Kesehatan

Rumkital Wahyu Slamet Siapkan Bangsal Khusus Covid-19

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 08 March 2020 20:55   519 kali
Bangsal khusus untuk virus Covid-19 (korona) di Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) dr. Wahyu Slamet Bitung. (foto:Dispen Lantamal VIII)
MANADO (BK) : Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) dr. Wahyu Slamet Bitung menyiapkan bangsal khusus Covid-19 (korona), setelah isu virus mematikan itu terus merebak.
 
 
"Telah diperintahkan oleh Komandan Lantamal VIII Brigjen TNI (Mar) Donar Philip Rompas untuk menyiapkan bangsal khusus," ujar Kepala Rumkital Wahyu Slamet, I Wayan Yasa melalui rilis yang diterima media, Minggu (8/3/2020).
 
 
Wayan Yasa mengatakan Danlantamal memerintahkan untuk mempersiapkan sarana dan prasarana bila sewaktu-waktu menghadapi situasi kontijensi kasus korona. Hal itu disampaikan Danlantamal pada rapat terbatas para Asisten dan Kasatker di lingkungan Lantamal VIII, Jumat kemarin.
 
 
"Rumkital juga harus selalu berkoordinasi dengan instansi terkait serta pemerintah setempat," lanjut Wayan.
 
 
Dalam rapat tersebut terungkap Rumkital Wahyu Slamet telah siap siaga untuk menghadapi situasi itu. Salah satunya, jalur evakuasi yang menggunakan akses terpisah dari jalur pasien penderita penyakit lain.
 
 
Sementara untuk fasilitas yang sudah disiapkan antara lain, Tim petugas bangsal khusus Covid-19 sebanyak 6 personel, bangsal khusus sebanyak 4 tempat tidur dan ruang isolasi sebanyak 1 tempat tidur.
 
 
Kemudian ruang bilas personil dan disinfektan sebanyak 1 unit, APD (Alat Pelindung Diri) untuk satu tim sebanyak 7 orang dan ambulance sebanyak dua unit.
 
 
"Untuk perlu diketahui juga, bahwa di Kota Bitung sudah ada nomor Hotline Covid-19 dengan nomor HP : 0853 4043 2775," tambah Wayan.
 
 
Sementara itu, terkait merebak isu Covid-19, Dinas Kesehatan Lantamal VIII telah mengadakan sosialisasi bagaimana cara mencuci tangan yang benar di depan para prajurit dan ASN di lingkungan Mako Lantamal VIII dan Yonmarhanlan VIII Bitung.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Kesehatan
Kesehatan
08 Feb 2019 / dibaca 1297 kali
MANADO (BK) : Posyandu Cakalang berhasil memberikan vitamin A kepada 38 balita prajurit Lantamal VIII Manado dan serta balita masyarakat...
Kesehatan
01 Feb 2019 / dibaca 915 kali
AMURANG (BK) : Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulut, Sugiatna,...
Kesehatan
22 Oct 2018 / dibaca 4537 kali
MANADO (BK) : Penyakit dekompresi yang kerap dialami penyelam laut, ternyata bisa ditangani dengan pengobatan Hyperbaric Oxygen Therapy...
Kesehatan
18 Aug 2018 / dibaca 1401 kali
MANADO (BK):  LIPPO Group  menyerahkan dana sebesar Rp. 29,950,000.- sebagai bentuk kepedulian terhadap pembangunan kesehatan ibu...
Kesehatan
11 Aug 2018 / dibaca 1804 kali
Manado (BK): PT Siloam International Hospitals, Tbk. (“Siloam”) memperluas jalinan kerjasama dengan PT Asuransi Jiwa Inhealth...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.