Kotamobagu

Hampir Setiap Hari Listrik Padam, Ini Alasan PLN Kotamobagu

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 15 March 2018 17:16   1534 kali
Kantor PLN Area Kotamobagu. (foto : ist)
KOTAMOBAGU (BK) : Pemadaman listrik kerap terjadi di Kotamobagu dan sekitarnya dalam sepekan terakhir. Aktivitas masyarakat pun menjadi terganggu.
 
 
“So tiap hari ini mati lampu, kong nda ada pemberitahuan lagi (Sudah setiap hari listrik padam, tanpa pemberitahuan lagi),” keluh Salma, warga Moyag, Kecamatan Kotamobagu Timur, Kamis (15/3/2018) pagi.
 
 
Pagi itu, wanita yang berprofesi Ibu Rumah Tangga (IRT) ini terpaksa mengurungkan niatnya mencuci pakaian yang kian menumpuk. Pasalnya, air untuk mencuci diambil menggunakan mesin pompa air yang bergantung pada aliran listrik.
 
 
Rian Thalib, warga Mongkonai Kecamatan Kotamobagu Barat menuturkan, sudah beberapa alat elektronik miliknya rusak karena listrik yang sering padam. “So nda ada nat ini pemadaman, mar kalu torang terlambat bayar tagihan listrik, capat skali depe petugas datang kase putus (pemadamannya tidak kenal waktu, tapi kalau terlambat bayar tagihan, cepat sekali petugas datang memutuskan aliran listriknya),” tandasnya.
 
 
Tercatat, dalam sepekan terakhir listrik selalu padam di beberapa wilayah di Kotamobagu. Dalam sehari bisa sampai dua atau tiga kali padam.
 
 
Bahkan pemadaman dengan durasi hampir mencapai 10 jam terjadi Selasa (13/3/2018). Sempat padam sekitar dua jam lebih dinihari, listrik kembali padam pagi hingga sore hari.
 
 
Sementara itu, Asisten Manager Jaringan PLN Area Kotamobagu Adi Rahmat saat dikonfirmasi beralasan pemadaman dikarenakan gangguan yang menyebabkan trip serta pekerjaan pemeliharaan jaringan. Salah satunya adalah gangguan pohon kelapa roboh yang menimpa jaringan Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) di Desa Upai.
 
 
“Itu pada hari Sabtu 10 Maret, akibatnya sakelar pemutus tenaga (PMT) incoming di Gardu Induk Otam mengalami Trip,” tandas Rahmat.
 
 
Lanjutnya, hari berikutnya kembali terjadi trip sehingga listrik padam lagi. Begitu pun pada Senin, 12 Maret, juga terjadi trip penyulang Batman di Gardu Induk Gas Insutaled Substation (GIS) Sinsingon, sehingga beban dialihkan ke Gardu Induk Otam.
 
 
“Tanggal 13 Maret terjadi trip bersamaan yang ikut menjatuhkan PMT Incoming Otam dinihari sehingga listrik padam. Kalau siangnya, ada pekerjaan uprating kawat 70 mm2 ke 150 mm2 sehingga LBS Moyag harus dilepas. Tapi itu sesuai jadwal pekerjaan yang direncanakan,” tandas Rahmat.
 
 
“Saat ini kondisi kelistrikan kita sedang surplus, jadi listrik padam bukan karena pemadaman, tapi mungkin karena gangguan atau pemeliharaan,” tukasnya lagi.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Kotamobagu
Kotamobagu
14 Mar 2018 / dibaca 1429 kali
KOTAMOBAGU (BK) : Seorang bocah sebut saja Jingga (9), menjadi korban pencabulan oleh tetangganya sendiri. Peristiwa itu terjadi di salah satu...
Kotamobagu
12 Mar 2018 / dibaca 934 kali
KOTAMOBAGU (BK) : Ayula Paputungan (58), nekat mengakhiri hidupnya dengan gantung diri. Warga Kelurahan Poyowa Kecil (Pocil) Kecamatan...
Kotamobagu
12 Mar 2018 / dibaca 2437 kali
KOTAMOBAGU (BK) : Firnawati Da'i (27), kaget saat melakukan penyetoran uang hasil warungnya di ATM Setoran Tunai Bank Central Asia (BCA)...
Kotamobagu
19 Jan 2018 / dibaca 957 kali
KOTAMOBAGU (BK) : Tiga pelaku pembegalan motor tukang ojek di Jalan Arief Rahman Hakim, Kelurahan Kotobangun Kecamatan Kotamobagu Timur, telah...
Kotamobagu
18 Jan 2018 / dibaca 921 kali
KOTAMOBAGU (BK) : Tak kurang dari 24 jam, Polres Bolmong berhasil mengungkap kasus pencurian dengan kekerasan (curas) yang terjadi di Jalan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.