Kotamobagu

Ini Hasil Panwaslu Kotamobagu Terkait OTT Polres Bolmong

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 20 June 2018 17:44   358 kali
Rilis Panwaslu Kotamobagu terkait hasil pemeriksaan OTT Polres Bolmong. (foto : acha)
KOTAMOBAGU (BK) : Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kotamobagu akhirnya menyimpulkan temuan Satgas Anti Money Politik dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang diduga sebagai money politik dalam Pilkada Kotamobagu, tidak terbukti.
 
 
Ketua Panwaslu Kotamobagu, Musli Mokoginta pada keterangan persnya kepada sejumlah wartawan mengatakan, mengacu pada Pasal 187 A ayat (1) (2) Undang-undang (UU) RI No. 10 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU No.1 Tahun 2015 tentang penetapan Peraturan Pemerintah penganti Undang-undang (Perpuu) No.1 Tahun 2014 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi UU, tidak ditemukan indikasi adanya dugaan money politik.
 
 
“Disimpulkan bahwa perkara ini tidak dapat dikategorikan sebagai perbuatan yang dengan sengaja menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya sebagai imbalan kepada warga Negara Indonesia baik secara langsung ataupun tidak langsung untuk mempengaruhi pemilih agar tidak mengunakan hak pilih, mengunakan hak pilih dengan cara tertentu sehingga suara menjadi tidak sah,memilih calon tertentu atau tidak memilih calon tertentu,” jelasnya, Rabu (20/6/2018).
 
 
Musli yang didampingi Kapolres Bolmong AKBP Gani F Siahaan dan Korlip SDM Panwaslu Kotamobagu Herdy Dayoh mengatakan, pihaknya sudah memeriksa saksi sebanyak 25 orang. Sedangkan saksi ahli yang juga dimintai keterangannya adalah Dr. Effendi Saragih SH MH, Dosen Fakultas Hukum Universitas Trisakti Jakarta.
 
 
Lanjut Musli, memberikan atau membagi-bagikan bingkisan kepada warga atau kaum dhuafa tersebut merupakan perbuatan rutinitas yang dilakukan setiap Hari Raya Idul Fitri. Kemudian dalam bingkisan tersebut tidak ditemukan kata-kata atau kalimat ajakan untuk memilih calon tertentu dalam Pemilukada, serta pada bingkisan tidak mencantumkan nomor urut peserta ataupun identitas pasangan calon tertentu.
 
 
“Sehingga jelas bukan merupakan perbuatan melawan hukum untuk mempengaruhi pemilih agar tidak menggunakan hak pilih, menggunakan hak pilih dengan cara tertentu sehingga suara menjadi tidak sah, memilih calon tertentu, atau tidak memilih calon tertentu,” tambahnya lagi.
 
 
Sementara Kapolres Bolmong, AKBP Gani F Siahaan tidak banyak berkomentar terkait hasil yang disimpulkan oleh Panwaslu Kotamobagu. “Ya itu sudah ranah Panwas, saya serahkan sepenuhnya kepada Panwas,” tukasnya.
 
 
Kapolres mengingatkan kepada pasangan calon atau masyarakat untuk tidak tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum dalam proses Pilkada Kotamobagu yang sementara berjalan. “Kami akan terus melakukan penindakan apabila kami temukan, terima kasih,” tandas Gani.
 
 
Sebelumnya, Satgas Anti Money Politik bentukan Polres Bolaang Mongondow (Bolmong) mengamankan sejumlah barang dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Desa Moyag Kecamatan Kotamobagu Timur, yang diduga sebagai bentuk money politik dalam Pilkada Kotamobagu, Kamis (14/6/2018) lalu.
 
 
Barang bukti yang diduga milik salah satu pasangan calon yang ikut dalam Pilkada Kota Kotamobagu berupa 9 karung beras berisi 5 kg, 18 lusin minuman sof drink, 9 buah kain sarung serta satu buah mobil Xenia yang digunakan untuk melakukan penyaluran.
 
 
Aksi OTT juga dilakukan Tim Satgas Polres Bolmong di Desa Pontodon Kecamatan Kotamobagu Timur dengan mengamankan 18 lusin soft drink jenis coca cola, 9 buah kain sarung dan 10 buah amplop berisi uang pecahan seratus ribu rupiah.Oknum kepala desa dan salah satu warga diamankan bersama barang bukti.
 
 
(acha/bk-8)
 
Komentar ()
Berita Kotamobagu
Kotamobagu
13 Oct 2017 / dibaca 379 kali
KOTAMOBAGU (BK): Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Kotamobagu datang mendaftar sebagai partai peserta pemilu 2019 di KPU Kota Kotamobagu,...
Kotamobagu
06 Sep 2017 / dibaca 536 kali
KOTAMOBAGU (BK) : Tim Bogani Satya Haprabu Polsek Kotamobagu mengamankan seorang pelaku pencurian berinisial F alias Fadli, warga Molibagu...
Kotamobagu
04 Sep 2017 / dibaca 699 kali
KOTAMOBAGU (BK) : Tim Bogani Satya Haprabu Polsek Kotamobagu menangkap 4 penjudi pada penggebrekan di lokasi sabung ayam Desa Bungko Kecamatan...
Kotamobagu
03 May 2017 / dibaca 670 kali
KOTAMOBAGU (BK) : Ruas Jalan DI Pandjaitan di Kelurahan Kotamobagu, Kecamatan Kotamobagu Barat, mengalami rusak parah dan berlobang. Kerusakan...
Kotamobagu
02 May 2017 / dibaca 702 kali
KOTAMOBAGU (BK) : Kekecewaan menghinggapi ratusan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Kotamobagu. Pasalnya, mereka tidak dapat...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.