Kesehatan

3 Positif COVID-19 di Manado, 'Masih' Probable Omicron

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 16 December 2021 20:25   1101 kali
Konferensi pers Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Sulut terkait kasus varian Omicron di Sulut. (Foto: Asrar)
MANADO (BK) : Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin mengumumkan temuan kasus varian Omicron. Tercatat, lima orang terpapar positif Corona merupakan pelaku perjalanan dari luar negeri. Tiga diantaranya dikabarkan menggunakan pintu gerbang Sulawesi Utara (Sulut).
 
Juru bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Sulut, dr Steaven Dandel menjelaskan bahwa tiga orang asal Tiongkok yang masuk lewat Bandar Udara (Bandara) Internasional Sam Ratulangi memang terdeteksi positif COVID-19, tapi masih masuk kategori kasus probable Omicron.
 
"Kita mengacu pada hasil jumpa pers dengan Menkes RI Budi Gunadi Sadikin yang melaporkan ada lima kasus probable Covid-19 varian Omicron masuk di Indonesia," ujar Dandel saat jumpa pers di Kantor Dinas Kesehatan Sulut, Kamis (16/12/2021).
 
Lanjutnya, dari lima orang positif COVID-19 yang masuk Bandara Sam Ratulangi Manado ini, tiga diantaranya dinyatakan probable Omicron. Untuk ketiga di Manado, masih melakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan kasus Covid-19 tersebut positif Omicron.
 
"2 kasus lain adalah warga negara Indonesia yang baru kembali dari Amerika Serikat dan Inggris sekarang sedang diisolasi di Wisma Atlet," katanya.
 
Sementara tiga kasus probable adalah warga negara asing (WNA) dari Tiongkok yang datang ke Manado dan sekarang sedang diisolasi di karantina Manado yakni di Rumah Sakit Kitawaya Lapangan, Mapanget, Manado. Mereka akan dilaksanakan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan mereka terjangkit Omicron.
 
"Sekali lagi dengan menggunakan Reagen khusus yang didatangkan oleh Kementerian Kesehatan, Regan ini kemudian bisa mendeteksi Gen S yang ada di SARS?CoV?2 yang bisa mengindikasikan bahwa sampel dari orang yang positif tersebut probabilitasnya kepada Omicron cukup kuat," jelas Dandel.
 
Sebagai informasi, Bandara Sam Ratulangi di Sulut adalah satu dari sekian bandara yang diizinkan oleh pemerintah pusat untuk dibuka sebagai kedatangan bagi pelaku perjalanan internasional.
 
Editor: Asrar Yusuf
Komentar ()
Berita Kesehatan
Kesehatan
20 Dec 2019 / dibaca 717 kali
KENTANG ungu atau ubi ungu kerap jadi bahan makanan pengganti nasi yang lebih rendah karbohidrat. Biasanya umbi berwarna ungu ini diolah...
Kesehatan
20 Nov 2019 / dibaca 859 kali
CUACA panas tak ayal membuat kulit menjadi kering. Namun, Anda tak perlu khawatir, konsumsi makanan yang dapat mengatasi kulit...
Kesehatan
19 Nov 2019 / dibaca 2772 kali
MIE instan memang enak dan praktis tapi tidak diperbolehkan dikonsumsi setiap hari. Ada banyak kasus seputar mie instan yang berakibat fatal...
Kesehatan
19 Nov 2019 / dibaca 976 kali
UNTUK menjaga kesehatan tubuh, kita perlu makanan sehat. Selain menjadi sehat, tubuh pun akan menjadi bugar. Pengertian makanan sehat...
Kesehatan
05 Nov 2019 / dibaca 3255 kali
JALAN kaki telah menjadi aktivitas yang dikaitkan dengan pembakaran kalori, penurunan berat badan, hingga kepadatan tulang. Padahal...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2022 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.