Teknologi

Inilah Makanan Penyebab Kanker Usus Besar

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 13 November 2012 09:41   1230 kali
FAKTOR enetik tidak selalu menjadi penyebab dari kanker usus karena mayoritas penderita tidak memiliki riwayat keluarga terhadap penyakit ini.
 
Hal ini ditututurkan oleh Susan Cohan Kasdas dari Cancer Colon Foundation. Meskipun tidak ada makanan yang secara langsung menjadi penyebab kanker usus, beberapa makanan dapat meningkatkan risiko timbulnya penyakit ini.
 
Makanan (Diet)
 
Diet atau makanan menjadi salah satu faktor risiko penting dalam timbulnya kanker usus. Pengaturan terhadap makanan menjadi salah satu hal yang penting untuk mencegah timbulnya kanker ini.
 
Meskipun tidak ada makanan yang dapat mengakibatkan kanker, makanan yang kita makan dapat meningkatkan risiko terkena kanker usus karena sisa makanan pada proses pencernaan akan melewati usus atau usus besar, tandas Susan Cohan Kasdas dari Colon Cancer Foundation.
 
Ketika melewati usus besar, sisa makanan akan bersinggungan dengan sel-sel usus besar sehingga senyawa-senyawa karsinogenik yang terdapat dalam sisa makanan dapat mempengaruhi sel-sel tersebut.
 
Makanan tinggi lemak
 
Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak seperti fast food dan gorengan adalah salah satu penyebab kanker usus. Selain gaya hidup, polip pada usus juga dianggap meningkatkan resiko penyakit kanker ini.
 
Bakteri dalam makanan
 
Menurut Physicians Committee for Responsible Medicine, bakteri juga memiliki peranan dalam timbulnya kanker usus. Bakteri dapat mengubah asam empedu, yang dikeluarkan oleh tubuh untuk membantu pencernaan lemak, menjadi suatu senyawa-senyawa yang dapat memicu kanker. 
 
Senyawa-senyawa tersebut disebut sebagai asam empedu sekunder. Asam empedu secara normal dikeluarkan oleh tubuh untuk mencerna lemak. Semakin banyak lemak yang dikonsumsi, maka asam empedu yang dikeluarkan oleh tubuh akan semakin banyak pula.
 
Oleh karena itu, tidak mengherankan jika beberapa bahan makanan yang banyak mengandung lemak seperti daging merah, serta daging dan makanan olahan lain yang berkadar lemak tinggi seperti keju, dapat meningkatkan risiko kanker usus.
 
Minuman alkohol
 
Konsumsi alkohol juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker usus seperti halnya makanan yang kaya akan gula, menurut World Cancer Research Fund.
 
Penggantian protein atau lemak hewani dengan protein atau lemak nabati dapat mencegah asupan kalori sehingga dapat menurunkan risiko obesitas yang merupakan salah satu faktor risiko dari kanker usus.
 
(inilah/bk-1)
Komentar ()
Berita Teknologi
Teknologi
11 Nov 2012 / dibaca 127 kali
Pakar astronomi Prof Dr Thomas Djamaluddin menegaskan bahwa berita-berita yang menyebut kiamat terjadi pada 21 Desember 2012, dan bahwa tiga hari...
Teknologi
11 Nov 2012 / dibaca 1396 kali
Game terbaru buatan Rovio, Angry Birds Star Wars, sukses memuncaki App Store untuk kawasan Amerika Serikat hanya dalam waktu 2,5 jam setelah...
Teknologi
10 Nov 2012 / dibaca 1171 kali
Berdasarkan hasil riset yang dikeluarkan asosiasi dokter alergi di Amerika Serikat, sejumlah ponsel BlackBerry diketahui mengandung nikel dan...
Teknologi
05 Nov 2012 / dibaca 1675 kali
Tak dapat dipungkiri, Galaxy S III menjadi salah satu smartphone high end yang sangat diminati. Mendompleng popularitas, muncul handset tiruan...
Teknologi
04 Nov 2012 / dibaca 1154 kali
Berbagi foto di Twitter akan lebih mengasyikkan dan memiliki 'rasa' Instagram. Situs mikroblogging ini berencana menyediakan beragam filter yang...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.