Internasional

Gubernur Sarundajang: Mimpi Ini akan Jadi Kenyataan

Ditugaskan Presiden Dampingi Dua Menteri ke Cina
Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 27 January 2015 07:58   1264 kali
Gubernur Sulut, Sinyo Harry Sarundajang
BEIJING (BK): "Mimpi ini akan menjadi kenyataan dan dapat diteruskan oleh Gubernur yang akan menggantikan saya untuk pembangunan Sulawesi Utara lebih maju lagi di era kebangkitan pasifik," ungkap Gubernur Dr. S.H. Sarundajang di sela-sela kunjungan kenegaraan di Beijing, Cina, Senin (1/1/2015).
 
Sarundajang mendapat tugas khusus (special envoy) Presiden untuk mendampingi Menteri Koordinator Perekonomian Sofian Djalil dan Menteri Perindustrian Saleh Husin sehubungan dengan misi pengembangan kerjasama bidang ekonomi dengan pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT), di Beijing Cina.
 
Agenda hari ini, Selasa (27/1/2015) delegasi Indonesia akan bertemu dengan Perdana Menteri China Li Keqiang.  Selanjutnya, mengikuti pertemuan kerjasama keuangan antara Presiden Bank Export Import China, China Development Bank dan Bank Indonesia untuk membicarakan implementasi pendanaan pembiayaan bidang perdagangan dan investasi.
 
"Pemerintah China optimis pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Bitung akan segera terealisasi, masuk dalam daftar kerjasama bidang investasi pemerintah RRT dan Republik Indonesia," kata Menteri Koordinator Perekonomian Yang  Jiechi saat pertemuan High Level Economic Dialog RRT-RI di Beijing, China.
 
Asal tahu saja, kunjungan kenegaraan ini merupakan misi tindak lanjut dari pertemuan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dengan Presiden China Xi Jinping pada waktu APEC Leaders akhir 2014 lalu di Beijing.
 
Delegasi dari Republik Indonesia terdiri dari para Pejabat Eselon I dari Menko Perekonomian, Kemenlu, Bappenas, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Bank Indonesia dan Dirut PLN.
 
Sedangkan dari Sulut ikut dampingi Gubernur Sarundajang di RRT, Asisten Perekonomian Setda Sulut, Sanny Parengkuan, Staf Khusus Gubernur Franky Manumpil, dan Shelly Sondakh dari Pokja KEK Sulut. 
 
Rangkaian pertemuan teknis telah dilaksanakan yaitu dengan Kepala Perencanaan dan Reformasi Negara China Xu Shaoshi membahas mengenai pendanaan proyek-proyek pembangunan untuk Republik Indonesia, Menteri Perdagangan China membicarakan bidang perdagangan bilateral kedua Negara.
 
Kemudian pertemuan High Level Economic Dialog RRT-RI, Menko Perekonomian RRT Yang Jiechi dan Menko Perekonomian RI, membahas inisiatif pengembangan ekonomi berkaitan dengan Poros Maritim Presiden RI Joko Widodo yang sejalan dengan Jalur Sutera Maritim yang saat ini dikembangkan Presiden Xi Jinping.
 
Pertemuan membahas perencanaan strategis dalam berbagai bidang peningkatkan hubungan kerjasama bidang perekonomian, kerjasama keuangan, perdagangan, perindustrian, kerjasama infrastruktur dan investasi serta kerjasama luar negeri antarkedua negara RRT dan Indonesia.
 
Saat ini nilai investasi dari RRT ke Indonesia sebesar 5,5 Miliar US Dolar dan dari Indonesia ke RRT 2,5 Miliar US Dolar.
 
Menko Perekonomian Indonesia secara umum membahas mengenai pembangunan proyek-proyek infrastruktur berskala besar di Indonesia; Jalan, Jembatan, Bendungan, Power Plant, Bandara, Pelabuhan laut dan Pembangunan Kawasan Industri.
 
Dalam pertemuan tingkat tinggi ini, Gubernur Sulawesi Utara diminta menjelaskan secara detail progress pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, Pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung, dan Pengembangan Industri-Industri Perikanan, serta Agro-Industri.
 
Gubernur juga menyampaikan proyek-proyek yang siap untuk ditawarkan ke investor, seperti Geothermal di Minahasa, Bolmong, dan Bitung serta Pengembangan Pelabuhan di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Talaud dan Sitaro.
 
Sebelumnya, atas restu dari Menko Perekonomian, Gubernur Sulawesi Utara menandatangani nota kesepahaman dengan Presiden CCCC (China Communication Construction Company Limited) kerja sama pengembangan infrastruktur kawasan industri,  CCCC yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara.
 
(patria)
 
Komentar ()
Berita Internasional
Internasional
15 Feb 2015 / dibaca 1579 kali
JAKARTA (BK): Perdana Menteri Australia, Tony Abbott mengirim surat permohonan ke Pemerintah Indonesia. Isi surat tersebut merupakan...
Internasional
28 Jan 2015 / dibaca 1523 kali
BEIJING (BK): Gubernur Sulawesi Utara, Sinyo Harry Sarundajang (SHS) mempromosikan seluruh potensi daerah Nyiur Melambai ini di hadapan...
Internasional
27 Jan 2015 / dibaca 1265 kali
BEIJING (BK):  "Mimpi ini akan menjadi kenyataan dan dapat diteruskan oleh Gubernur yang akan menggantikan saya untuk pembangunan...
Internasional
22 Oct 2014 / dibaca 1455 kali
NEW YORK (BK) : Penampilan Tim Kesenian Pemkab Minahasa memukau seluruh tamu dan undangan dalam Acara "Minahasa Night" memperingati...
Internasional
17 Oct 2014 / dibaca 1137 kali
NEW YORK (BK) : Vice Konsulat Jenderal RI Bidang Ecomomic Affairs, Chiara Sari menyambut kedatangan Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2017 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.