Kesehatan

Delapan Makanan Sehat untuk Dimakan Setiap Hari

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 19 November 2019 09:13   541 kali

UNTUK menjaga kesehatan tubuh, kita perlu makanan sehat. Selain menjadi sehat, tubuh pun akan menjadi bugar.


Pengertian makanan sehat adalah makanan yang seharusnya mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun tidak semua orang suka makanan sehat. Karena itu untuk kesehatan tubuh, kamu harus mengubah pikiran untuk makan makanan sehat.

 

Apa saja makanan sehat itu? Syarat makanan sehat yaitu bersih, memiliki gizi yang baik, dan seimbang. Berikut daftar makanan sehat seperti dirangkum dari berbagai sumber:

1. Buah-buahan

Buah-buahan penting dikonsumsi karena memiliki kandungan vitamin yang tinggi. Buah yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, antara lain jeruk yang mengadung vitamin C, apel karena memiliki kandungan serat dan vitamin C, alpukat memiliki kandungan tinggi lemak sehat, kalium, dan vitamin C, dan pisang, yang memiliki salah satu sumber kalium, serta buah-buahan berry, seperti blueberry dan strawberry karena memiliki kandungan antioksidan dan serat yang tinggi serta rendah kalori.
 

2. Yoghurt


Yoghurt mengandung sejumlah nutrisi penting lainnya seperti protein dan kalsium. Makanan ini juga dapat menghilangkan stres.
 

3. Daging dan Telur


Daging sapi tanpa lemak adalah sumber protein dan zat besi yang tinggi bila dibanding daging lainnya. Untuk telur, tergolong sebagai salah satu bahan makanan yang paling bergizi. Telur memiliki kandungan protein dengan kandungan asam amino esensial dan non-esensial lengkap, vitamin, mineral, dan lemak tak jenuh.
 

4. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian


Kelompok makanan ini merupakan jenis makanan sehat dan sarat akan nutrisi dan berbagai mineral penting untuk tubuh, termasuk magnesium dan vitamin E. Kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang baik.
 

5. Ikan


Ikan merupakan sumber asam lemak omega-3 dan yodium. Orang yang sering makan ikan laut, memiliki risiko lebih rendah terhadap beragam penyakit, termasuk penyakit jantung.


6. Susu

Susu memiliki kandungan tinggi mineral, protein hewani, lemak sehat, dan vitamin. Selain itu, kandungan kalsium pada susu terbilang tinggi.
 

7. Teh Hijau


Teh hijau tinggi antioksidan. Teh hijau juga dapat meningkatkan metabolisme lemak.

8. Sayuran

Sayuran hijau yang baik dikonsumsi yakni sawi hijau, brokoli, dan bayam. Semuanya mengandung serat yang tinggi.

 


(dtc/bk-1)

 

 

Komentar ()
Berita Kesehatan
Kesehatan
01 Feb 2019 / dibaca 798 kali
AMURANG (BK) : Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulut, Sugiatna,...
Kesehatan
22 Oct 2018 / dibaca 4424 kali
MANADO (BK) : Penyakit dekompresi yang kerap dialami penyelam laut, ternyata bisa ditangani dengan pengobatan Hyperbaric Oxygen Therapy...
Kesehatan
18 Aug 2018 / dibaca 1299 kali
MANADO (BK):  LIPPO Group  menyerahkan dana sebesar Rp. 29,950,000.- sebagai bentuk kepedulian terhadap pembangunan kesehatan ibu...
Kesehatan
11 Aug 2018 / dibaca 1583 kali
Manado (BK): PT Siloam International Hospitals, Tbk. (“Siloam”) memperluas jalinan kerjasama dengan PT Asuransi Jiwa Inhealth...
Kesehatan
24 Jul 2018 / dibaca 1194 kali
MANADO(BK): PT. Siloam International Hospitals, Tbk. (“Siloam”) memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2018 dengan melakukan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.