Kesehatan

Tujuh Makanan yang Ampuh Atasi Kulit Kering

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 20 November 2019 07:36   572 kali

CUACA panas tak ayal membuat kulit menjadi kering. Namun, Anda tak perlu khawatir, konsumsi makanan yang dapat mengatasi kulit kering bisa menjadi solusi.


Kondisi kulit kering tak hanya membuat wajah tampak kusam, tapi juga dapat membuat kulit mudah teriritasi. Makanan diketahui dapat menyediakan vitamin, mineral, dan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh sel-sel kulit untuk beregenerasi.
 

Untuknya, ada beberapa makanan yang diketahui dapat mengatasi kulit kering. Berikut beberapa makanan mengutip berbagai sumber.

1. Biji buah delima
Kandungan antioksidan polifenol yang ada di dalam biji buah delima dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Mengutip Prevention, buah satu ini juga dapat melawan peradangan pada kulit dan meningkatkan aliran darah.

2. Ubi jalar
Umbi-umbian memiliki kandungan nutrisi ganda sebagai pelindung kulit. Ubi jalar memiliki kandungan vitamin A yang dipercaya dapat memperbaiki kesehatan kulit.

Selain itu, ada pula beta karoten yang memperkuat perlindungan kulit, membantu melembapkan, dan meregenerasi kulit.

Pasangkan umbi-umbian dengan lemak sehat seperti minyak zaitun agar tubuh dapat menyerapnya dengan mudah.

3. Kubis
Sayuran hijau satu ini bermanfaat untuk kulit. Satu cangkir kubis mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk meregenerasi kulit dan vitamin C untuk meningkatkan kolagen serta membuat kulit lebih kencang.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan, makanan yang kaya vitamin C dapat mengurangi kemungkinan kulit kering.
 

4. Alpukat
Alpukat juga menjadi salah satu makanan yang dapat mengatasi kulit kering. Alpukat mengandung vitamin C, E, A, K, asam lemak omega-3, dan folat. Mengutip StyleCraze, semua nutrisi yang disebutkan diketahui mampu memperbaiki jaringan kulit, merehidrasi sel-sel kulit, dan mengurangi kerutan.

Anda dapat mengonsumsi alpukat dengan menambahkannya ke dalam seporsi salad.

Selain itu, Anda juga bisa menerapkannya secara topikal. Jadikan alpukat sebagai masker, campurkan dengan yogurt dan madu ke dalamnya. Biarkan selama 20 menit, dan bersihkan dengan air hangat.

5. Pisang
Pisang kaya akan vitamin A, B, C, dan D, niasin, riboflavin, tiamin, zync, zat besi, magnesium, kalsium, kalium, fosfor, asam pantotenat, dan serat makanan. Kandungan-kandungan itu dipercaya dapat membantu kelembapan kulit.

Serat pada makanan dapat membantu mengeluarkan racun sehingga dapat meremajakan sel kulit. Konsumsi pisang secara teratur dapat membuat kulit lebih berkilau dan halus.
 

6. Ikan
Beberapa jenis ikan seperti salmon dan tuna sangat bermanfaat bagi kesehatan, termasuk kulit. Ikan ini kaya akan asam lemak omega-3 yang dibutuhkan kulit.

Konsumsi ikan dapat membantu mengurangi peradangan dan menjaga kelembapan kulit. Hal ini membuat kulit terlihat lebih bergizi, lembut, dan bercahaya.

Selain itu, ikan ini juga merupakan sumber protein, vitamin, dan mineral yang dapat menjaga sel-sel kulit.

7. Telur
Telur mengandung vitamin A, D, E, folat, kolin, protein, asam lemak omega-3, kalsium, kalium, fosfor, selenium, dan natrium.

Konsumsi kuning telur untuk menghilangkan kulit kering dan terkelupas. Kuning telur mengandung vitamin yang larut dalam lemak yang membantu meningkatkan integritas membran sel kulit.

Telur menjadi makanan yang dapat mengatasi kulit kering. Konsumsi satu atau dua telur rebus di pagi hari agar kulit terus terjaga meski sibuk beraktivitas di cuaca panas.

 

(cnn/bk-1)

 

Komentar ()
Berita Kesehatan
Kesehatan
28 Sep 2019 / dibaca 836 kali
MANADO (BK) : Sebanyak 70 kantong darah terkumpul pada Bakti Sosial dan Kesehatan di Lapangan Basket Kawasan Megamas Manado, Sabtu...
Kesehatan
15 Apr 2019 / dibaca 1300 kali
BICARA mengenai hubungan seksual, orgasme itu bisa dibilang merupakan penentu kepuasan wanita. Namun, adakah hubungannya dengan peluang...
Kesehatan
10 Apr 2019 / dibaca 966 kali
MANADO (BK): Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Sangihe Helmud Hontong SE menghadiri Rapat Kerja (Raker) Kesehatan Daerah (Kesda), di Grand...
Kesehatan
13 Feb 2019 / dibaca 1225 kali
MANADO (BK): Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) Lantamal VIII Manado melaksanakan kegiatan donor darah di Ruang Rapat Serbaguna Mako...
Kesehatan
08 Feb 2019 / dibaca 1510 kali
MANADO (BK) : Posyandu Cakalang berhasil memberikan vitamin A kepada 38 balita prajurit Lantamal VIII Manado dan serta balita masyarakat...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.