Internasional

IFJ Kecam Jurnalis VOA Ditahan 6 Jam di China

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 15 August 2018 21:46   131 kali
Koresponden VOA, Yibing Feng (doc : VOA)
WARTAWAN Voice of America (VOA), Yibing Feng, dan pekerja media, Allen Ai ditahan selama enam jam pada hari Senin, 13 Agustus di Jinan, Provinsi Shandong China. Keduanya ditahan ketika berusaha untuk mewawancarai mantan Profesor Sun Wenguang.
 
 
Federasi Jurnalis Internasional (IFJ) kemudian mengecam keras penahanan Yibing dan Allen, serta menyerukan kepada Pemerintah China untuk mengakhiri penindasan terhadap kebebasan berbicara.
 
 
Sun Wenguang (84), secara paksa ditahan selama wawancara televisi dengan layanan mandarin VOA pada awal Agustus. Setelah wawancara, Sun ditahan oleh polisi di sebuah hotel yang dikelola militer di Jinan.
 
 
Pada hari Senin, Feng dan Ai pergi ke apartemen Sun untuk mewawancarainya tentang penangkapannya. Mereka berbicara dengan Sun melalui pintu apartemennya yang tertutup. Polisi berada di gedung apartemen dan mencoba menghentikan wawancara, dan kemudian menahan staf VOA.
 
 
Feng dan Ai ditahan secara terpisah, dan dibawa ke lokasi berbeda. Feng diadakan di kampus universitas dan dirilis pada hari Selasa, 14 Agustus.
 
 
Dalam email kepada editornya, Feng mengatakan bahwa ponselnya hancur selama penahanannya. Ai didorong ke pinggiran kota, sebelum dibebaskan pada Selasa pagi. Dia mengatakan bahwa peralatannya telah dipindai dan diunduh sebelum dia dibebaskan.
 
 
IFJ dalam rilisnya menyatakan tindakan keras terhadap kebebasan berbicara di Tiongkok adalah upaya terang-terangan untuk membungkam suara-suara kritis, dan upaya pemerintah untuk mengendalikan informasi.
 
 
"Sungguh memalukan bahwa dua wartawan ditahan dan ditahan, tanpa biaya, karena hanya melakukan pekerjaan mereka. Pemerintah di China benar-benar mengabaikan peran media, melanggar Konstitusi Tiongkok”.
 
 
(bk-8)
Komentar ()
Berita Internasional
Internasional
04 Jun 2016 / dibaca 1030 kali
JAKARTA (BK) : Do you want to spend time in a group setting, in an atmosphere of exotic beauty of the middle east for 12 consecutive day? We...
Internasional
04 May 2016 / dibaca 1033 kali
MANADO (BK): Julian Philip, anak buah kapal Brahma 12 yang ditawan kelompok Abu Sayyaf, akhirnya benar-benar menghirup udara bebas. Dia...
Internasional
30 Oct 2015 / dibaca 1380 kali
SEATTLE (BK) : Merayakan Hari Jadi Minahasa ke-587 pada tanggal 5 November tahun 2015 ini, organisasi Tou Minahasa USA menggelar Sitou Timou Timou...
Internasional
25 Mar 2015 / dibaca 1723 kali
SEBUAH laporan dari situs Flightradar24, yang memantau lalu lintas udara di seluruh dunia, menyebut Airbus A320 milik maskapai Germanwings...
Internasional
15 Feb 2015 / dibaca 1718 kali
JAKARTA (BK): Perdana Menteri Australia, Tony Abbott mengirim surat permohonan ke Pemerintah Indonesia. Isi surat tersebut merupakan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.