Kesehatan

Pandemi Covid-19, Apotek My Life Farma Manado Maksimalkan Layanan WhatsApp

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 30 October 2020 22:34   221 kali
Apotek My Life Farma Manado (foto: acha)
 
 
 
 
MANADO (BK) : New Normal secara umum didefinisikan sebagai tatanan kehidupan baru yang mampu beradaptasi dengan Covid-19. Masyarakat bisa beraktifitas lagi namun dengan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.
 
 
Pembatasan keluar rumah (sosial distancing), menjaga jarak 1 meter (phisical distancing) memang cukup efektif untuk mencegah penyebaran virus corona baru (Covid). Begitu juga dengan penggunaan masker, sering mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer.
 
 
Namun bagaimana dengan masyarakat atau warga yang menderita penyakit dan membutuhkan obat dan harus membeli tanpa harus keluar rumah?
 
 
Apotek My Life Farma Manado di Jalan Diponegoro Nomor 100, Kelurahan Mahakeret Barat, Kecamatan Wenang, solusinya. Apotek ini menyediakan layanan online, meski sebatas pembelian melalui aplikasi WhatsApp (WA).
 
 
Caranya, pembeli memberitahukan obat yang mau dibeli melalui WA di nomor 0823-4817-5568. Biasanya untuk pembelian secara online ini adalah obat bebas yang tanpa menggunakan resep dari dokter serta belanja alat-alat kesehatan.
 
 
Admin apotek kemudian akan menghitung total harga dan menginfokan kembali ke pembeli. Setelah itu dilakukan pembayaran melalui bank transfer.
 
 
"Setelah itu obat akan dikirim. Bisa lewat Go Shop (Gojek) dan bisa juga lewat Grab Nalangin (Grab Express)," ujar Lidya Junita Montol, apoteker di Apotek My Life Farma Manado, Jumat (30/10/2020).
 
 
Dengan system ini, menurutnya, telah mengurangi kontak langsung antara petugas apotek dengan pembeli. Meski begitu, pembelian obat secara manual ke apotek dilayani terutama yang menggunakan resep dokter. Ini diharuskan untuk membuktikan benar ada fisik resep yang diberikan oleh dokter.
 
 
Dalam penerapan protokol kesehatan, Apotek My Life Farma Manado mewajibkan pembeli yang dating untuk menggunakan masker. “Kalau tidak menggunakan masker tidak akan dilayani,” kata Lidya.
 
 
 
 
Sekat plastik bening di bagian penerimaan obat dan kasir untuk mencegah terjadinya kontak langsung antara petugas apotek dan pembeli. (foto: acha)
 
 
 
Apotek My Life Farma Manado juga telah membuat sekat dari plastik bening di bagian penerimaan obat dan kasir. Pembeli yang akan melakukan pembayaran tinggal meletakkan uangnya di wadah yang disediakan.
 
 
“Tapi pembeli disuruh menggunakan hand sanitizer yang kami sediakan untuk sterilisasi. Sebelum membayar dan sesudah membayar,” jelas Lidya.
 
 
Sediakan Masker Medis Berwarna
 
 
Penggunaan masker telah menjadi hal yang wajib di masa pandemi Covid-19. Sedangkan masker yang beredar di tengah masyarakat terdiri dari berbagai macam jenis. Yang paling banyak digunakan adalah masker scuba dan buff karena terlihat lebih gaul.
 
 
Namun, pemerintah kemudian menganjurkan untuk tidak menggunakan kedua masker tersebut karena tidak efektif dalam mencegah penularan virus corona. Yang dianjurkan adalah masker kain yang bagus adalah masker berbahan katun dan 3 lapis dan masker medis. Tapi, selama ini masyarakat hanya mengenal masker medis dengan dua atau tiga warna saja yaitu hijau, biru dan abu-abu.
 
 
Nah, jika anda ingin terlihat gaul dengan masker medis, Apotek My Life Farma Manado juga menyediakannya dalam 13 warna. 13 warna yang tersedia adalah putih, abu-abu, cokelat, merah, magenta, merah muda, ungu, jingga, kuning, biru, hijau muda, hijau tua dan hitam.
 
 
“Ya, ada masker berwana di apotek kami dengan merek Evo plusmed Surgical Face Mask,” kata Lidya.
 
 
“Maskernya efektif mencegah penularan virus corona, tapi tetap terlihat gaul karena ada pilihan warnanya,” pungkasnya.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Kesehatan
Kesehatan
08 Feb 2019 / dibaca 1237 kali
MANADO (BK) : Posyandu Cakalang berhasil memberikan vitamin A kepada 38 balita prajurit Lantamal VIII Manado dan serta balita masyarakat...
Kesehatan
01 Feb 2019 / dibaca 872 kali
AMURANG (BK) : Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulut, Sugiatna,...
Kesehatan
22 Oct 2018 / dibaca 4490 kali
MANADO (BK) : Penyakit dekompresi yang kerap dialami penyelam laut, ternyata bisa ditangani dengan pengobatan Hyperbaric Oxygen Therapy...
Kesehatan
18 Aug 2018 / dibaca 1353 kali
MANADO (BK):  LIPPO Group  menyerahkan dana sebesar Rp. 29,950,000.- sebagai bentuk kepedulian terhadap pembangunan kesehatan ibu...
Kesehatan
11 Aug 2018 / dibaca 1751 kali
Manado (BK): PT Siloam International Hospitals, Tbk. (“Siloam”) memperluas jalinan kerjasama dengan PT Asuransi Jiwa Inhealth...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.