat Patung Wolter Monginsidi,...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.