Kesehatan

Trend Positif Covid-19 Meningkat, Sulut Waspadai Kluster Keluarga Pasca Liburan Lebaran

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 11 June 2021 22:20   1253 kali
Grafik trend penambahan kasus harian Covid-19 di Provinsi Sulawesi Utara. (dok: Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Sulut)
 
 
 
MANADO (BK) : Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), memaparkan kondisi epidemiologi Covid-19, Jumat, 11 Juni 2021. Ada penambahan 14 kasus terkonfirmasi positif.
 
Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Sulut, dr Steaven Dandel mengatakan, berdasarkan analisa adanya potensi pertambahan kasus positif harian di Sulut selang empat minggu pasca liburan lebaran.
 
Dimana trend peningkatan yang cukup signifikan terjadi selang 2 minggu terakhir dengan peningkatan rata-rata kasus harian mencapai 8 kasus perhari.
 
“Meningkat dari bulan sebelumnya (Mei 2021) yang mencapai 6 kasus perhari,” ujar Dandel.
 
Ia juga mengkonfirmasi empat daerah dengan perhatian khusus untuk peningkatan kasus Covid-19 yakni Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Kabupaten Kepulauan Talaud dan Kota Bitung.
 
Di keempat daerah itu ditemukan adanya kluster-kluster keluarga dan juga kluster penduduk yang baru datang dari luar provinsi atau terkoneksi dengan penduduk yang datang dari luar wilayah. “Fenomena ini sudah pernah dialami pasca liburan panjang di tahun sebelumnya,” kata Dandel.
 
Sementara itu, Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Sulut, Jemmy Kumendong meminta Satgas Provinsi dan Satgas Kabupaten/Kota untuk mulai kembali menggalakkan kegiatan swab massal bagi penduduk dan beberapa Kab/Kota. Selain itu juga mengimplementasikan PPKM mikro di lokasi yang jumlah kasusnya menonjol.
 
“Langkah antisipasi lanjutan ini adalah menyiagakan seluruh RS karena adanya potensi meningkatnya kasus yang harus dirawat, di samping upaya untuk terus membentuk kekebalan penduduk terhadap SARS COV-2 dengan program vaksinasi,” tambah Kumendong.
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Kesehatan
Kesehatan
08 Oct 2019 / dibaca 413 kali
MAKASSAR (BK):   Pakar kesehatan menyebut, ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi setiap hari demi menurunkan resiko...
Kesehatan
07 Oct 2019 / dibaca 26803 kali
JAKARTA (BK): Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akhirnya memerintahkan penarikan obat asam lambung mengandung ranitidin. Sesuai...
Kesehatan
28 Sep 2019 / dibaca 840 kali
MANADO (BK) : Sebanyak 70 kantong darah terkumpul pada Bakti Sosial dan Kesehatan di Lapangan Basket Kawasan Megamas Manado, Sabtu...
Kesehatan
15 Apr 2019 / dibaca 1304 kali
BICARA mengenai hubungan seksual, orgasme itu bisa dibilang merupakan penentu kepuasan wanita. Namun, adakah hubungannya dengan peluang...
Kesehatan
10 Apr 2019 / dibaca 968 kali
MANADO (BK): Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Sangihe Helmud Hontong SE menghadiri Rapat Kerja (Raker) Kesehatan Daerah (Kesda), di Grand...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.