Kotamobagu

Hujan Es Terjadi di Kotamobagu, Begini Penjelasan BMKG

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 05 October 2019 21:57   955 kali
Butiran es dari hujan yang diperlihatkan warga di Kotamobagu.
KOTAMOBAGU (BK) : Hujan lebat mengguyur sebagian wilayah Kotamobagu, Sabtu (5/10/2019) sore. Selang beberapa waktu kemudian, beredar video hujan tersebut dibarengi butiran es.
 
 
Dalam video seorang ibu berjalan ke halaman rumah di tengah hujan lebat dan memungut sesuatu dari tanah. Sekembalinya ke dalam rumah, ibu itu memberikan kepada seseorang yang diletakkan di atas meja, ternyata beberapa butiran es.
 
 
Keterangan yang berhasil diperoleh beritakawanua.com, video tersebut diambil warga di Desa Moyag Induk, Kecamatan Kotamobagu Timur. Tapi bagaimana fenomena alam langka tersebut bisa terjadi wilayah tropis seperti di Indonesia?.
 
 
Berdasarkan keterangan tertulis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Manado, hujan es disebabkan oleh awan Cumulonimbus, yaitu awan vertikal menjulang yang sangat tinggi, padat dan dapat terjadi badai petir.
 
 
“Proses kondensasi uap air yang mendadak biasanya menghasilkan es dalam ukuran besar. Mengingat ukurannya yang besar, tidak semua es mencair saat turun ke arah yang lebih rendah dengan suhu relatif hangat,” tulis BMKG seperti dalam rilis.
 
 
 
Atap rumah salah satu warga Dakoulu Desa Moyag Induk yang diterjang angin. (foto: ist)
 
 
 
Proses lain yang dapat menyebabkan hujan es adalah terjadinya pembekuan saat uap air dengan suhu dingin tertarik ke permukaan benih-benih es. Karena terjadi pengembunan yang mendadak maka terbentuklah es dengan ukuran yang besar.
 
 
Fenomena hujan es disertai angin kencang, lanjut BMKG, dapat terjadi di daerah tropis seperti Indonesia terutama pada musim peralihan kemarau ke musim penghujan. Hujan es ini biasanya lebih sering terjadi pada siang atau menjelang sore hari. “Tapi untuk hujan es jarang terjadinya”.
 
 
Hujan lebat di Kotamobagu Timur juga disertai angin kencang yang membuat kerusakan rumah. 1 rumah di Dakoulu, Desa Moyag Induk harus kehilangan atap diterjang angin.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Kotamobagu
Kotamobagu
14 Mar 2018 / dibaca 1429 kali
KOTAMOBAGU (BK) : Seorang bocah sebut saja Jingga (9), menjadi korban pencabulan oleh tetangganya sendiri. Peristiwa itu terjadi di salah satu...
Kotamobagu
12 Mar 2018 / dibaca 934 kali
KOTAMOBAGU (BK) : Ayula Paputungan (58), nekat mengakhiri hidupnya dengan gantung diri. Warga Kelurahan Poyowa Kecil (Pocil) Kecamatan...
Kotamobagu
12 Mar 2018 / dibaca 2437 kali
KOTAMOBAGU (BK) : Firnawati Da'i (27), kaget saat melakukan penyetoran uang hasil warungnya di ATM Setoran Tunai Bank Central Asia (BCA)...
Kotamobagu
19 Jan 2018 / dibaca 957 kali
KOTAMOBAGU (BK) : Tiga pelaku pembegalan motor tukang ojek di Jalan Arief Rahman Hakim, Kelurahan Kotobangun Kecamatan Kotamobagu Timur, telah...
Kotamobagu
18 Jan 2018 / dibaca 921 kali
KOTAMOBAGU (BK) : Tak kurang dari 24 jam, Polres Bolmong berhasil mengungkap kasus pencurian dengan kekerasan (curas) yang terjadi di Jalan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.