Kawanua Rantau

Alumnus Unsrat Gelar Bakti Sosial di Panti Elsafan

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 30 May 2018 15:37   428 kali
Jhonny Sitorus

JAKARTA (BK): Jaringan Alumni FISIP Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado menggelar doa bersama dan menyerahkan bantuan kemanusiaan ke anak-anak penyandang tuna netra di Panti Asuhan Elsafan Jakarta, belum lama ini.

 

”Mereka adalah sebagian lulusan Unsrat telah merantau dan berdomisili di Jabodetabek. Kunjungan ini merupakan kegiatan bakti sosial (Baksos) pertama yang kami lakukan dari FISIP Unsrat,” kata Ketua Tim Baksos Jala FISIP Unsrat, Jhonny Sitorus di Jakarta (29/5/2018).

 

Menurut Jhonny, baksos merupakan salah cara mengimplementasikan pengabdian pada masyarakat, yang terdapat dalam visi dan misi Tri Dharma perguruan tinggi. Pengabdian pada masyarakat, kata dia, tak hanya dilakukan oleh mahasiswa dan dosen, tapi juga setiap lulusan perguruan tinggi.

 

”Masih banyak kelompok masyarakat di Jakarta yang kurang mendapat perhatian serius dari Pemerintah. Padahal sebenarnya banyak kaum disabilitas punya potensi yang sama, bahkan sebagian punya talenta istimewa,” tandasnya.

 

Yayasan Elsafan yang berdiri pada 2006, kini sudah memiliki sekolah luar biasa (SLB) A dan A+ khusus untuk anak-anak penyandang tuna netra. Selain mahir membaca tulisan braille, memiliki bakat menyanyi dan mahir menggunakan alat musik, sebagian peserta didik di sekolah tersebut telah mampu mengetik naskah tulisan di komputer.

 

”Kini, jumlah penyandang tuna netra di Indonesia lebih dari tiga juta penduduk. Kami memiliki kerinduan untuk turut membantu pemerintah dalam memberantas masalah buta huruf,” kata Ketua Yayasan Elsafan, Retson Manyonyo.

 

Retson yang juga penyandang tuna netra berharap, upaya mengentaskan anak-anak penyandang disabilitas terus mendapat dudungan dari masayarakat dan perhatian pemerintah.

 

Dalam kesempatan tersebut, setelah tim Jala FISIP Unsrat menyerahkan dana tali kasih dan sumbangan paket sembako, langsung dibalas pemberian cindera mata buku berjudul "Elsafan: Melihat yang tidak bisa Diihat oleh Mata Orang Biasa" yang ditulis oleh Ritson Manyonyo.

 

(*/bk-1)

 

 

Komentar ()
Berita Kawanua Rantau
Kawanua Rantau
10 May 2015 / dibaca 6448 kali
TANGSEL (BK): Brigade Manguni Indonesia (BMI) terus terbang tinggi dan mengepakkan sayapnya ke sudut-sudut Nusantara. Organisasi berbasis budaya...
Kawanua Rantau
10 May 2015 / dibaca 1128 kali
SURABAYA (BK): Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi tampil memukau mainkan musik Kolintang dalam Pembukaan Pasar Malem Tjap...
Kawanua Rantau
20 Apr 2015 / dibaca 1543 kali
JAKARTA (BK) : Pelantikan Generasi Penerus Pejuang Merah Putih (GPPMP) 14 Februari 1946, Peristiwa heroik merah putih di Sulawesi Utara...
Kawanua Rantau
25 Feb 2015 / dibaca 1869 kali
JAKARTA (BK) : Generasi Penerus Perjuangan Merah Putih (GPPMP) sebagai kumpulan generasi muda yang berada di Jakarta mengelar kegiatan dalam...
Kawanua Rantau
28 Jan 2015 / dibaca 1585 kali
SURABAYA (BK):  Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi mengukuhkan Pengurus Kerukunan Keluarga Sulawesi Utara (K2S) di Jawa Timur...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.